Gadget /Komputer

Cara Mengetahui Perbedaan Windows x86 dan x64

Untuk kamu pengguna PC dengan basis sistem operasi Windows, pasti tahu atau pernah mendengar istilah Windows x86 dan x64. Sebenarnya, kedua istilah tersebut harus kamu ketahui, terlebih jika dihubungkan dengan instalasi driver, perangkat memory sampai memilihan program. Dengan kamu tahu tentang nilai bit dalam sistem operasi, maka kamu akan lebih mudah saat akan menentukan kinerja sebuah PC.

Hal ini juga penting supaya tidak terjadi hal-hal yang diinginkan pada PCmu. Seperti diketahui, jika kita memaksakan kapasitas sebuah PC, maka akan berdampak buruk pada PC tersebut. Informasi ini dapat bermanfaat untuk kamu supaya tidak menginstal atau pun memaksakan sebuah aplikasi yang tidak akan cocok dengan PC-mu.

Cara Mengetahui Windows x86 dan x64

Apa kamu merupakan pengguna sistem operasi Windows tapi belum tahu perbedaan Windows x86 dan x64? Kamu tidak usah khawatir karena di sini kamu bisa mengecek Windows jenis mana yang kamu gunakan di komputer atau pun laptop kamu. Caranya adalah dengan pilih Start Menu, kemudian klik Run. Di kolom tersebut kamu ketik “msinfo32” tanpta tanda petik. Setelah itu klik OK. Nantinya akan muncul sebuah tampilan yang berisi tentang sistem informasi PC kamu. Nah, kamu bisa melihatnya di bagian “System Summary”. Di sini, kamu akan melihat tipe Windows, apakah Windows yang kamu pakai x64 atau x86. Windows x86 adalah 32 bit dan Windows x64 adalah 64 bit.

Awas, jangan sampai kamu salah menyebutkan, sebab tidak ada Windows x32. Saat ini di pasaran, hanya ada istilah Windows x86 dan Windows x64. Banyak dari pengguna yang salah menyebutkan Windows x86 menjadi Windows x32. Meski kenyataannya memang Windows x86 sama dengan edisi 32 bit, namun tetap saja pengucapannya keliru.

Jika dilihat dari segi memory-nya, dapat di lihat bahwa terdapat batasan maksimal RAM di suatu komputer. Pada Windows x86 atau yang lebih dikenal dengan Windows 32 bit, memiliki batasan tersendiri untuk penggunaan RAM-nya, yaitu sekitar 4GB. Artinya, bila RAM yang di pasang pada Windows 32 bit lebih dari 4GB, maka yang nantinya terpakai saat PC berjalan hanyalah 4GB saja, sisanya tidak akan digunakan alias terbuang cuma-Cuma. Sementara untuk Windows x64 punya batasan RAM sampai 192GB.

Pola arsitektur yang dimiliki oleh Windows x86 dan Windows x64 pun berbeda. Perbedaannya adalah dari lebar jalur pemrosesan. Pada Windows x64, jalur yang ada cenderung lebih lebar dan memungkinkan sistem komputer dapat menangani memori atau RAM lebih dari 2GB, di mana hal ini tak akan bisa dilakukan oleh Windows x86. Untuk itu, bila kamu akan menggunakan aplikasi berat dan juga aplikasi terbaru, lebih baik menggunakan Windows x64. Pilihan tersebut bisa dibilang pilihan terbaik dibandingkan menggunakan Windows x86. Hal ini karena di sistem operasi Windows 7, sistem Windows x68 hanya mampu mendukung memori hingga 3GB saja.

Tips-Tips Untukmu!

Bila kamu masih termasuk pengguna komputer yang biasa-biasnaya saja, alias tidak menjalankan aplikasi yang berat dan hanya menggunakan komputer untuk mengetik atau mengolah data menggunakan Microsoft Word, maka kamu masih aman bilamenggunakan Windows x86 atau Windows 32 bit. Hanya saja kamu perlu ingat bahwa tiap kali kamu menginstal driver di perangkat PC melalui website resmi sebuah vendor komputer, maka kamu harus memastikan bahwa kamu memiliki tipe yang sama dengan Windows-nya. Contohnya, bila kamu menggunakan Windows x86, maka kamu harus mengunduh atau pun menginstall aplikasi driver versi x86 bukan versi x64. Hal ini pun berlaku sebaliknya, yaitu jika kamu menggunakan Windows x64, maka kamu harus memilih aplikasi yang punya basis x64 juga supaya bisa berjalan dengan baik di PC kamu.

Dengan kamu mengetahui perbedaan antara x86 dan x64, maka kamu bisa memilih CPU yang tepat untuk komputermu. Hal ini tergantung pada penggunaannya. Tentu bila kamu menggunakan PC untuk aplikasi-aplikasi berat, maka kamu harus memilih Windows x64. Namun kamu juga harus melihat kondisi memory pada spesifikasi PC kamu. Tak usah memaksakan bila tidak memungkinkan.

Itulah sejumlah informasi terkait dengan perbedaan antara Windows x86 dan Windows x64. Semoga informasi dia tas dapat bermanfaat untuk kamu sehingga kamu tidak usah pusing lagi membedakan mana yang terbaik untuk PCmu. (elevenia)

Leave a Reply