Beauty & Health

Cara Menghilangkan Jerawat Dengan Bahan Alami Anti Ribet

Jangan Lupa Share ya

Jerawat bisa dipicu oleh banyak hal, mulai dari kebersihan kulit, hormon, makanan sampai kondisi emosional. Pada remaja, kebanyakan pemicu jerawat adalah perubahan hormonal akibat dari transisi masa kanak-kanak menuju dewasa. Pada orang dewasa umumnya terjadi akibat dari masalah kebersihan kulit, pola makan dan kondisi emosional.

Keberadaan jerawat memang sangat tidak diharapkan, karena dapat mengganggu penampilan. Pembentukan jerawat sendiri terjadi akibat dari keberadaan sel kulit mati dan minyak pada kulit yang menyumbat pori-pori dan folikel rambut. Hal ini mengakibatkan terjadinya penyumbatan hingga akhirnya muncul jerawat.

Banyak cara yang bisa dilakukan untuk menghilangkan jerawat. Salah satu caranya adalah dengan memanfaatkan bahan alami yang ada di sekitar kamu. Bahan alami tentu lebih baik dan lebih aman dibanding kamu memakai obat-obat jerawat yang mengandung bahan kimia. Meski memerlukan waktu cukup lama sampai jerawat tersebut benar-benar hilang, tapi tetap saja kesehatan kulit cantikmu harus diutamakan.

Cara – Cara Menghilangkan Jerawat Dengan Bahan Alami

Madu dan Kayu Manis

Madu terkenal memiliki banyak manfaat untuk kesehatan dan kecantikan kulit. Salah satunya adalah berkhasiat untuk menghilangkan jerawat. Madu sendiri memiliki efek antibakteri yang dapat menangani jerawat. Cara menggunakan madu untuk menghilangkan jerawat pun terbilang mudah. Kamu bisa mencampurkan tiga sendok makan madu murni dengan satu sendok makan bubuk kayu manis, lalu masukkan ke dalam microwave kurang lebih 30 detik agar tidak terlalu panas. Kemudian, oleskan secara merata ke daerah wajah dan diamkan sampai 10 menit. Setelah itu, bilas hingga bersih. Lakukan perawatan ini secara rutin agar hasil yang didapatkan lebih maksimal.

Toner Alami dari Cuka Sari Apel

Cuka sari apel merupakan antiseptik alami untuk kulit berjerawat sehingga dipercaya dapat membunuh bakteri-bakteri jahat penyebab jerawat. Cara menggunakannya pun cukup mudah, kamu hanya perlu mencampurkan dua sendok teh cuka sari apel ke dalam 50 ml air. Cara pengaplikasiannya, celupkan kapas ke dalam larutan tersebut, kemudian oleskan secara menyeluruh ke bagian wajah yang berjerawat selama dua menit. Setelah itu, bilas dengan air hangat.

Masker Yogurt

Yogurt merupakan makanan sehat yang sering diandalkan oleh orang-orang yang tengah dalam program diet. Tak hanya berguna untuk melancarkan program diet Anda, yogurt juga bermanfaat untuk kamu yang memiliki masalah dengan jerawat. Yogurt bisa dijadikan masker alami untuk menghilangkan luka di kulit dan melembabkan wajah karena memiliki kandungan yang baik untuk kulit.

Cara menggunakannya cukup mudah, kamu hanya perlu mencampurkan satu sendok makan yogurt dengan satu sendok makan madu. Setelah itu, oleskan campuran tersebut secara merata ke wajahmu. Diamkan selama kurang lebih 10 menit, kemudian bilas secara lembut dengan air.

Garam Laut

Sel kulit mati yang menyumbat pori-pori wajah merupakan salah satu penyebab munculnya jerawat di wajah. Untuk itu kamu harus rutin melakukan scrub pada wajah. Scrub sendiri berguna untuk memperlancar regenerasi kulit dan memberantas sel kulit mati.

Salah satu scrub alami yang bisa kamu buat adalah scrub dari garam laut. Caranya, kamu bisa siapkan garam laut, kulit gabah dan garam merah. Tak lupa juga siapkan minyak kelapa, kefir dan madu. Campurkan semua bahan tersebut, setelah itu gosokkan dengan cara memutar ke wajah. Saat menggosok ke daerah wajah yang berjerawat, usahakan untuk lebih hati-hati. Setelah selesai, bersihkan dengan handuk atau kain yang agak basah, kemudian bilas sampai bersih.

Antiseptik Alami

Melalecua atau minyak pohon teh (tea tree oil) dapat membuat jerawat bereaksi. Tak hanya soal jerawat, minyak yang satu ini pun sering digunakan di seluruh dunia sebagai antiseptik alami untuk mengobati luka karena mampu memberantas bakteri dan jamur. Tapi yang perlu diingat adalah, reaksi tiap orang terhadap minyak ini akan berbeda-beda.

Kamu harus berhati-hati bila ingin mencoba, karena minyak yang satu ini termasuk keras bila langsung dioleskan pada kulit. Biasanya orang akan mencampurkan minyak pohon teh dengan minyak yang lainnya.

Campuran yang bisa kamu coba, yaitu 8 tetes minyak pohon teh dan satu sendok teh minyak jojoba atau minyak kelapa. Oleskan campuran tersebut ke daerah yang berjerawat saja. Hindari daerah mulut karena jika tertelan, minyak ini bisa menimbulkan reaksi beracun mulai dari ruam sampai koma.

Minyak Kelapa

Minyak kelapa merupakan salah satu bahan alami yang dapat digunakan untuk menghilangkan jerawat. Hal ini karena, menjaga kelembaban kulit merupakan salah satu cara untuk menghindari timbulnya jerawat. Terlebih, senyawa asam laurat yang terkandung dalam minyak kelapa dapat memberikan reaksi yang kuat melawan bakteri penyebab jerawat. Antioksidan dan asam lemak yang terkandung dalam minyak kelapa pun dapat membuat kulit tetap lembab dan sehat.

Untuk menjaga kelembaban kulit sehari-hari, cukup hangatnya seperempat sendok teh minyak kelapa, lalu ratakan pada telapak tangan dan usapkan secara lembut ke seluruh wajah dan leher. Diamkan sekitar 5 menit, kemudian bersihkan minyak dengan lembut menggunakan kain bertesktur halus. Nantinya, jumlah minyak yang terserap oleh kulit disesuaikan dengan kebutuhan kulit itu sendiri. Tak hanya melembabkan, minyak kelapa juga berfungsi sebaga tabir surya alami untuk wajah.

Mengonsumsi Makanan Sehat

Tak hanya mengobati jerawat dari dalam, kamu juga harus memperhatikan pengobatan jerawat dari dalam yaitu dengan memperhatikan pola makan. Banyak-banyak mengonsumsi sayuran hijau, buah dan makan dengan kandungan protein sehat seperti ikan untuk membantu menghilangkan jerawat.

Jangan lupa juga mengonsumsi makanan yang kaya akan zinc seperti kefir, daging domba, ayam, labu dan yoghurt. Hal ini karena tingkat kandungan zinc di dalam tubuh berpengaruh langsung terhadap tingkat keparahan jerawat yang kamu alami. Hindari makanan mengandung minyak jenuh, gandum, gula, susu kemasan, dan gluten. Bila Anda ingin mengonsumsi susu, hendaklah konsumsi susu murni.

Itulah sejumlah cara alami yang dapat menghilangkan jerawat wajah. Semoga bermanfaat. (elevenia)

 

Jangan Lupa Share ya

Leave a Reply