Gadget /Komputer

Cara Mengatasi Laptop Lemot

Jangan Lupa Share ya

Siapa yang tidak kesal saat perangkat kesayangan kita, laptop semisalnya, lagi ngambek alias lemot saat lagi genting-gentingnya kita butuhkan untuk bekerja. Marah tentu saja. Bawa ke konter laptop yang ada kita akan menghabiskan banyak biaya termasuk waktu dan tenaga. Apalagi kita diharuskan menunggu karena mengantri diperbaiki sebagaimana dengan lainnya.

Lalu pertanyaannya bagaimana cara kita mengatasi laptop lemot yang mudah dan tentu efisien? Pemaparan kali ini kiranya akan sangat membantu. Sebelum menginjak pembahasan inti, ada baiknya kita kenali dulu berbagai faktor yang dapat menyebabkan laptop menjadi lambat atau lemot.

Penyebab Kinerja Laptop Menurun dan Cara Mengatasinya


Merawat laptop dapat dikatakan susah-susah gampang. Tak jarang jika kita salah merawat yang ada laptop kita akan menurun kinerjanya. Pada dasarnya kinerja laptop sendiri terbagi dalam 2 segi penyebabnya yaitu perangkat lunak (software) dan perangkat kerasnya (hardware).

Dua segi penyebab ini, umumnya saling terkait dan berhubungan erat. Kita tidak bisa hanya dengan mengindahkan dari salah satu seginya. Keduanya harus beriringan bersama sehingga dalam pengoptimalisasinya pun juga harus sama. Kemudian apa sih penyebabnya kemudian bagaimana cara mengatasi laptop lemot? Nah, berikut jawabannya:

Dari Segi Software


Pada dasarnya software atau perangkat lunak merupakan data yang berbasis digital, program atau juga berupa sistem operasi. Software pun sangat berpengaruh pada kinerja perangkat baik itu laptop maupun komputer. Maka dari itu software juga sangat membutuhkan perawatan agar kinerja laptop tetap stabil dan normal. Berikut penyebab laptop lemot dari segi software:

  • Disebabkan oleh virus

Virus sendiri bisa saja merusak file system perangkat yang umumnya dapat menurunkan kinerja windows maupun linux pada komputer. Tak jarang laptop akan error dan berhenti beroperasi. Ketika laptop terserang virus pula akan memakan banyak ruang RAM itulah mengapa laptop menjadi lemot.

Sedangkan penanganannya mudah adalah dengan menggunakan scan dari antivirus yang tersedia di laptop kamu. Tipsnya, cukup gunakan satu aplikasi antivirus saja untuk perangkat Anda. Sebab jika terlalu banyak akan berisiko laptop tambah lemot.

  • Disebabkan oleh tampilan berlebih atau widget

Pada perangkat windows umumnya menggunakan efek aero atau smooth effect yang akan membuat tampilan lebih indah. Kendati demikian fitur ini akan membuat laptop kamu lemot karena membutuhkan spesifikasi perangkat yang cukup berat. Untuk menanganinya kamu bisa mengaturnya dengan mengubahnya menjadi tema klasik yang tersedia di setting personalize.

  • Terlalu banyak aplikasi

Nah, penyebab berikutnya adalah laptop kamu yang kebanyakan aplikasinya. Makanya untuk mengurangi lemot pada laptop kamu, kurangi penggunaan atau penginstalan aplikasi yang tidak terlalu penting. Uninstal beberapa aplikasi yang kiranya kurang perlu dipakai di laptop kamu.

  • Terlalu banyak junk file dan history

Penyebab berikutnya mengapa laptop mudah lemot adalah banyaknya junk file dan history. Junk file sendiri merupakan file bekas atau sampah dari sistem atau aplikasi yang beroperasi. Nah, untuk mengatasinya kamu bisa menggunakan aplikasi Ccleaner atau aplikasi sejenisnya.

  • Kerusakan pada sistem Windows

Kerusakan yang paling umum terjadi yang menyebabkan kinerja laptop menurun dan lemot adalah terjadinya eror atau system wrong pada Windows. Apabila Windows telah menunjukkan gejala kerusakan atau bahkan sudah rusak parah, segera bawa laptop kamu untuk install ulang. Penyebab utama kerusakan pada windows biasanya adalah adanya file yang terhapus atau corrupt.

Dari Segi Hardware


Berikutnya dari segi hardware atau perangkat keras komputer atau laptop yang terdiri dari berbagai komponen yang meliputinya. Meliputi RAM, processor, harddisk dan sebagainya. Selain software, hardware merupakan salah satu paling penting untuk menjaga performa baik laptop. Nah, berikut penyebab serta cara mengatasi laptop lemot dari segi hardware:

  • Sedikitnya ruang hard disk

Ruang hard disk yang sedikit sangat mempengaruhi performa dan kinerja laptop maka dari itu penting untuk menyisakan ruang yang cukup untuk setiap drive, terkhusus di bagian C. Usahakan jangan banyak data di drive C, pisahkan data pribadi dengan system guna meminimalisir lemot pada laptop.

  • Kecilnya RAM

Lakukan juga upgrade kapasitas RAM yang telah disesuaikan dengan Windows yang dipakai.

  • Lakukan perawatan hardware yang tepat

Perawatan ini meliputi untuk selalu membersihkan hardware laptop, baik itu dari debu maupun kotoran, terutama yang dapat menghambat sirkulasi udara di bagian kipas. Karena jika mengalami panas, kinerja laptop akan menurun.

Demikian itu tips jitu mengatasi lemot pada laptop. Adakalanya Kamu juga perlu memperhatikan perawatan laptop mu untuk tetap menjaga performa dan kinerjanya saat dioperasikan.

Semoga bermanfaat!

Baca Juga! 7 Cara Mengatasi Laptop Tidak Bisa Shutdown

 

Jangan Lupa Share ya

Putri

SEO Content
"Wherever life plants you, bloom with grace."
Putri

Leave a Reply