Sports /Hobi /Otomotif

Cara Membuat Tenda Pramuka

Jangan Lupa Share ya

Tenda merupakan perlengkapan yang wajib ada dan dibawa saat melakukan kegiatan penjelajahan atau pecinta alam. Para penjelajar harus memiliki pengetahuan dan mampu dalam mendirikan tenda. Meskipun nampak sepele, pendirian tenda matlah sulit bagi kamu yang belum memiliki pengetahuan tentang cara mendirikan tenda dan tidak pernah atau tidak terbiasa dalam mendirikan tenda.

Tenda merupakan tempat yang digunakan untuk berlindung pada saat kamu berada di alam bebas. Tenda terbuat dari lembaran-lembaran kain yang menempel pada kerangka atau tiang. Tenda sebagai tempat perlindungan, memiliki teknik pendirian yang harus diikuti. Apabila kamu mendirikan tenda sesuka hatimu, asalkan bisa berdiri, maka tenda tidak akan kuat dan kokoh.

Pada umunya tenda memiliki perlindungan. Pertama, dinding bagian dalam terbentuk dari breathable taua bahan yang bisa bernafas. Kedua,dinding bagian luar tebuat dari bahan anti air sehingga kamu tidak perlu takut, apabila sedang berada dalam tenda lalu tiba-tiba hujan deras.

Pembuatan Tenda Pramuka


Tenda pramuka, merupakan salah satu tenda yang pembuatannya terhitung rumit dan sulit. Bagi pemula-pemula yang ingin membuat tenda pramuka, harus banyak-banyak belajar dan berlatih. Pada pembuatan tenda pramuka, diperlukan bantuan dari beberapa orang. Tenda pramuka akan sangan sulit didirikan oleh hanya satu orang.

Sebelum pembuatan tenda, ada baiknya kamu dan teman-temanmu menyiapkan alat-alat yanag digunakan untuk mendirikan tenda. Peralatan yang dibutuhkan dalam membuat tenda yaitu,

  1. Tenda
  2. Pasak. Pasak tenda adalah jenis paku yang dibuat dari kayu, alumunium, besi atau bahan lainnya. pasak berfungsi untuk mengaitkan tali tenda atau tali pengekang.
  3. Tiang
  4. Tali
  5. Tongkat dan sebagainya.

Langkah Pertama

Taruhlah tenda atau bukalah tenda di atas tanah yang rata dengan posisi bagian dalam tenda berada pada bagian atas. Kemudian pasanglah tiang tenda baik pada bagian depan atau pun bagian belakang. Selanjutnya kamu bisa menancapkan kedua patok pada bagian garis tengah tenda. Kemudian tenda yang sudah dibuka, kamu lipat satu kali mengikuti garis tengah, sehingga bagian dalam tenda tertutupi oleh lipatan tersebut.

Langkah Kedua

Mintalah bantuan teman-temanmu dalam mendirikan tenda. Pada langkah ini, kerja sama tim sangat diperlukan. Butuh dua orang untuk mendirikan serta memgangi tiang tenda, sedangkan dua orang lainnya, menarik tali tenda dengan kuat.

Langkah Ketiga

kedua orang yang memiliki tugas menarik tali tenda, selanjutnya mengikatkan dengan kuat pada patok tenda. Teknik pengikatan tali ke patok bisa lebih mudah dengan cara,

pertama tali yang diikat adalah tali bagian sudut-sudut tenda, yaitu sudut kan dan sudut kiri tenda.  Hal tersebut, bertujuan agar tenda memiliki keseimbangan dan lebih mudah saat didirikan. Kedua, apabila pada bagian sudut tenda, sudah terikat dengan kuat dan rapi, selanjutnya tali yang diikat adalah tali pada bagian pintu atau bagian depan tenda.

Langkah Keempat

Kemudian, tali-tali yang berada pada dinding tenda, ditarik dan diikatkan dengan kuat dan diikatkan pada patok tenda ynag telah disiapkan. Tali haruslah ditarik dengan kuat agar tenda bisa berdiri kokoh dan rapi. Namun, pada saat menarik tali juga harus hati-hati, ditakutkan tenda robek sehingga tidak bisa digunakan.

Pemasangan Patok Tenda yang Benar


  1. Patok ditancapkan pada permukaan tanah dengan posisi miring 30 sampai 45 derajat. Posisi miring tersebut bertujuan agar tali tidak mudah lepas saat dipasang. Posisi patok harus berlawanan arah dari datangnya tali tenda. Sehingga patok tidak mudah tercabut.
  2. Tanamlah patok dengan kedalaman yang cukup, hingga hanya kepala patok saja yang terlihat dan badan patok sedikit.
  3. Kemudian, jika patok sudah selesai dipasang, ikatlah tali pengekang yang ada pada tenda ke patok dengan mamakai simpul pangkal.
  4. Pada bagian tanah yang lunak atau kondisi cuaca sedang berangin, dapat menggunakan dua patok yang diletakkan berurutan.

Cara Membuat Simpul Pangkal


Simpul pangkal atau yang biasa disebut dengan clove hitch merupakan simpul wajib karena simpul pangkal berfungsi untuk mendahului dan mengakhiri ikatan tertentu. Simpul pangkal juga memiliki fungsi untuk menautkan tali tenda pada patok. Berikut cara membentuk simpul pangkal,

  1. Kamu bisa mengikatkan tali dengan arah dari bawah keatas yang pada bagian tengahnya terdapat tongkat.
  2. Ulangi sekali lagi dengan melingkarkan di sebelah kiri lingkaran pertama.
  3. Ujungnya dimasukkan kedalam tali yang telah dilingkarkan sebelumnya.
  4. Kemudian kamu mampatkan atau rapatkan ujung-ujung tali dan tariklah keduan ujung tali dengan kencang.
  5. Dan selesai. Jadilah simpul pangkal.

Itulah cara membuat tenda pramuka yang biasanya digunakan untuk berkemah. Pembuatan tenda pramukan memerlukan bantuan tim. Karena apabila hanya didirikan oleh satu atau dua orang, tenda tidak akan kuat, kokoh dan rapi. Semoga bermanfaat.

BACA JUGA! REKOMENDASI MERK TENDA ULTRALIGHT YANG COCOK DIJADIKAN PILIHAN

Jangan Lupa Share ya

Putri

SEO Content
"Wherever life plants you, bloom with grace."
Putri

Leave a Reply