Edukasi

Cara Membuat Ukuran Margin Skripsi 4 4 3 3

Jangan Lupa Share ya

Tak dapat dipungkiri pada saat ini banyak masyarakat yang menggunakan Microsoft word karena menjadi aplikasi yang sangat penting bahkan dibutuhkan oleh semua orang. Terlebih lagi untuk kamu yang sangat menyukai menulis software maka Microsoft word merupakan aplikasi yang sangat penting di dalam komputer.

Cara Membuat Ukuran Margin Skripsi 4 4 3 3Ketika kamu menggunakan Microsoft word pastinya tidak asing dengan istilah margin, dimana margin menjadi salah satu fitur dari Microsoft word yang wajib di mengerti oleh para pengguna Microsoft word.

Pengertian dari Margin di Microsoft Word


Margin merupakan jarak di antara tepi pengetikan dan tepi halaman kertas. Margin sendiri sangat penting untuk mengatur dokumen sehingga bisa dicetak sesuai dengan keinginan para pengguna. Dan yang perlu kamu tahu, rupanya margin ini memiliki beberapa fitur dalam pengaturannya. Apa saja? berikut ini penjelasannya.

  • Margin-top, yang mana Fitri ini digunakan untuk memberikan jarak pada kertas bagian atas.
  • Margin-bottom, dimana fitur dari margin ini akan memberikan jarak pada bagian kanan kertas.
  • Margin-left, yang mana fitur ini akan membantu kamu untuk memberikan jarak pada kertas di bagian kiri.
  • Margin gutter, dimana fitur yang satu ini akan membantu kamu untuk mengatur batas bagian kiri untuk benjolan atau lipatan dari kertas.
  • Margin gutter position, dimana fitur yang satu ini akan membantu kamu untuk menentukan letak dari penjilitan apakah di bagian kiri atau pada bagian atas.
  • Putrait, dimana fitur yang satu ini akan membantu kamu untuk mengatur posisi kertas agar memiliki posisi vertikal.
  • Fitur landscape yang akan membantu kamu untuk mengatur posisi kertas agar memiliki posisi horizontal.

Cara Mengatur Margin Skripsi


Umumnya pembuatan skripsi memiliki tata cara margin tersendiri dan yang pasti beda jika dibandingkan dengan membuat makalah biasa. Pengaturan margin yang ada di dalam skripsi tentunya memiliki tujuan agar bisa mengatur jarak tepi kertas dan peraturan tersebut harus disetting secara manual sebelum kamu menulis sebuah skripsi.

Sebetulnya hampir seluruh kampus yang ada di negara Indonesia memakai ukuran margin yang sama dan margin yang ditetapkan adalah 4 4 3 3.

Langkah pertama kamu harus membuka Microsoft word yang ada di pc yang kamu gunakan. Lalu bukalah menu bar page layout, disitu akan menampilkan menu margin yang mana kamu bisa memilih tulisan custom margin di bawah sendiri.

Langkah yang berikutnya setelah kamu memilih custom margin Akan terdapat tulisan top, left, bottom, dan juga right. Dan masing-masing pilihan tersebut akan terdapat kolom yang bisa kamu tulis secara manual mengenai jarak yang kamu inginkan. Apabila kamu sudah menuliskan jarak kertas yang ada di menu custom margin maka secara otomatis kertas pada word akan bergeser sesuai dengan peraturan yang telah kamu buat.

Margin Skripsi pada Microsoft Word 2007


Secara umum pengaturan dari margin sebuah makalah atau skripsi adalah 4 4 3 3, namun tak jarang pula terdapat kampus yang memiliki aturan sendiri dalam pembuatan margin. Untuk kamu yang menggunakan Microsoft word 2007 bisa mengatur margin dengan cara klik page layout terlebih dahulu. Langkah berikutnya kamu harus mengklik menu page set up. Apabila sudah maka akan muncul menu seperti top, bottom, left, dan right.

Pada bagian tersebut, kamu sudah bisa mengisi kolom dari ke empat fitur tersebut menjadi ukuran yang sesuai dengan keinginanmu. Tentu cara ini cukup mudah bukan?.

Pembuatan Margin Berbeda File dalam Dokumen yang Sama


Ketika pembuatan daftar isi dalam satu file yang sama akan memudahkan kamu. Namun perlu kamu ketahui biasanya ukuran margin pada daftar isi serta lembar berikutnya memang tidak sama. Sehingga kamu perlu mengaturnya. Lalu bagaimana cara pengaturannya?

  • Langkah awal yang kamu lakukan ialah dengan membuka Microsoft word terlebih dahulu. Lalu pilihlah menu page layout, kemudian pilih tulisan breaks dan yang terakhir klik tulisan next page.
  • Pada halaman yang berikutnya anda pun juga harus memilih kembali menu page layout, lalu pilih menu margin dan yang terakhir klik tulisan custom margin. apabila sudah maka kamu pun bisa memasukkan ukuran margin yang sesuai dengan keinginan.
  • Berikutnya pada Apply to kamu harus memilih pilihan this point forward lalu tekan ok. Lalu perhatikan halaman yang kamu atur dengan yang sebelumnya pasti mempunyai margin yang berbeda.

Nah, itulah sekilas info mengenai pembuatan margin pada Microsoft word dengan ukuran 4 4 3 3. Untuk kamu yang akan mengerjakan skripsi jangan sampai lupa untuk mengatur margin terlebih dahulu. Semoga dengan adanya ulasan di atas bisa berguna dan yang pasti bisa memberikan tambahan ilmu untuk kamu semua.

BACA JUGA! CARA MEMBUAT STRUKTUR MAKALAH YANG BENAR

Jangan Lupa Share ya

Putri

SEO Content
"Wherever life plants you, bloom with grace."
Putri

Leave a Reply