Babies /Kids

Cara Mengatasi Kulit Kepala Bayi Kering dan Mengelupas

Jangan Lupa Share ya

Salah satu masalah yang sering dijumpai pada bayi adalah cradle cap. Apa itu cradle cap ? cradle cap adalah kerak pada kulit bayi ( kulit kepala kering dan mengelupas). Secara medis hal ini dikenal dengan nama dermatitis seboroik infantile. Permasalahan ini bukanlah yang serius. Hal ini merupakan suatu bentuk masalah yang umum terjadi, biasanya terjadinya kerak pada kulit bayi ini diawali dengan adanya sisik pada kulit kepala bayi sehingga ketika ketika dipegang terasa kasar. Keadaan ini umumnya pada anak – anak bayi hingga usia 3 tahun.

Gejala terjafinya kulit kepala kering pada bayi

Awal gejala yang terjadi pada kepala bayi ini adalah berupa adanya tampalan minyak pada kulit, sisik berwarna kuning dan putih, berkerak tebal, kulit menjadi merah, kulit iritasi dan rambut rontok. Bagi para ibu muda, atau Anda yang masih baru saja menjadi ibu dan masih minim pengetahuan mengenai permasalahan bayi, perlu Anda ketahui bahwa terjadinya kerak pada bayi ini tidak mengindikasikan pada suatu penyakit tertentu dan bukan pula menunjukkan bahwa bayi tidak terurus.

Secara pasti awal mula yang menyebabkan kerak kulit bayi ini masih belum jelas penyebabnya, dan belum pasti sehingga tidak ada yang benar – benar tahu apa sebenarnya yang menjadikan kulit bayi menjadi kasar dan berkerak. Pada beberapa penelitian percaya bahwa hormone sang ibu bisa mempengaruhi kondisi bayi termasuk kerak yang terjadi pada kepalanya, vitamin berupa antibiotic yang dikonsumsi oleh sang ibu pada saat hamil, rangsangan kelenjar mnyak yang berlebih, cuaca yang berubah – ubah, kurangnya pembersihan kulit kepala pada bayi, alergi pada makanan atau bahkan adanya permasalahan pada pencernaan yakni adanya jamur di sana.

Pengelupasan kulit akan merambat ke bagian lain

Pengelupasan kulit kering pada bayi ini buka hanya di kepala saja, biasanya juga merambat hingga alis, lipatan hidung, dibelakang leher, kelopak mata, di sekitar ketiak da juga area yang terkena popok. Apabila ibu melihat hal ini merambat hingga bagian – bagian lain selain kepala, maka secepatnya harus berkonsulyasi pada dokter agar lekas ditangani dan diberikan obat.

Kulit kering dikepala hingga mengelupas ini tentunya tidak enak untuk dipandang, namun tak perlu berlebihan ketika cemas, karena hal ini merupakan suatu masalah yang sementara dan tidak berbahaya. Pada umumnya, kerak atau kulit kering yang mengelupas ini bisa sembuh dengan sendirinya dalam jangka waktu hitungan minggu atau bulan. Namun kebanyakan para orang tua ini merasa kesulitan untuk menyembuhkan permasalahan yang terjadi pada bayinya.

Cara Mengatasi Kulit Kepala Bayi Kering Dan Mengelupas

Bagi Anda yang menemui masalah kulit kering pada kepala bayi dan mengelupas, Anda haruslah menyimak penjelasan mengenai Cara Mengatasi Kulit Kepala Bayi Kering Dan Mengelupas berikut ini.

  • Lakukan pencucian kepala dengan rambut setiap hari. Pastikan Anda menggunakan sampo bayi dan air hangat untuk membantu pelepasan serpihan kerak tanpa membuat kulit kepala bayi merasa teriritasi. Lakukanlah setiap hari selama satu minggu, kemudian dua hari sekali untuk minggu selanjutnya.
  • Gunakanlah minyak zaitun, minyak zaitun dari dulu memanglah sangat bagus untuk kulit. Minyak zaitun ini mengandung sifat yang melembabkan sehingga membantu menjadikan kulit lebih lembut dan membuat kulit yang bersisik pada bayi mudah terkelupas.
  • Selain minyak zaitun, ada juga salah satu jenis minyak yang kaya akan manfaatnya untuk kesehatan kulit yakni minyak kelapa. Minyak kelapa bukan hanya melembabkan juga memiliki sifat anti jamur dan anti bakteri yang mampu mencegah terjadinya infeksi.
  • Gunakanlah petroleum jelly. Apa itu petroleum jelly? petroleum jelly adalah sebuah produk minyak mentah yang bisa membantu pengelupasan kulit kering pada bayi.

ASI untuk Mengatasi Kulit Kepala Bayi Kering Dan Mengelupas

Cara Mengatasi Kulit Kepala Bayi Kering Dan Mengelupas yang paling sederhana adalah denga menggunakan Air Susu Ibu, cara ini adalah suatu langkah pengobatan yang paling sederhana dan paling murah. Namun sayangnya tidak semua orang ASInya bisa keluar. Jadi beruntunglah Anda jika ASI Anda keluar dengan lancar sehingga dapat menjadi salah satu cara untuk Mengatasi Kulit Kepala Bayi Kering Dan Mengelupas. ASI atau Air susu ibu ini ternyata mengandung sifat yang mampu mengobati pada bayi.

Nah, itulah beberapa penjelasan mengenai Cara Mengatasi Kulit Kepala Bayi Kering Dan Mengelupas. Bagi Anda yang menemukan permasalahan ini pada bayi Anda, jangan terlalu cemas, segera lakukan langkah – langkah sederhana diatas. Semoga bermanfaat.

Jangan Lupa Share ya

Leave a Reply