Gadget /Komputer

Cara Menghapus Akun Facebook Sementara Ataupun Permanen

Facebook adalah platform sosial media yang memiliki jutaan pengguna aktif di seluruh dunia.  Banyak sekali manfaat yang bisa kamu dapatkan dari bermain Facebook, mulai dari mendapat teman baru, bertemu teman lama, mempromosikan produk, berdiskusi sampai bremain game Facebook guna menghilangkan rasa suntuk.

Namun, beberapa pengguna Facebook justru memutuskan untuk menghapus akun Facebooknya secara sementara atau pun permanen. Entah itu karena Facebook terlalu membuat mereka ketagihan hingga sulit mengatur waktu dengan baik, sampai alasan lainnya yang membuat mereka tidak memiliki pilihan lain, selain menghapus akun Facebooknya.

Jika dilihat dari fakta di lapangan, tidak dipungkiri memang beberapa orang ketagihan bermain Facebook. Dari mulai update status, upload foto sampai mengomentari status teman di Facebook. Keasyikan yang ditawarkan Facebook membuat mereka lupa waktu dalam melakukan hal-hal yang justru lebih penting dibanding dengan bermain Facebook. Mungkin kamu salah satunya.

Dengan membaca artikel ini, mungkin kamu memiliki niatan untuk menghapus akun Facebookmu secara sementara atau pun permanen. Apapun alasan dibalik keputusan menghapus Facebook, tetap bukan hal yang mudah untuk melakukannya. Tapi jika benar-benar dibutuhkan, berikut ini cara mudah untuk menghapus akun Facebook secara sementara maupun permanen.

Cara Menghapus Akun Facebook Secara Sementara Maupun Permanen

Facebook memberikan pilihan kepada penggunanya saat akan menghapus akun Facebooknya, yaitu menghapus akun Facebook secara permanen atau hanya sementara saja. Bila kamu termasuk yang ingin menghapus akun Facebook hanya sementara saja, maka kamu masih bisa membuka akunmu kapan pun dan mengaktifkannya kembali. Caranya, cukup dengan login seperti biasa. Tapi hal ini akan berbeda cerita jika kamu memutuskan untuk menghapus akun Facebook secara permanen, maka jika dalam waktu 14 hari kamu tidak login sama sekali, akun Faceboook kamu akan benar-benar terhapus dan tidak bisa diaktifkan lagi.

Cara Menghapus Akun Facebook Sementara

Cara menghapus akun Facebook yang pertama adalah menghapus akun hanya untuk sementara saja. Pilihan ini bisa jadi keputusan terbaik karena kamu masih bisa membuka akun Facebookmu kembali. Meski akun masih bisa digunakan saat kamu login kembali, namun saat akunmu masih dalam status terhapus sementara, teman-teman Facebook kamu tidak bisa menghubungimu bahkan melihat kronologi Facebook kamu pun tidak bisa.

Bila kamu sudah berkeputusan bulat dan tidak bisa diganggu gugat lagi, maka inilah langkah-langkahnya untuk menghapus akun Facebook sementara:

  • Langkah pertama, login ke akun Facebook kamu seperti biasa.
  • Lalu, pilih pengaturan.
  • Kemudian, kamu akan dibawa ke menu Pengaturan Umum Akun.
  • Di menu ini, pilih sunting pada kolom Kelola Akun.
  • Setelah itu, scroll ke bawah sampai pada pilihan Nonaktifkan Akun Anda.
  • Kamu nantinya akan dihadapkan pada sebuah form. Kemudian isikan alasan mengapa kamu ingin menghapus akun Facebook tersebut. Jangan lupa centang juga pada opsi Tolak Email. Lalu, klik Tutup.
  • Setelah selesai, maka pilih Nonaktifkan Sekarang.
  • Selesai, akun Facebook kamu berhasil dihapus sementara. Seperti yang dijelaskan sebelumnya, orang lain atau teman Facebook kamu tidak bisa lagi melihat kronologi Facebook atau pun mengirim pesan padamu di Facebook.

Menghapus Facebook sementara terdengar lebih baik karena kamu bisa membuka Facebookmu kembali dengan mudah. Tinggal login saja seperti biasa, maka akun kamu bisa digunakan kembali. Sangat mudah bukan?

Menghapus Akun Facebook Permanen

Pilihan lainnya saat menghapus akun Facebook adalah menghapusnya secara permanen. Cara menghapus akun Facebook yang satu ini bisa dibilang riskan karena kamu tidak bisa menggunakan akun Facebookmu kembali. Hingga pilihan yang ada hanyalah membuat akun Facebook baru. Tapi jika ini merupakan satu-satunya pilihan yang harus kamu ambil, maka inilah langkah-langkahnya:

  • Login seperti biasa ke akun Facebook kamu. Kemudian kunjungi link berikut ini.
  • Setelah itu, pilih Hapus Akun Saya.
  • Nantinya kamu harus memasukkan password beserta captcha yang tampil, kemudian pilih OK.
  • Akun Facebook kamu berhasil dihapus secara permanen.

Akun Facebook kamu tidak akan langsung dihapus secara permanen. Pihak Facebook memberikan rentang waktu 14 hari untuk kamu mempertimbangkan kembali pengpusan akun tersebut. Tapi bila sampai waktu yang ditentukan kamu tidak kunjung login, maka akun Facebook kamu dihapus secara permanen dan tidak bisa lagi dikembalikan.

Itulah cara menghapus akun Facebook, baik itu menghapus akun Facebook secara sementara maupun menghapus akun Facebook permanen. Bila tidak ada alasan kuat untuk menghapus akun Facebook kamu, alangkah baiknya tidak menghapusnya.

Namun, jika kamu kesulitan mengatur waktu karena terlalu asyik main Facebook, kamu bisa mengakalinya dengan membuat jadwal yang jelas agar waktu bermain Facebook lebih terkontrol. Gunakan media sosial Facebook seperlunya saja. Jangan sampai membuat Anda ketagihan, bahkan sampai melalaikan tugas sekolah maupun kantor. Facebook dibangun untuk menghubungkan kamu dengan teman-teman kamu. Untuk itu alangkah baiknya kamu sebagai pengguna Facebook bisa menggunakannya dengan bijak. Semoga bermanfaat. (elevenia)

Leave a Reply