Gadget /Komputer

Cara menghapus Mi Cloud di HP Xiaomi

Jangan Lupa Share ya

Xiaomi adalah salah satu produk yang berasal dari China yang cukup populer di Indonesia. Selain karena harganya yang miring, usungan ROM MIUI-nya menarik para penggemar gadget di nusantara. ROM tersebut akan tersinkrosasi dengan akun yang dinamakan Mi Cloud untuk pencadangan data-data.

Nah, di sini kamu yang menggunakan ponsel Xiaomi pasti sudah lazim mendengar istilah Mi Cloud. Mi Cloud diibaratkan sebagai identitas kamu di ponsel Xiaomi tersebut. Dengan akun ini, kamu dapat mencadangkan, mengakses data, mengunduh dan mengaplikasikan tema di ponsel Xiaomi kamu, dan lain sebagainya. Kamu juga bisa melacak eberadaan Xiaomi yang hilang melalui i.mi.com.

Tapi kamu tahu? Ketika kamu ingin berganti ponsel, alangkah baiknya jika kamu menghapus akun Mi tersebut. Agar identitas kamu dan data-data yang telah kamu simpan tidak disalah gunakan oleh orang jahat yang ada di luar sana. Jangan sekali-sekali meremehkan data identitas pribadi ya teman.

Aku tidak merasa sudah menuliskan identitas, oh kamu salah besar. Data-data dasar seperti nama kontak, SMS, kalender, catatan akan tersimpan secara otomatis. Selain itu pengaturan device kamu seperti aplikasi, home screen layout, wallpaper, alarm, tema, dan lain sebagainya akan tersimpan walaupun kamu tidak ‘menyimpannya’.

Aku tidak pernah menggunakannya, hmm kamu memang bisa tidak membuat akun Mi Cloud, dan ponselmu akan berjalan normal-normal saja. Tapi akan terdapat layanan premium yang tidak bisa kamu nikmati jika kamu tidak mendaftarkan Mi Cloud kamu.

Nah, artikel ini akan membahas bagaimana cara menghapus akun Mi Cloud di ponsel Xiaomi. Jika kamu ingin membeli ponsel baru, atau dirasa data yang telah kamu unggah di Mi Cloud itu sudah melebihi privasi, kamu bisa menghapusnya. Caranya bagaimana? Simak terus artikel di bawah ini.

Baca Juga: 3 HP XIAOMI BUAT GAME HARGA 3 JUTAAN

Logout Mi Account terlebih dahulu

Pertama-tama yang harus kamu lakukan untuk menghapus akun Mi Cloud, kamu harus mengeluarkan akun alias logout akun Mi Cloud mu tersebut. Caranya adalah sebagai berikut.

  1. Masuk atau login pada Mi account milik kamu. Kemudian, klik menu Alat dan Mi Account yang tertera. Selanjutnya, masuklah menggunakan email dan password.
  2. Selanjutnya, silakan pilih opsi keluar. Kemudian masukkan kembali password dan apabila kamu diminta untuk mengisi captcha yang muncul, isi yang benar.
  3. Di situ, kamu akan dihadapkan pada opsi simpan, hapus dan batal.
  4. Nah, kamu mau menghapus kan? Ya sudah, berarti kamu pencet opsi Hapus Akun Dari Perangkat Ini.
  5. Setelah prosesnya sudah selsai, silakan hidupkan ulang ponsel Xiaomi kamu.

Delete Akun Mi Cloud via Browser

Proses di atas sebenarnya sudah menghilangkan Mi Cloud kamu, tapi hanya di ponsel. Tapi kalau kamu ingin menghapus secara permanen alias tidak ingin data kamu ada di database Xiaomi, kamu bisa mengikuti langkah selanjutnya di bawah ini:

  1. Silakan masuk ke dalam laman website xiaomi.com. Kemudian apabila sudah selesai loading, masukkan email dan password akun Mi Cloud kamu yang sudah kamu hapus di ponsel tadi.
  2. Jika kamu sudah berhasil masuk, maka website akan memunculkan pop-up Delete Your Mi Account? Yang artinya Apakah kamu mau menghapus akun Mi Cloud kamu? Tentu saja kamu pilih opsi YesI want to permanently delete my Mi Account.
  3. Kemudian di situ juga terdapat opsi Delete Account, pilih opsi tersebut untuk menghapus.
  4. Pastikan kamu membawa ponsel kamu di samping komputer. Karena setelah langkah ketiga, di layar ponsel kamu akan muncul kembali pop-up Account verification. Untuk melakukan verifikasi, pihak Xiaomi akan mengirimkan berupa kode melalui email kamu, lalu silahkan pilih opsi Send.
  5. Selanjutnya, login ke email yang digunakan untuk mendaftar akun Mi Cloud kamu. Tunggu selang beberapa menit, kemudian cek kotak masuk email kamu, dan cari email resmi dari Xioami yang berisi 6 digit kode verifikasi.
  6. Setelah menerima kode tersebut, silakan copy dan paste pada halaman verifikasi Xiaomi dan klik opsi Submit.
  7. Langkah terakhir, yaitu dengan memilih opsi Delete Account.

Jadi deh, kamu berhasil menghapus akun Mi Cloud kamu. Dengan menyelesaikan keseluruhan langkah ini, kamu telah menghapus akun dan semua datanya secara permanen alias tidak dapat dikembalikan lagi.

Sebagai saran saja, jika kamu berganti ponsel namun ponsel barumu tetap merk Xiaomi, alangkah baiknya jika kamu hanya mengikuti langkah ini sampai pada saat menghidupkan ulang ponsel.

Jangan Lupa Share ya

Leave a Reply