Gadget /Komputer

Cara Mengembalikan File yang Terhapus di Android

Jangan Lupa Share ya

Terkadang kita tanpa sadar menghapus file maupun data yang penting di Android. namun bagaimana jika data-data penting tersebut sudah terlanjur terhapus? Jika di PC, maka data yang kamu hapus bisa dengan mudah dikembalikan yaitu mencarinya di recycle bin. apabila file di PC telah terhapus secara permanen maka bisa lagi gambar ikan dengan menggunakan software recovery.

Lalu, bagaimana jika hal tersebut terjadi di Android? Saat ini menghapus file yang ada di Android itu artinya sama dengan menghapusnya secara total. Jika di PC terdapat fitur recycle bin dan file yang dihapus tidak benar-benar terhapus, sedangkan di Android tidak memiliki fitur demikian.

Cara Mengembalikan File yang Terhapus di Android

Namun, Jika kamu mengalami masalah tersebut, maka kamu tidak perlu khawatir karena dibawa ini akan mengulas cara mengembalikan file yang terhapus di Android yang bisa menjadi jawaban atas masalah kamu.

Menggunakan Dumpster


Cara mengembalikan file yang terhapus di Android yang pertama yaitu dengan menggunakan dumpster. Cara kerja dari dumpster tersebut sama halnya dengan recycle bin pada PC. Dumpster merupakan salah satu aplikasi yang paling baik untuk memulihkan file yang telah dihapus di Android. Aplikasi tersebut juga cara penggunaannya sangat mudah karena tampilannya yang user friendly.

Fitur pada aplikasi dumpster tersebut bisa mengembalikan beberapa file seperti file foto, video, musik serta file-file yang lainnya seperti PDF, doc, rar dan lain sebagainya. Kerennya lagi, untuk bisa menggunakan aplikasi ini tidak perlu melakukan rooting. Selain itu, untuk bisa menggunakan aplikasi tersebut tidak membutuhkan koneksi internet.

Dilengkapi juga dengan fitur pratinjau file supaya kamu bisa mengetahui apakah file tersebut layak untuk dikembalikan atau tidak. Di samping itu, aplikasi dumpster ini juga telah menyediakan auto scheduled item. Untuk sistem keamanan privasinya yaitu dengan menggunakan layar kunci.

Untuk cara cara menggunakan aplikasi dumpster ini yang harus kamu lakukan pertama kali yaitu mendownloadnya di Play Store. Selanjutnya kamu bisa membuka aplikasi tersebut dan pilihlah jenis file yang ingin kamu kembalikan. Jika kamu bingung untuk menekan satu per satu karena ingin mengembalikan semua file, maka tinggal pilih “All” saja.

Jika sudah memilih file-file yang ingin dikembalikan, selanjutnya melakukan scanning file dan di sana nanti akan muncul beberapa file yang sudah dihapus. Selanjutnya pilihlah file-file yang sudah terhapus untuk kamu kembalikan. Jika sudah kamu tinggal klik restore dan semua file yang kamu pilih akan kembali lagi ke perangkat Android mu.

Menggunakan ES File Explorer


Aplikasi ES file Explorer merupakan salah satu software pengelola file di Android yang terbaik sebab mempunyai fitur yang lengkap berupa musik, gambar, dokumen, film serta aplikasi. Fitur recycle bin juga tersedia di aplikasi ini.

Cara untuk menggunakan aplikasi tersebut yaitu kamu harus menginstal terlebih dahulu dengan mendownloadnya di Google Play Store. Jika sudah terinstal kamu tinggal membuka aplikasinya dan klik menu yang ada di sebelah kiri. Pilihlah menu recycle bin kemudian klik untuk bisa mengaktifkannya.

Jika sudah aktif maka kamu bisa mengembalikan file yang sudah terhapus di menu tersebut. di sana sudah tertera semua file yang telah terhapus. Setelah itu kamu tinggal pilih file yang ingin dikembalikan lagi ke perangkat Android.

Menggunakan DiskDigger Undelete (Root)


Cara terakhir untuk mengembalikan file yang telah terhapus di Android yaitu dengan menggunakan diskdigger undelete. Cara yang satu ini berbeda dengan dua cara di atas karena kamu harus melakukan rooting terlebih dahulu. Apabila android kamu sudah di-root, maka akan bekerja sama dengan maksimal guna menjelajahi seluruh memori perangkat pada Android serta bisa melihat rekam jejak file-file yang telah dihapus.

Cara untuk menggunakan diskdigger undelete tersebut maka yang harus kamu lakukan yaitu pastikan bahwa Android kamu sudah di-root dan download aplikasinya. bukalah diskdigger undelete dan pilihlah partisi dari lokasi file yang ingin kamu pulihkan. tunggulah beberapa saat supaya disk digger adalah tersebut bisa bekerja. Jika sudah maka akan terlihat tampilan file-file yang telah dihapus. Kemudian kamu hanya perlu memindai file yang ingin kamu kembali kan saja dengan menekan tombol save.

Nah, itulah tadi cara mengembalikan file yang terhapus di Android dengan mudah yang bisa kamu tiru. Tentunya dengan artikel di atas bisa membantu kamu untuk menjawab masalah yang sedang kamu hadapi terkait file yang telah dihapus.

Baca Juga! Cara Menghapus Safe Finder Windows

 

Jangan Lupa Share ya

Putri

SEO Content
"Wherever life plants you, bloom with grace."
Putri

Latest posts by Putri (see all)

Leave a Reply