Pertanyaan Populer

Cara Menghilangkan Karang Gigi dengan Tepat

Jangan Lupa Share ya

Merawat kebersihan mulut memang sangat penting. Jika tidak merawatnya dengan benar, maka akan timbul berbagai hal yang tidak diinginkan. Salah satu hal yang tidak diinginkan tersebut adalah karang gigi. Karang gigi adalah plak berwarna kuning yang menempel pada gigi. Jika tidak segera dibersihkan plak kuning ini akan mengeras dan berubah menjadi karang gigi. Karang gigi disebabkan oleh reaksi kimiawi terhadap protein, sisa makanan dan bakteri. Karang gigi menyebabkan timbulnya bau mulut dan juga gigi berlubang. Maka dari itu kamu harus selalu rutin memeriksakan gigi ke dokter agar tidak terbentuk karang gigi. Namun, selain ke dokter menghilangkan karang gigi juga dapat dibantu dengan bahan-bahan alami. Berikut adalah cara menghilangkan karang gigi dengan bantuan bahan alami.

Teh Hijau7-alasan-untuk-minum-secangkir-teh-hijau-sebelum-tidur

Menurut website DavidWolfe, teh hijau dapat membantuk untuk menghambat pertumbuhan bakteri pembentuk plak dan menghilangkan karang gigi. Kamu bisa memakan rebusan air teh hijau untuk berkumur.

Kulit Jerukkulit-jeruk

Jeruk memiliki banyak khasiat, termasuk juga bagian kulitnya. Kulit jeruk dinilai jitu dalam menghilangkan karang gigi. Kulit jeruk mengandung limonene serta vitamin C sebagai antibakteri. Cara menghilangkan karang gigi dengan kulit jeruk adalah cukup usapkan kulit jeruk di gigi yang berkarang. Diamkan hingga beberapa saat, setelah itu kumur dengan air bersih.

Cukavinegar

Cuka sebagai bahan masakan sudah biasa. Yang luar biasa adalah cuka dapat dijadikan obat untuk membersihkan karang gigi. Cuka mengandung asam yang tinggi, asam tinggi ini berfungsi untuk menghilangkan plak serta kerusakan pada enamel gigi. Cara menggunakan cuka sebagai penghilang plak dan karang adalah dengan melarutkan 1-2 sendok teh cuka ke dalam air serta tambahkan sedikit garam. Kumurlah dengan air racikan tersebut sebanyak sekali dalam sehari.

Jambu Bijijambu biji

Jambu biji telah diteliti dan ternyata ia mampu menghilangkan plak serta karang gigi. Penelitian dilakukan di India dan dimuat pada Journal of Applied Microbiology. Pada jurnal tersebut dijelaskan bahwa jambu biji dapat membantu penyakit periodontal atau yang berhubungan dengan gusi dan ampuh mematikan bakteri streptococcus mutans yang merupakan bakteri penyebab timbulnya plak pada gigi. Cara menggunakannya adalah dengan mengonsumsi jambu biji dengan sedikit garam pada bagian yang terdapat karang gigi. Untuk hasil yang maksimal lakukan degan rutin sekitar 1-2 kali sehari.

Baking Sodabaking sodaaa

Baking soda yang biasanya digunakan untuk mengembangkan kue ternyata ampuh menghilangkan karang gigi. Baking soda mempunyai sifat basa, basa dapat menetralkan pembusukan asam yang terjadi di dalam mulut. Cara menghilangkan karang gigi dengan baking soda adalah mencampurkan satu sendok teh baking soda dengan setengah sendok teh garam. Oleskan kedua bahan tersebut pada sikat gigi. Sikat gigi seperti biasa dan setelahnya kumur hingga bersih. Sebaiknya gunakan baking soda satu kali seminggu.

Jangan Lupa Share ya

Leave a Reply