Hobby

Cara Menangkap Kepiting dengan Langkah Paling Tepat

Jangan Lupa Share ya

Cara Menangkap Kepiting dengan Langkah Paling Tepat

Menangkap kepiting dengan tangan kosong memang cukup sulit, karena kepiting memiliki tangan yang bisa melukai siapa saja. Namun bukan berarti kepiting tidak bisa ditangkap dengan mudah. Sebenarnya ada beberapa cara yang bisa kamu lakukan untuk menangkap kepiting dengan mudah. Seperti halnya menangkap kepiting menggunakan pancingan, menggunakan perangkap kepiting dan lain sebagainya. Nah, berikut ini ulasan lengkapnya.

Menangkap Kepiting dengan Crab Pot


Agar menangkap kepiting lebih aman, sangat disarankan untuk menggunakan report atau perangkap kepiting. Dengan cara ini kamu akan lebih mudah dalam menangkap kepiting. Langsung saja berikut ini langkah-langkah menangkap kepiting menggunakan report:

  • Pertama yang harus kamu siapkan yaitu peralatan menangkap seperti jaring, sarung tangan tebal, repot tongkat penarik dan wadah penyimpanan untuk kepiting yang sudah ditangkap.
  • Selanjutnya siapkan umpan yang tepat seperti leher ayam, belut, bibir sapi ikan kecil, ikan beku dan lain sebagainya.
  • Agar bisa mendapatkan kepiting lebih banyak, disarankan untuk mencari lokasi yang memang menjadi area perkumpulan kepiting, karena tidak semua tempat terdapat kepitingnya. Lokasi yang paling tepat untuk menangkap kepiting yaitu di laut. Terutama di perairan yang sering mengalami pasang dan surut, sperti teluk, jeruk dan rawa-rawa air asin. Selain itu, kepiting ini juga biasanya muncul di dermaga atau disekitar bangunan-bangunan bawah air.
  • Setelah menemukan tempat yang tepat, pasang ke report pada kedalaman 6,1 sampai 45,7 meter di bawah permukaan laut. Agar perangkat tidak mengambang keluar dari air saat arusnya surut, pasang perangkap di bawah garis arus yang terendah.
  • Agar kepiting masuk perangkap, biarkan perangkat tersebut semalaman. Agar lebih mudah untuk menemukan perangkat, sebaiknya tandai perangkat tersebut. Hal ini juga untuk mengantisipasi kapal menabraknya.
  • Agar perangkap kepiting yang kamu pasang tetap bertahan di lokasi yang sama, gunakan jangkar. Untuk memasang jangkar ini letakkan di bawah pelampung yang berjarak 0,6 sampai 0,9 meter. Hal ini bertujuan agar garis perangkap tetap terendam, sehingga perangkat tidak akan terpotong oleh mesin kapal yang lewat. Jangkar yang bisa kamu gunakan seperti batu atau bata yang mudah ditemukan.
  • Setelah perangkat kamu biarkan semalaman, kamu bisa mengeceknya apakah ada kepiting yang masuk perangkap. Jika memang ada, keluarkan kepiting secara hati-hati agar kepiting tidak kabur. Setelah perangkap keluar dari air, pegang kepiting pada kaki belakangnya. Agar kamu tidak tercapit, lalu letakkan kepiting di dalam wadah yang sudah disiapkan.

Menggunakan Trotline


Selain menggunakan report untuk nenangkap kepiting, kamu juga bisa menggunakan Trotline. Namun perlu kamu ketahui penggunaan trotline ini membutuhkan usaha dan waktu serta ketahui kapan dan di mana harus menggunakannya. Namun sekali menggunakan Trotline ini, hasil tangkapan akan semakin banyak. Cara ini terbilang mudah, karena ini hanyalah sebuah benang pancing yang ditautkan pada pelampung.

Untuk menangkap kepiting dengan cara ini waktu yang tepat yaitu di pagi hari setelah malam yang panas. Karena dengan kondisi inilah kepiting senang berlarian. Sedangkan untuk lokasi yang tepat memasang trotline yaitu di garis pantai yang dipasang secara paralel.

Peralatan yang dibutuhkan untuk menangkap ikan dengan trotline yaitu 2 pelampung, 5 benang pancing, jangkar dan jaring. Adapun berikut ini langkah-langkahnya:

  • Langkah pertama, pasangkan benang pancing ke tongkat penarik. Selain itu siapkan juga kain untuk menarik benang dari dasar perairan. Lalu pasangkan umpan ke benang utamanya dengan bantuan jaring rambut.
  • Siapkan tali dengan panjang 6 m, lalu pasangkan tali tersebut pada jangkar. Untuk sisi tali lainnya, pasangkan ke pelampung. Pilihlah umpan belut asin, karena kepiting mudah tertarik.
  • Setelah itu jatuhkan benang, tunggu hingga benang waktunya ditarik karena kepiting sudah tertangkap.

Menggunakan Pancingan Tangan


Cara lain yang bisa kamu gunakan untuk menangkap kepiting dengan mudah yaitu menggunakan pancingan tangan. Cara ini lebih mudah jika dibandingkan dengan kedua cara sebelumnya. Karena bahan yang dibutuhkan sangat sederhana seperti jaring, umpan dan benang pancing yang panjang. Umpan yang harus disiapkan yaitu leher ayam, belut dan ikan. Untuk lebih jelasnya berikut ini langkah-langkah nenangkap kepiting menggunakan pancingan tangan:

  • Langkah pertama ikat pancingannya, lalu jatuhkan ke dalam air. Jika pancingan yang kamu masukkan tersebut bergerak-gerak, kamu bisa menariknya. Itu tandanya kepiting sudah tersangkut umpan.
  • Untuk menarik pancingan ini, lakukan secara perlahan. Agar kepiting tidak terlepas saat kepiting sudah mendekati permukaan air, ambil menggunakan jaring agar aman.
  • Setelah itu masukkan kepiting ke dalam wadah yang sudah disiapkan. Hindari memegang kepiting dengan tangan telanjang, untuk menghindari capitan kepiting.

Itulah cara menangkap kepiting dengan langkah yang paling tepat. Cara yang paling mudah untuk menangkap kepiting yaitu menggunakan pancingan tangan. Selain bahan dan peralatan yang mudah di dapatkan, juga sangat mudah untuk mendapatkan kepiting.

BACA  JUGA! 5 MERK JORAN PANCING MURAH DAN KUAT

Jangan Lupa Share ya

Putri

SEO Content
"Wherever life plants you, bloom with grace."
Putri

Leave a Reply