Edukasi

Cara Menghapus Tinta Pulpen dengan Langkah Mudah

Jangan Lupa Share ya

Cara Menghapus Tinta Pulpen dengan Langkah Mudah

Pulpen merupakan salah satu alat tulis yang sangat umum untuk digunakan. Berbeda dengan pensil, penggunaan pulpen ini memiliki sifat yang lebih permanen dibandingkan dengan pensil yang mudah dihapus. Oleh karena itu, orang-orang akan kesulitan untuk mengubah tulisan yang sudah dibuat menggunakan pulpen. Akan tetapi perlu diketahui bahwa terdapat beberapa cara yang bisa dilakukan untuk menghapus tinta pulpen.

Cara yang dilakukan dalam hal ini cukup mudah untuk dapat menghilangkan sebagian tinta. Akan tetapi kamu harus melakukan hal ini dengan teknik yang tepat sehingga hasilnya lebih optimal. Agar lebih jelas lagi kamu dapat mengetahui cara menghapus tinta pulpen melalui ulasan berikut ini.

Menghapus Tinta Pulpen Menggunakan Bahan Kimia Rumah Tangga


Jika kamu sering menggunakan cat kuku tentu sudah tidak asing lagi dengan bahan kimia pembersihnya. Bahan kimia yang disebut dengan aseton tersebut tidak hanya dapat digunakan untuk membersihkan cat kuku saja. Akan tetapi juga bisa digunakan untuk membersihkan tinta pulpen pada kertas.

Langkah yang dilakukan dalam hal ini, kamu dapat menuangkan sedikit aseton ke kapas. Setelah itu, kamu dapat mengusapkannya pada tinta yang ingin dihilangkan. Jika yang digunakan tinta bulpen biasa maka cara ini dapat memberikan hasil yang terbaik. Selain itu juga tinta warna biru akan lebih mudah dihilangkan jika dibandingkan dengan tinta warna hitam.

Tidak hanya aseton, terdapat bahan lainnya yang dapat digunakan yaitu isopropil alkohol. Kelebihan dari bahan ini adalah dapat digunakan untuk segala jenis kertas yang ingin dibersihkan. Apabila tinta pulpen yang ingin dihilangkan sedikit, maka kamu dapat menggunakan korek telinga. Akan tetapi jika bagian kertas yang ingin dibersihka cukup banyak maka kamu dapat menendam satu halaman kertas.

Letakkan dalam bak kecil lali biarkan selama sekitar lima menit. Dalam hal ini, pastikan untuk menggunakan iso propil yang tidak mengandung pewarna maupun pewangi.

Bahan kimia rumah tangga lainnya yang dapat digunakan adalah sari lemon.

Selain dapat digunakan untuk minuman, kamu dapat membersihkan tinta pulpen dengan bahan ini. Adapun langkah yang dilakukan dalam hal ini adalah ambil sedikit sari lemon dan letakkan pada toples ukuran kecil yaitu sekitar 240 ml. Kemudian ambil korek telinga dan celupkan ke dalamnya.

Setelah itu, usapkan korek telinga tersebut pada permukaan kertas yang ingin dibersihkan dari tinta pulpen. Dalam hal ini, asam yang terdapat pada sari lemon akan dapat melarutkan tinta pulpen di kertas. Berdasarkan hal tersebut, bahan ini sebaiknya tidak digunakan pada kertas yang tipis karena dapat merusaknya.

Jika tidak menemukan ketiga bahan diatas dalam rumah, maka kamu dapat menggunakan satu bahan lagi yang mudah dicari. Bahan yang dimaksud dalam hal ini yaitu soda kue atau baking soda. Kamu tentu dapat mencari bahan ini di warung-warung terdekat. Langkah yang dapat dilakukan dalam hal ini yaitu campurkan soda kue dengan air hingga menjadi pasta encer.

Kamu dapat menggunakan mangkuk kaca kecil sebagai tempat campuran tersebut untuk bisa mendapatkan hasil optimal. Setelah itu, gunakan kain katun putih untuk dicelupkan dan ditempelkan diatas kertas. Pastikan untuk dapat mengusap pasta secara lembut pada kertas. Kamu dapat menggunakan sikat gigi untuk mengambil pasta dari soda kue dan meletakkannya di permukaan kertas.

Akan tetapi, pastikan untuk dapat memilih sikat gigi dengan bulu sikat yang masih utuh. Untuk bisa mendapatkan hasil terbaik. Selanjutnya, diamkan kertas hingga kering dan jika terdapat sisa pasta maka tidak perlu dibersihkan. Kamu dapat membersihkan sisanya setelah kertas sudah kering.

Cara Membersihkan Tinta Pulpen Menggunakan Gesekan


Selain dengan bantuan bahan-bahan kimia, kamu juga dapat menggunakan alat-alat tertentu untuk membersihkan tinta pulpen. Alat pertama yang dapat digunakan yaitu penghapus khusus untuk menghapus tinta pulpen. Cara membersihkan tinta pulpen ini dianggap mampu memberikan hasil yang terbaik pada metode gesekan. Akan tetapi cara ini hanya dapat dilakukan untuk jenis tinta pulpen tertentu saja.

Biasanya tinta yang dapat dihapus yaitu tinta berwarna biru sehingga tidak bisa digunakan untuk tinta hitam. Kamu bisa mengetahui penghapus tersebut apakah dapat digunakan untuk tinta bulpen dengan adanya label erasable pada kemasannya.

Saat menggunakan penghapus ini sebaiknya kamu harus berhati-hati karena memiliki permukaan yang kasar. Jika menggunakannya terlalu keras maka kamu akan secara tidak sengaja mengelupas permukaan kertas dan membuatnya robek.

Alat lain yang dapat digunakan untuk menghapus tinta pulpen adalah ampelas dengan nomor 000 beserta balok ampelas berukuran kecil. Jika ukuran ampelas terlalu besar maka kamu dapat memotong sesuai dengan ukuran yang diinginkan.

Setelah itu, rekatkan hasil potongan ampelas tersebut pada ujung penghapus kecil agar kamu dapat mengaplikasikannya dengan mudah. Setelah itu, usapkan ampelas secara hati-hati ke permukaan kertas yang mengandung tinta pulpen.

Lakukan hal tersebut dengan gerakan kecil dari kanan ke kiri dan pastikan untuk tidak menekannya terlalu kuat. Jika sudah maka cobalah untuk meniup lembut permukaan kertas agar serpihan ampelasnnya tersingkirkan. Jika dirasa belum bersih sempurna, kamu dapat mengulanginya kembali untuk hasil yang lebih baik. Itulah beberapa cara yang dapat kamu pilih untuk dapat membersihkan tinta pulpen dari kertas dengan mudah.

BACA JUGA! 5 MERK PENSIL MEKANIK YANG BAGUS DAN AWET

Jangan Lupa Share ya

Putri

SEO Content
"Wherever life plants you, bloom with grace."
Putri

Leave a Reply