Babies /Kids

Cara Mengatasi Panas Pada Bayi yang Paling Ampuh

Jangan Lupa Share ya

Ketika bayi sedang mengalami demam, tentu kedua orang tuanya akan dilanda kepanikan. Ketakutan akan penyakit epilepsi pun kadang terpikirkan. Oleh karena itu, berbagai macam cara dilakukan untuk mengobati demam tersebut mulai dari mengompresnya hingga membawa bayi tersebut ke dokter.

Demam pada bayi merupakan salah satu bagian penting dari pertahanan tubuh terhadap infeksi yang disebabkan oleh bakteri maupun virus. Demam juga bisa kita jadikan sebagai petunjuk adanya infeksi lainnya pada bayi yang terjadi pada saluran pencernaan maupun saluran pernapasannya.

Suhu tubuh normal manusia adalah 36 hingga 38 derajat celcius. Bayi yang demam memiliki suhu tubuh yang mencapai lebih dari 38 derajat celcius yang biasanya disertai dengan tubuh yang menggigil.

Gejala-gejala umum demam pada bayi:

  • Terkadang disertai dengan kejang
  • Suhu tubuh di atas normal yaitu lebih dari 37 derajat celcius.
  • Badan menggigil
  • Nafsu makan menurun
  • Mengalami dehidrasi
  • Wajah memerah

Cara Mengatasi Panas Pada Bayi yang Paling Ampuh

Berikut ini merupakan cara yang dapat ditempuh oleh para orang tua yang menghadapi bayi yang sedang demam.

Memberikan banyak asupan cairan pada bayi

Dengan memberikan bayi cairan yang cukup, dapat membantu untuk mencegah terjadinya dehidrasi pada bayi. Kamu bisa memberinya air putih yang cukup, sari buah, atau pun makanan yang bentuknya cair. Pada bayi yang masih berusia 1 bulan, kamu hanya perlu memberinya asupan asi yang cukup.

Rajin mengontrol suhu tubuh anak dengan termometer yang tepat untuk bayi

Untuk bayi yang masih berusia 0 sampai 3 bulan, gunakanlah thermometer yang digunakan melalui anus, dan untuk bayi yang berusia 3 hingga 4 bulan kamu bisa menggunakan thermometer anus atau pun thermometer yang digunakan melalui mulut. Sedangkan untuk anak yang berusia 4 tahun ke atas, gunakanlah thermometer yang digunakan melalui mulut.

Jangan memakaikan anak pakaian maupun selimut yang tebal, pakaikanlah pakaian yang tipis

Hal ini dilakukan untuk mencegah terjadinya overheating atau panas suhu yang berlebih. Dengan pakaian yang tipis, bayi juga akan lebih bebas untuk bergerak serta dapat mengurangi risiko terjadinya kejang pada bayi.

Selalu rutin mengganti pakaian anak agar ia selalu merasa nyaman

Untuk membuat bayi merasa nyaman, sebaiknya kamu memberinya pakaian yang berbahan dasar katun yang dapat menyerap panas dan keringat pada bayi.

Kompres bayi dengan menggunakan air hangat dengan suhu yang berkisar antara 30 hingga 32 derajat celcius

Untuk mengompres bayi, jangan pernah menggunakan air dingin maupun alcohol karena hal tersebut dapat memicu terjadinya penyempitan pembuluh darah yang ada di bawah kulit bayi yang justru dapat mengakibatkan suhu panas yang ada di bagian dalam tubuh yang lebih dalam menjadi terperangkap. Selain itu, alcohol juga bisa membuat risiko keracunan semakin meningkat pada saat terserap oleh kulit bayi.

Terapi dekapan bunda

Terapi ini sangatlah efektif untuk memberikan rasa nyaman ketika bayi sedang terkena demam. Bayi akan lebih merasa ada yang melindunginya serta merasa aman saat berada dalam pelukan hangat ibunya.

Memberikan obat penurun panas

Pemberian obat penurun panas pada bayi dapat membantu meringankan demam yang sedang dialaminya. Kamu bisa memberinya paracetamol, acethaminophen, maupun ibuprofen. Untuk bayi yang masih berusia 3 bulan, sebaiknya kamu berkonsultasi kepada dokter sebelum memberikan obat tersebut. Jangan jadikan cara ini menjadi cara yang utama dalam mengatasi demam pada bayi. Sebaiknya gunakan cara ini sebagai pilihan terakhir untuk dilakukan jika suhu badan bayi tidak menurun setelah berbagai macam cara yang telah kamu jalankan.

Bawalah bayi kamu ke dokter jika:

  • Bayi yang berusia di bawah 4 bulan memiliki suhu tubuh 38 derajat celcius.
  • Bayi yang berusia antar 3 hingga 6 bulan bersuhu tubuh di atas 39 derajat celcius.
  • Demam yang telah berlangsung selama lebih dari 3 hari
  • Bayi yang menolak untuk minum (ASI)
  • Bayi menangis terus menerus
  • Tidur terus menerus, badannya terlihat lemas.

Tips memberikan obat bagi bayi:

  • Sebelum memberikan obat pada bayi, bacalah terlebih dahulu aturan pakai pada label yang tertera pada kemasan obat.
  • Pastikan untuk memberikan obat-obatan pada bayi dengan dosis yang tepat.
  • Jika mendapati bayi sedang terserang demam, langkah awal sebagai orang tua adalah tetap berfikir tenang dan jangan terlalu panik, cari tahu penyebabnya, dan segeralah menghubungi dokter jika demamnya berlanjut parah.

itulah beberapa cara yang bisa kamu lakukan jika bayi kamu sedang demam. semoga bermanfaat. (elevenia)

Jangan Lupa Share ya

Leave a Reply