Gadget /Komputer

Cara Menggunakan Rufus 2019 untuk Instalasi Windows

Jangan Lupa Share ya

Penggunaan dari rufus untuk menginstal sebuah operasi sistem dijumpai di masa modern ini. Hal ini dikarenakan banyak masyarakat yang lebih memilih memakai media flash drive untuk melakukan instal ulang dikarenakan jauh lebih fleksibel. Hanya dengan satu software saja kamu pun dapat membuat bootable disk dari berbagai macam sistem operasi yang ada.

Tentu hal ini akan sangat jauh berbeda jika kita membandingkan pada saat zaman dahulu yang masih memakai cd maupun DVD dikarenakan terbatas hanya pada satu sistem operasi saja, bahkan penggunaan CD dan juga DVD juga lebih rawan akan kerusakan.

Aplikasi rufus sendiri memang memiliki ukuran yang kecil dan juga ringan hampir sama dengan aplikasi lain seperti halnya software pemotong video dan juga aplikasi pemutar video. Cara menggunakan rufus lebih praktis dan mudah sebab hanya dibutuhkan beberapa langkah saja. Pastinya ketika memakai flash disk kamu pun dapat melakukan format setelah selesai menginstall untuk penyimpanan data lain.

Rufus sendiri juga dapat dijalankan di berbagai macam sistem operasi Windows misalnya Windows 7, Windows 8, Windows 8.1, dan juga Windows 10, dengan menggunakan arsitektur 32 bit maupun arsitektur 64 bit.

Apa sih sebetulnya aplikasi rufus?


Cara Menggunakan Rufus 2019 Untuk Instalasi WindowsRufus merupakan aplikasi buatan dari Pete Badard yang berasal dari perusahaan consulting Di mana rumah tersebut dapat dipakai secara gratis di sebabkan mempunyai lisensi GNU GPL V3. Bahkan pada source code rufus nya bisa didownload secara gratis sehingga para programer pun dapat memodifikasi serta menjualnya. Profil sendiri juga dapat dipakai untuk membuat batagor operasi sistem yang jauh lebih banyak seperti halnya fedora Windows XP, Windows Vista, Linux, Ubuntu, Windows 7, Windows 8 akan tampak Windows yang ke-10.

Bagaimana cara mengunduh aplikasi rufus?


Selain itu, prosesnya sangat cepat serta menyediakan pilihan free DOS sehingga kamu pun dapat melakukan booting dengan mode DOS. Aplikasi rufus sendiri mempunyai 2 versi yang berbeda yakni installer dan juga portable dimana ukuran file sekitar 1 MB saja. Pastinya dengan mendownload dan mengetahui cara menggunakan rufus tidak akan mengurangi kapasitas dari hardisk maupun flash disk yang kamu miliki.

Bukan hanya itu saja para pengguna pun dapat memilih versi bakul dikarenakan dapat dijalankan tanpa memerlukan install kembali. Apalagi aplikasi rufus juga telah didukung dengan bahasa Indonesia yang pastinya dapat membantu para programer untuk mengikuti langkah yang harus dilakukan.

Cara memakai rufus untuk menginstal Windows


  • Untuk kamu yang belum mempunyai aplikasi rufus maka pastikan kamu menutupi terlebih dahulu pada komputer maupun laptop. Pastikan tidak melakukan instal di flash disk yang akan digunakan menjadi bootable.
  • Langkah yang ke-2 bukalah aplikasi tersebut lalu masukkan lah flashdisk yang akan kamu jadikan menjadi portable di pc yang kamu miliki.
  • FB sendiri secara otomatis akan mendeteksi informasi yang berasal dari fosil tersebut seperti masalah kapasitas, volume label dan lain sebagainya.
  • Apabila flashdisk yang kamu masukkan tidak dapat terdeteksi maka klik icon tanda panah yang ada di samping tulisan format action.
  • Langkah yang berikutnya ialah dengan melakukan pengaturan. Ubahlah file sistem yang dipakai dari FAT32 menjadi NTFS jika memang flash disk yang kamu gunakan belum format file NTFS. pastikan kamu tidak lupa untuk tentang opsi quick format sehingga proses dari format berlangsung dengan cepat.
  • Langkah yang berikutnya pilihlah file instalasi Windows yang akan kamu pakai dengan cara cara menceklis pilihan create bootable disk using. Lalu pilihlah ISO image yang terdapat pada menu dropdown yang ada di sampingnya. Berikutnya klik icon optical drive yang terdapat di sampingnya lalu pilihlah file ISO yang nantinya akan kamu pakai.
  • Tahapan yang berikutnya klik tulisan start agar dapat memulai proses pembuatan dari bata hebel yang memakai USB. Sebelumnya kamu perlu memastikan data pada flashdisk sudah di-back up.
  • Maka akan muncul jendela peringatan yang akan mengungkapkan jika semua file yang ada di dalam flashdisk akan terhapus lalu klik ok.
  • Tunggulah proses dari pembuatan bot apel yang bisa memakan waktu 10 hingga 15 menit.
  • Apabila proses setelah selesai Maka akan muncul pesan rezeki yang maknanya flashdisk bootable pun telah siap untuk dipakai.

Nah, demikianlah sekilas info yang bisa diberikan kepada kamu tentang cara menggunakan rufus. Semoga dengan adanya ulasan diatas, bisa memberikan bantuan kepada yang ingin menginstall windows.

Baca Juga! INILAH PENYEBAB DAN CARA MEMPERBAIKI FLASHDISK YANG TIDAK TERBACA

Jangan Lupa Share ya

Leave a Reply