Gadget /Komputer

Cara Mengetahui Paket Speedy yang Diambil

Jangan Lupa Share ya

WiFi saat ini sudah tidak sulit untuk didapatkan, mulai dari berbayar sampai kamu bisa mendapatkan WiFi gratis di café-café, tempat umum atau tempat lainnya yang sudah disediakan jaringan WiFi atau Speedy. Jika dilihat dari jumlah pengguna, memang mengalami peningkatan yang cukup signifikan, baik itu pengguna yang menggunakan smartphone atau pun pengguna yang menggunakan laptop/PC.

Lalu, bagaimana apabila ada orang yang mencuri jaringan WiFi kita dengan seenaknya? Pencuri tersebut menggunakan WiFi kita tanpa kita tahu. Untuk itulah kamu harus tahu solusi untuk mengatasinya, dengan cara berikut ini:

Cara Mengetahui Jaringan WiFi Kita Diambil Orang

Apabila ada yang mencuri kuota WiFi kamu, maka kamu harus melakukan langkah-langkah di bawah ini. Kamu akan tahu siapa saja yang sudah menerobos WiFi dan dapat menangkap pelakunya.’

  • Langkah pertama adalah kamu harus login terlebih dahulu ke router WiFi kamu dengan cara mengetik 192.168.0.1 di browser apapun, baik itu di Google Chrome maupun dibrowser lainnya.
  • Setelah berhasil masuk ke panel router, langkah selanjutnya adalah pilih opsi Connected Devices atau Attached Devices.
  • Nanti di sana kamu dapat melihat IP Address pencuri WiFi kamu.
  • Kamu bisa dengan mudah mem-block pengguna tersebut, atau kamu dapat mengganti password WiFi kamu dengan password yang baru.

Tapi masalahnya, bisa saja WiFi kamu tetap dibobol meskipun sudah diganti passwordnya dengan baru. Hal ini karena pencuri akan memiliki sejumlah cara licik untuk mengetahui password yang kamu gunakan. Lalu, apakah ada cara yang paling aman supaya WiFi kamu tidak dibobol lagi? Sebab jika banyak yang menggunakan WiFi tanpa kamu ketahui dapat menyebabkan WiFi menjadi lebih lemot dibanding sebelumnya.

Salah satu caranya adalah dengan menggunakan password WiFi yang unik. Tapi setelah dicoba oleh beberapa pengguna ternyata tetap saja ada yang membobolnya. Memang untuk mengetahui WiFi baru kamu, pencuri biasanya hanya modal smartphone Android saja dengan bantuan aplikasi tertentu.

Untuk itu, kamu harus menggunakan cara lainnya yang terbilang ampuh untuk mengatasi masalah ini. Namanya adalah Mac Address yang dapat mengamankan WiFi kamu. Mac Address sendiri merupakan kode unik di sebuah hardware atau bisa dibilang sebuah ‘nama’ dari sebuah hardware. Sebab, setiap device atau hardware yang berbeda Mac Address-nya alias tidak akan pernah sama. Untuk itulah kita bisa memanfaatkan Mac Address ini untuk mengamankan WiFi kita supaya tidak mudah dibobol.

Nantinya kita akan memasukkan Mac Address tertentu dalam pengaturan modem. Setelah disetting, maka selain Mac Address yang sudah dimasukkan tersebut, maka Mac Address lain yang belum kita masukkan tidak akan bisa mengakses WiFi kita. Contohnya, laptop yang kita gunakan memiliki Mac Address 09.05.07.0A, lalu kita masukkan pada pengaturan modem. Setelah itu, tidak akan ada perangkat lain yang bisa mengakses WiFi kita. Lalu, bagaimana cara mengatur Mac Address di modem?

Cara mengatur Mac Address di Modem

  • Untuk contoh kita akan mengatur Mac Addres Modem dari Indhihome Telkom. Kenapa? karena pengaturan pada setiap modem berbeda. Untuk itu, bagi kamu yang menggunakan modem yang berbeda, maka kamu tinggal menyesuaikannya saja. Intinya pada pengaruan yang satu ini kita dapat membatasi pengguna dengan memasukkan Mac Addressnya.
  • Saat kamu memasukkan Mac Address, jangan sampai salah. Untuk itu, selain Mac Addess yang sudah kamu masukkan atau dengan kata lain telah kamu berikan izin, maka tidak bisa mengakses WiFimu meski menggunakan password yang benar.
  • Kamu bisa masuk pada admin modem dengan cara mengetikkan IP Address 168.1.1 atau 192.168.1.121 atau mungkin IP Address yang lainnya. IP Address ini berdasarkan pengaturan. Untuk masalah IP ini kamu bisa menanyakannya pada teknisi Telkom Speedy.
  • Setelah kamu berhasil masuk, maka langkah selanjutnya adalah mencari – menus interface – setup wifi mac, setelah itu pada bagian Add filler, kamu bisa memasukkan Mac Address yang sudah ditentukan untuk bisa mengakses WiFi kita.
  • Setelah selesai, tinggal klik Save.

Trik di atas, 100 persen berhasil digunakan. Meski orang yang berniat untuk mencuri WiFi tersebut mengetahui password WiFi kamu tapi tetap tidak bisa mengaksesnya karena sudah terlindungi dan juga terfilter dengan Mac Address.
Itulah sejumlah tips yang dapat kamu praktekan apabila WiFi kamu diambil orang tanpa kamu tahu. Kondisi ini memang sangat menyebalkan, apalagi jika orang tersebut benar-benar memanfaatkan WiFi kamu dengan baik dalam waktu yang lama, dan kamu baru tahu saat WiFi kamu tiba-tiba mengalami lemot. Semoga informasi di atas bisa memberi solusi terbaik bagi kamu yang sering mengalami masalah ini. (elevenia)

Jangan Lupa Share ya

Leave a Reply