Beauty & Health

Cara Menghilangkan Kantung Mata yang Alami dan Aman

Wajah merupakan bagian dari tubuh yang harus diperhatikan karena sering kali menimbulkan masalah yang berkaitan dengan penampilan, seperti jerawat, komedo, pori-pori besar dan sebagainya. Kondisi wajah pun sering kali menjadi patokan untuk diri sendiri maupun orang lain dalam menilai kesehatan seseorang. Meski wajah sudah dirawat dengan baik, terkadang ada saja hal-hal mengganggu yang dialami oleh wajah, salah satunya adalah kantung mata. Apakah kamu sering mengalami masalah yang satu ini? Sangat mengganggu bukan?

Kantung mata merupakan kondisi yang menunjukkan adanya pembengkakan pada daerah bawah kedua mata. Kondisi ini sebenarnya bukan hal yang perlu dikhawatirkan. Namun tetap saja, keeksisan kantung mata di wajah kamu bakal merusak penampilan dan membuat wajah kurang menarik.

Sebelum mengetahui cara mengatasinya, kamu harus tahu dulu penyebabnya. Kantung mata muncul a terjadinya penumpukan cairan yang membuat kulit di sekitar mata menjadi bengkak. Kantung mata dapat terjadi karena beberapa penyebab, seperti kondisi tubuh yang lelah, kurang tidur, stress dan tekanan emosi lainnya. Bagaimana cara menghilangkan kantung mata? Berikut beberapa tipsnya:

Cara Menghilangkan Kantung Mata Dengan Bahan Alami

Menggunakan Es Batu

Es batu yang memiliki sensasi dingin di kulit ini ternyata bisa menghilangkan kantung mata. Kamu bisa menggunakan es batu atau es balok. Caranya, tinggal sediakan es batu lalu masukkan ke dalam kantung es, kemudian tempelkan ke mata setelah kamu bangun tidur. Perawatan ini akan lebih manjur jika diimbangi dengan tidur dan istirahat yang cukup.

Menggunakan Kantong Teh

Kantung teh yang sudah kamu gunakan, jangan langsung dibuang. Hal ini karena kantung teh tersebut sangat berguna untuk menghilangkan kantung mata. Bagaimana caranya? Siapkan dua kantung teh yang sudah digunakan. Kemudian celupkan ke dalam air dingin selama kurang lebih 10 menit. Setelah itu, tempelkan ke area mata kamu, diamkan kurang lebih 20 menit. Setelah itu tinggal bilas mata kamu dengan air bersih.

Menggunakan Putih Telur

Putih telur mengandung banyak protein dan manfaat yang baik untuk kecantikan kulit. Salah satu manfaat yang bisa didapatkan dari putih telur adalah menghilangkan kantung mata secara alami. Caranya pun terbilang muda. Tinggal kocok putih telur sampai berbusa, kemudian oleskan putih telur ke bagian kantung mata sambil dipijat lembut selama 15 menit. Kemudian diamkan kurang lebih 30 menit. Setelah itu baru bilas dengan air bersih. Saat melakukan perawatan ini, kamu harus waspada saat mengoleskan putih telur, jangan sampai terkena mata.

Menggunakan Mentimun

Mentimun memang sudah terkenal cukup baik khasiatnya dalam menghilangkan kantung mata. Caranya pun sangat mudah. Cukup siapkan mentimun yang sudah diiris tipis, kemudian tempelkan ke area mata. Diamkan beberapa saat, kemudian lepas.

Menggunakan Sendok

Siapa sangka, sendok ternyata memiliki manfaat untuk menghilangkan kantung mata. Caranya pun sangat mudah, kamu tinggal siapkan dua sendok berbahan alumunium. Biasanya sendok dengan bahan alumunium cenderung dingin. Hal inilah yang membuat kantung mata kamu hilang. Tempelkan kedua sendok tersebut di kantung mata. Gerakkan secara perlahan sampai suhu dinginnya hilang.

Menggunakan Bengkoang

Bengkoang memiliki khasiat yang baik untuk kulit. Tidak heran jika banyak produk kecantikan yang menjadikan bengkoang sebagai bahan utama produknya. Dari banyaknya manfaat yang ditawarkan oleh buah yang satu ini, menghilangkan kantung mata adalah salah satunya. Siapkan bengkoang yang sudah dihaluskan. Kemudian, masukkan bengkoang tersebut ke dalam kain lalu kompreskan kain tersebut di area mata yang berkantung selama 10 sampai 15 menit. Setelah itu, bilas wajah dengan air bersih.

Hindari Minuman Beralkohol

Minuman beralkohol berdampak buruk pada kesehatan tubuh, begitu pun dengan kesehatan mata. Hal ini karena alkohol menjadi salah satu pemicu retensi air yang menimbulkan kantung mata atau mata bengkak. Untuk menghindarinya, kamu harus mengimbangi asupan alkohol dengan air putih agar saat bangun keesokan paginya kantung mata yang kamu alami tidak terlalu parah.

Hindari Rokok

Rokok merupakan salah satu yang menyebabkan timbulnya kantung mata. Tentu untuk menghilangkan kantung mata yang disebabkan oleh merokok adalah kamu harus menghentikan kebiasaan burukmu itu, atau minimal menguranginya. Hal ini karena rokok tak hanya buruk untuk kesehatan kulit saja, tapi juga kesehatan tubuh.

Rutin Minum Susu

Salah satu cara yang ampuh dalam menghilangkan kantung mata yang dapat menjadi rutinitas sehari-hari adalah minum susu. Hal ini karena susu dapat menenangkan mata yang lelah. Dengan begitu, retensi air yang timbul pun dapat berkurang secara perlahan.

Selain diminum, kamu pun bisa mengompres kantung mata kamu dengan susu. Caranya ambil kapas secukupnya kemudian kelupkan ke dalam air susu. Nah selanjutnya, kompres kantung matamu dengan kapas tersebut. Setelah itu, bilas hingga bersih.

Menggunakan Yoghurt

Makanan sehat yang satu ini ternyata sangat ampuh untuk menghilangkan lipatan mata. Caranya, tinggal oleskan saja pada area kantung mata sekitar 15 menit sebelum tidur. Cara ini terbilang efektif dan sudah terbukti hasilnya. Setelah selesai, kamu cukup membasuhnya saja dan diamkan sarinya meresap ke dalam kulit sampai pagi.

Itulah beberapa cara yang bisa kamu lakukan untuk menghilangkan kantung mata secara efektif dengan bahan alami. Bagaimana? Tidak sulit bukan? Selamat mencoba dan semoga berhasil.

Leave a Reply