Fashion

Cara Memutihkan Sepatu Dari Bahan Kanvas

Cara-Memutihkan-Sepatu[1]

Jangan Lupa Share ya

Sepatu putih merupakan salah satu yang menjadi produk alas kaki dengan peminat cukup banyak. Hal ini dikarenakan warna netral yang cocok digunakan pada berbagai macam style. Selain itu sepatu putih juga memberikan kesan yang lembut, anggun, serta lebih muda bagi penggunanya. Namun  jenis sepatu ini tentu memiliki resiko mudah kotor.

Tidak hanya itu saja, sepatu putih yang digunakan dengan cukup lama juga akan berubah warna menjadi kuning. Terlebih jika sepatu yang digunakan berbahan dasar kanvas. Jika kotor saja mungkin akan mudah dibersihkan dengan mencucinya. Akan tetapi berbeda lagi jika masalah yang dihadapi adalah munculnya warna kekuningan pada sepatu putih.

Cara-Memutihkan-Sepatu-Dari-Bahan-Kanvas[1]Sebagian orang mungkin tidak akan menggunakan sepatu dengan kondisi tersebut. Perlu diketahui bahwa terdapat cara yang dilakukan di rumah mengenai cara memutihkan sepatu berbahan kanvas. Selain mudah, cara tersebut juga membutuhkan bahan-bahan yang mudah ditemukan disekitar kamu.

Menggunakan Pasta Gigi dan Tisu Toilet

Cara pertama untuk memutihkan kembali sepatu berbahan kanvas adalah dengan bahan pembersih gigi. Pasta gigi tentu sudah sering kamu temui dan bahkan pada setiap harinya. Jika sepatu putih kamu mulai terlihat menguning kamu dapat menggunakan pasta gigi kamu untuk memutihkannya kembali.

Baca juga: Cara Merawat Sepatu Kulit Agar Tetap Awet

Akan tetapi kamu juga membutuhkan bahan pendukung lainnya dalam hal ini. Adapun bahan pendukung tersebut yaitu terdiri dari air, sikat gigi, dan juga tisu toilet. Cara memutihkannya dapat kamu lakukan dengan langkah-langkah di bawah ini.

  1. Pertama, basahi sepatu kamu dengan air bersih.
  2. Lalu lanjutkan dengan menuangkan pasta gigi secukupnya pada kain sepatu.
  3. Kemudian sikatlah sepatu kamu secara lembut dan merata pada seluruh bagian sepatu. Kamu mungkin dapat mengabaikan bagian alasnya dan pastikan untuk menyikatnya secara bersih dan tidak terlalu keras.
  4. Setelah bersih, bilas sepatu kamu menggunakan air bersih dan pastikan hingga pasta gigi beserta busanya benar-benar hilang.
  5. Pada kondisi ini kamu masih belum melihat sepatu kamu berwarna putih. Kamu tidak perlu khawatir karena peran memutihkan sepatu ada pada langkah selanjutnya.
  6. Jangan langsung menjemur sepatu berada di bawah terik matahari. Justru hal inilah yang menjadi penyebab dari menguningnya warna sepatu putih kamu.
  7. Langkah yang harus kamu lakukan setelah mencucinya dengan pasta gigi adalah dengan membungkusnya terlebih dahulu menggunakan tisu toilet.
  8. Pastikan untuk dapat membungkus seluruh permukaan sepatu kemudian kamu dapat menjemurnya di bawah terik matahari. Jemur ditempat-tempat berkanopi seperti teras atau belakang rumah.
  9. Tunggu hingga kering dan buka pembungkus tisunya maka kamu akan dapat melihat hasil yang diinginkan.

Menggunakan Baking Soda

Bahan lain yang dapat digunakan untuk memutihkan sepatu putih berbahan kanvas adalah dengan baking soda. Cara ini tentu juga membutuhkan bahan pendukung lainnya yaitu terdiri dari detergen, air bersih, sikat gigi, dan bedak bayi. Cara memutihkan sepatu dalam hal ini dapat dilakukan dengan mengikuti langkah-langkah di bawah ini.

  1. Langkah pertama adalah mencampurkan bahan dengan perbandingan sebesar 1 untuk soda kue dan 1,5 untuk deterjen. Tambahkan air secukupnya.
  2. Kemudian rendam sepatu putih kamu lalu gosok dengan sikat gigi.
  3. Setelah itu biarkan atau rendam kembali sebentar.
  4. Selanjutnya bilas hingga bersih dan jika sudah tidak ada busa maka keringkan dibawah terik matahari.
  5. Jika sudah kering lalu balurkan dengan menggunakan bedak bayi hingga merata. Kamu dapat melihat hasilnya dimana sepatu akan terlihat putih kembali.

Menggunakan Pemutih

Cara selanjutnya adalah menggunakan bahan pemutih yang sudah jelas fungsinya. Namun bahan ini dapat dikategorikan sebagai bahan berbahaya. Oleh karena itu kamu harus berhati-hati dalam menggunakannya dengan memastikan untuk tidak menghirup terlalu banyak atau mengenai kulit.

Dalam hal ini kamu dapat menggunakan pemutih berbagai merk, air bersih, dan juga pasta gigi. Adapun cara yang dapat kamu cukup simpel yaitu dengan melakukan langkah-langkah di bawah ini.

  1. Langkah awal adalah dengan mencampurkan perbandingan antara pemutih dan air sebesar 1 : 5.
  2. Selanjutnya oles serta gosokkan campuran tersebut secara merata pada seluruh permukaan sepatu.
  3. Jika dirasa sudah bersih secara menyeluruh maka bilas menggunakan air bersih.
  4. Setelah itu kamu dapat menjemurnya di bawah terik matahari dan menunggunya hingga kering.

Nah, itulah beberapa cara memutihkan sepatu berbahan kanvas yang dapat kamu lakukan di rumah. Kamu dapat memilih salah satu dari cara diatas yang menurut kamu paling efektif.

Jangan Lupa Share ya

Leave a Reply