Hobby

Cara Memilih Gitar yang Bagus untuk Pemula

Cara Memilih Gitar Yang Bagus Untuk Pemula

Jangan Lupa Share ya

Cara Memilih Gitar Yang Bagus Untuk Pemula

Tak bisa dipungkiri jika saat berkumpul dengan teman, saat yang paling seru dan menyenangkan ialah sesi music dan bernyanyi bersama dengan menggunakan gitar. Untuk kamu yang merupakan seorang pemula pastinya sempat merasa kebingungan ketika memilih gitar yang terbaik. Terlebih lagi jika kamu memiliki niat serius untuk belajar bermain gitar tentunya membutuhkan kita sendiri agar terus mengasah kemampuan.

Nah, pemilihan dari gitar akustik adalah benar bagi kamu yang masih dalam tahap belajar. Selain harga yang cenderung lebih murah perawatan dari gitar akustik sendiri memang jauh lebih mudah. untuk kamu yang tertarik membeli sebuah gitar maka kamu bisa mengikuti cara memilih gitar yang bagus di bawah ini:

Pemilihan Pada Bentuk Dan Juga Desain Dari Gitar


Untuk cara yang pertama pada saat kamu ingin membeli sebuah gitar kamu perlu melihat terlebih dahulu dari segi bentuk dan juga desain nya. Sebab tak bisa di pungkiri, jika bentuk serta desain dari sebuah gitar rupanya juga memberikan pengaruh dari kualitas suaranya. Agar dapat mengukur bentuk serta desain yang bagus kamu pun perlu mencoba memegang serta merasakan body dari gitar tersebut.

Dengan begitu kamu pun bisa mengetahui apakah gitar tersebut telah sesuai dengan fisik yang kamu inginkan atau belum. Contohnya saja jika badan kamu cenderung kecil maka jangan sampai kamu memilih gitar dengan ukuran yang jumbo dan begitu pula sebaliknya.

Untuk mengetahui seperti apa desain yang bagus, ialah dengan melihat seberapa banyak fret pada neck gitar. Maka dari itu, sangat disarankan jika kamu harus memilih gitar yang mempunyai jumlah fret banyak. Dengan begitu kamu pun bisa mencoba belajar dengan beberapa melodi karena adanya fret yang banyak.

Tidak boleh kamu lupakan dari sisi kualitas kayu yang dipakai menjadi bahan kita tersebut. Biasanya gitar yang mempunyai kualitas kayu yang bagus itu cenderung lebih berat dan kamu pun perlu memeriksa secara keseluruhan dari gitar sehingga tidak ada cacat pada body gitar disebut. Karena jika saja terdapat cacat maka kamu pun akan sangat dirugikan.

Menjajal Suara Yang Dihasilkan Ketika Memilih Gitar


Cara memilih gitar yang bagus yang kedua ialah dengan mencoba suara dari gitar tersebut, kamu bisa mengeceknya dengan cara dipetik ataupun di genjreng. Memang betul jika pengecekan dari suara yang dihasilkan menjadi poin penting yang wajib untuk diperhatikan sehingga kamu pun bisa memiliki gitar dengan suara yang berkualitas. Apalagi setiap gitar tentunya memiliki karakter suara yang berbeda-beda dan kamu pun harus mampu menyesuaikan dengan keinginan.

Untuk itulah kamu bisa memetik senar gitar ketika memilih gitar sehingga kamu pun bisa meneliti apakah suara yang dihasilkan dari gitar tersebut cocok denganmu. Untuk melakukan pengecekan dari suara sendiri kamu juga harus petik setiap senar dari ujung ke ujung, hal ini dilaksanakan guna untuk mengantisipasi apakah terdapat fret yang buzzing atau tidak. Dikarenakan yang buzzing tentunya akan menjadikan ada yang keluar tidak sempurna, untuk itu kamu juga bisa menggunakan teknik bending agar bisa menentukan gitar yang berkualitas tinggi.

Melakukan Survei Terlebih Dahulu Mengenai Harga Gitar


Untuk trik yang terakhir kamu pun perlu melakukan survei dari harga gitar dengan cara melakukan survei dari toko satu ke toko lain. Dengan cara ini kamu pun bisa dengan mudah melakukan perbandingan harga dan mengetahui berapa selisih dari beberapa tokoh tersebut.

Jangan sampai kamu tergesa-gesa ketika membeli gitar, dan kamu pun juga dapat mengecek harga dari gitar di beberapa forum atau situs online yang khusus untuk menjual alat musik. Namun jika datang ke toko langsung akan jauh lebih baik karena kamu bisa mengecek gitar secara langsung dan mengetahui harga harganya.

Baca juga: Rekomendasi Merk Gitar Akustik Terbaik Harga Dibawah 2 Juta

Selain itu perlu untuk kamu ketahui jika terdapat gitar dengan harga yang mahal maka belum tentu kita tersebut mempunyai kualitas yang bagus. Tak bisa di pungkiri jika jaminan dari kualitas ialah terdapat pada harga yang ditawarkan, namun kamu pun juga harus pandai dalam memilih sehingga bisa memperoleh gitar terbaik dengan harga yang terjangkau.

Nah, bagi kamu yang ingin mendapatkan gitar maka bisa menggunakan cara memilih gitar yang bagus untuk para pemula. Semoga saja dengan adanya informasi di atas bisa manfaat untuk kamu semua.

Jangan Lupa Share ya

William

Seorang penulis dan pemain kartu Tarot. Suka hilang di antara lamunan dan keanehan yang jamak.
William

Leave a Reply