Gadget /Komputer

Cara Mengganti Password WIFI Dengan Mudah

Setiap rumah pasti sudah banyak memasang WIFI untuk menunjang keperluan koneksi internet. Untuk meningkatkan keamanan WIFI kamu dari para pencuri WIFI, mengganti password bisa jadi cara yang efektif.

Tapi tak sedikit orang tidak mengerti bagaiman cara untuk mengganti password WIFI. Diantara kamu pun pasti jarang menanyakan hal tersebut kepada petugas provider internet saat awal kamu memasangnya. Suatu waktu kamu pasti ingin mengganti password WIFI kamu, nah kamu tidak perlu susah payah memanggil petugas providernua. Disini kamu bisa ikuti cara bagaimana mengganti password WIFI kamu tanpa harus oleh petugas.

Namun, tetap kami akan memberikan peringatan bahwa apapun risiko yang ditimbulkan dari hal di bawah ini adalah tanggung jawab kamu.

Mengganti Password Modem ZTE F609 Telkom Indihome

Saat pertama kali kamu memasang WIFI dengan modem ZTE, maka kamu akan diarahkan untuk mengisi kolom nama WIFI dan passwordnya. Nah kamu bisa melihat nama dan password WIFI kamu di bawah modem kamu. Di bawah sana kamu bisa lihat tanggal dibuatnya modem, seri modem, MACaddress, model, produk, hingga nama SSID1 dan passwordnya. kamu bisa lihat nama WIFI kamu di kolom SSIDI.

Namun sering kali kita lupa password terbaru WIFI kita. Untuk itu kamu bisa melakukan reset modem dengan menekan tombol reset yang biasanya terletak di belakang modem, maka password kamu akan segera berubah.

Setelah tersambung ke jaringan WIFI dengan kata santi yang sudah ada, kamu buka browser apapun lalu ketikkan 192.168.1.1 dia address bar lalu tekan enter. Setelah itu kamu akan masuk ke UI defauld modem kamu, lalau kamu masukkan username default username dan password admin. Kemudian kamu klik administration lalu lalu lanjut klik user management. Setelah berhasil masuk ke sana, kamu masukkan password lama dan lanjutkan dengan memasukkan password baru kamu lalu kamu klik submit maka password kamu sudah terganti.

Setelah password kamu terganti, kamu bisa logout lalu kembali login menggunakan username dan password baru kamu. Sampai disini kamu belum mengganti nama WIFI dan password. Lanjut, setelah berhasil login maka kamu klik “etwork à WLAN à” lanjutkan dengan SSID settings. Setelah itu, masukkan nama WIFI pada kolom SSID Name lalu submit, klik tombol security dan kolom WPA passphrase dengan password WIFI yang kamu inginkan lalu kamu tinggal klik confirm.

Mengganti Password WIFI Huawei HG8245A

Jika kamu sudah mengerti cara mengganti password WIFI Modem ZTE F609 di atas, maka kamu akan mudah mengganti password WIFI modem Huawei HG8245A ini.

Umumnya modem yang tersebar di masyarakat adalah modem merk Indihome, Fiberhome, ZTE, dan Huawei.

Pertama kamu buka browser dan ketik pada address bar kamu 192.168.1.1 atau 192.168.1.254. Nah, jika setelah kamu coba namun kedua IP tersebut tidak bisa membukka tampilan pengaturan modem, maka kamu bisa coba memasukkan 192.168.0.1. Setelah kamu masuk ke tampilan pengaturan modem, kamu masukkan username dan password default modem, sama seperti modem ZTE yaitu admin dan admin. Namun jika kedua kombinasi tersebut tidak dapat kamu gunakan, kamu bisa coba dengan username dan password support dan support atau support dan theworldinyourhand.

Sama seperti pengaturan modem ZTE, kamu bisa cari menu dengan pilihan wireless atau pilihan WIFI. Setelah menemukan menu tersebut, bisa kembali cari menu dengan pilihan SSID serta input Password. Nah, jika sudah berhasil menemukan SSID kamu isi kolom tersebut dengan nama WIFI yang kamu mau. Lalu ketik password yang kamu mau pada kolom password. Pada umumnya kolom password terletak di bawah kolom SSID.

Setelah kamu mengganti username dan password, klik save atau apply agar setting yang kamu lakukan segera berubah. Sebenarnya cara mengubah password WIFI Huawei sama dengan cara mengubah password WIFI modem ZTE jadi kamu bisa melihat subbagian sebelumnya agar kamu lebih mengerti.

Mengganti Password WIFI Modem TP-Link TD-W8961N

Sama seperti sebelumnya, kamu akses browser apapun yang ada kemudian masuk ke address bar dengan mengetik 192.168.1.1 atau 192.168.1.254. untuk tahu username dan password default di control panel TP Link, kamu cukup lihat di bagian bawah modem kamu.

Sebenarnya di sana sudah ada IP address bawaan modem, jadi jika kamu tidak bisa masuk dengan address yang kami beri, mungkin IP address bawaan modem kamu tidak sesuai dengan yang kami beri.

Setelah kamu masuk ke tampilan panel kontrol router dengan browser, kamu bisa masuk ke menu interface setup. Di sana kamu bisa melihat beberapa sub menu yang terdiri atas kolom dan tombol-tombol.

Kemudian kamu klik sub menu wireless atau kamu bisa langsung mengganti password yang baru di kolom pre-shared key. Jika password baru sudah dimasukkan, maka kamu bisa klik save di bagian bawah halaman browser. Jika kamu ingin mengganti nama WIFI juga, kamu tinggal cari kolom SSID pada menu yang sama.

Biasanya menu tersebut ada di kolom-kolom teratas menu tersebut, jika kamu sudah menemukan kolom SSID, kamu hanya cukup menggantinya dengan nama yang kamu mau. Setelah itu, kamu bisa klik tombol save di bagian terbawah halaman browser.

Untuk mengubah password bawaan modem yang digunakan untuk akses ke halaman panel control, kamu cukup masuk ke panel kontrol menggunakan username serta password bawaan modem kamu. Kemudian klik menu maintenance lalu masuk ke menu administrator. Seharusnya disana kamu tidak akan menemukan banyak menu seperti sebelumnya, kamu akan menemukan kolom New password dan confirm password serta username dan kamu tinggal isi kolom new password dengan password admin yang kamu mau juga isi kolom confirm password dengan password yang sama.Setelah berhasil mengganti password router, kamu tinggal klik save untuk menyimpan pengaturan yang telah anda telah kamu ubah.

Cara – cara yang kami berikan ini berdasarkan pengetahuan mengenai cara mengubah password WIFI. Umumnya semua modem itu sama yang membedakan adalah

default address dari router, username dan password default yang dimiliki masing-masing router. Kamu bisa menggunakkan cara – cara di atas dan semoga berhasil. (elevenia)

Leave a Reply