Elektronik

Cara Mengatasi Device and Printer Loading Lama dan Masalah Printer Lainnya!

Printer sangat membantu dalam kegiatan sehari-hari, terutama bagi mereka yang bergulat dengan komputer tiap harinya. Siswa, mahasiswa, dan pekerja kantoran pasti sangat setuju jika sesuatu terjadi pada printer akan menghambat aktivitas mereka, terutama saat printer tersebut benar-benar tengah dibutuhkan untuk mencetak dokumen penting. Rasa kesal mungkin akan timbul dalam diri kamu saat itu terjadi.

Salah satu yang paling banyak dikeluhkan para pengguna printer adalah devices and printers yang loading terlalu lama, seolah-olah komputer atau laptop mengalami blank. Padahal tidak, justru hal ini terjadi karena penyebab lain. Biasanya hal ini terjadi karena Bluetooth support service yang terdapat di services windows kamu berhenti, untuk itulah kamu perlu mengakatifkannya kembali dengan cara sebagai berikut:

Cara Mengatasi Device and Printer Loading Lama

  • Langkah pertama, buka “Service Windows”, caranya dengan tekan “Windows+R”. Setelah muncul tampilan baru, klik “services.msc” tapnap tanda petik. Selanjutnya klik “OK”.
  • Setelah itu akan muncul tampilan services. Nah, langkah selanjutnya cari tulisan “Bluetooth Support Service”.
  • Bila saat kamu melihat statusnya “Stop”, maka kamu harus harus mengelik tulisan “Start”.
  • Hingga akhirnya Bluetooth service berhasil dihidupkan kembali.
  • Setelah semuanya selesai, tutup semua jedela servicenya dan silahkan coba buka “Devices and Printers”, dijamin langsung lancar.

Selain masalah di atas, terkadang juga printer tidak menghasilkan cetakan yang baik. Salah satunya adalah dengan munculnya print bergaris. Garis-garis pada hasil cetakan tentu sangat mengganggu dan membuat hasil cetakan jadi kurang rapi, untuk itu kamu harus mengatasinya dengan cara di bawah ini:

Cara Menghilangkan Cetakan Bergaris

Bersihkan Area Encouder

Encouder sendiri memiliki bentuk seperti mika panjang yang membentang di bekakang catridge. Encouder ini memiliki fungsi sebagai sensor. Apabila encourder ini tidak bersih alias kotor, maka akan mempengaruhi hasil cetakannya, di antaranya tentu saja hasil cetakan jadi bergaris. Cara membersihkannya adalah dengan tissue secara perlahan, atau bila kamu memiliki kapasitas untuk membuka encouder, kamu bisa merendamnya di dalam air hangat beberapa saat sampai semua kotoran yang menempel lebih mudah dibersihkan.

Rendam Cartridge di Air Hangat Atau Air Alkohol

Hal ini bisa kamu lakukan apabila tinta pada cartridge menggumpal. Cartridge yang menggumpal merupakan akibat dari printel yang sudah lama tidak digunakan. Oleh karena itu, teknisi umumnya menganjurkan printer agar digunakan tiap hari. Caranya adalah dengan mencabut cartridge, kemudian merendam bagian head-nya menggunakan air hangat. Jangan sampai kamu merendam keseluruhan cartridgenya, cukup bagian headnya saja.

Kuras Tinta dari Cartridge

Cara ini merupakan tindak lanjut dari cara yang kedua, agar hasilnya lebih optimal. Kamu bisa menyedot atau menguras tinta yang ada di dalam cartridge sampai habis. Kamu bisa menyedotnya dengan suntikan yang biasanya digunakan untuk mengisi tinta.

Tinta Harus Mengalir Dengan Baik Dari Botol Infus ke Cartridge

Ketidaksesuaian hasil cetak akan terjadi apabila tinta tidak mengalir dengan baik dari botol infus ke cartridge. Hal ini terjadi karena pasokan tinta yang ada pada cartridge tidaklah maksimal. Bila kamu mendapati aliran tidak lancar, kamu bisa mencabut ujung selang yang menancap di cartridge kemudian sedot secara perlahan dengan suntikan yang sudah dimodifikasi hingga tidak dapat mencapai ujung selang, kemudian masukkan ke lubang cartridge.

Bersihkan Head (Head Cleaing)

Head cleaning adalah bagian dari perangkat lunak printer management. Cara membersihkannya, kamu bisa menjalankan fitur Head Cleaning, sampai selesai. Kemudian, ulangi minimal tiga kali. Fitur ini dapat membersihkan head dari cartridge dan juga dapat melancarkan aliran tinta yang ada dalam cartridge.

Tingkatkan Kualitas Cetak

Hampir semua printer telah dilengkapi dengan fitur yang memungkinkan pengguna untuk mengatur kualitas cetak di mulai dari kualitas rendah, kualitas normal sampai kualitas cetak terbaik. Nah, untuk mengatasi garis-garis tersebut kamu bisa meningkatkan kualitas cetaknya. Namun kamu tentu harus siap konsekuensinya, karena waktu cetak yang lebih lama.

Ganti Cartridge

Apabila semua cara di atas sudah dicoba namun hasilnya tidak memuaskan, maka kamu disarankan untuk mengganti cartridge dengan yang baru. Sebenarnya mengganti cartridge sendiri adalah hal yang wajar untuk beberapa merk printer.

Klaim Garansi Apabila Memungkinkan

Tiap perangkat elektronik yang dibeli dengan status masih baru alias bukan bekas, umumnya memiliki layanan garansi. Garansi ini biasanya berlaku selama satu tahun. Dengan memanfaatkan layanan garansi ini umumnya membebaskan pengguna dari biaya service.

Itulah sejumlah masalah yang seringkali terjadi pada printer. Saat terjadi dua masalah di atas, kamu bisa mencobanya. Semoga dengan cara-cara di atas, masalah kamu bisa teratasi dengan baik. Semoga bermanfaat. (elevenia)

Leave a Reply