Home & Garden

Cara Membuat Taman Minimalis di Halaman Rumah Sempit

Jangan Lupa Share ya

Rumah akan terlihat sepi tanpa adanya taman bahkan juga akan kurang terlihat hidup dan gersang. Selain itu, perlu kita tanggapi dengan serius pula anjuran pemerintah yang mengharuskan punya lahan hijau. Apalagi mengingat bahwa saat ini degradasi lingkungan juga sudah semakin parah semakin bertambahnya tahun.

Maka dari itu, dengan adanya ruang terbuka hijau inilah yang terdapat di masing-masing rumah akan sangat berarti untuk upaya dalam pelestarian lingkungan. Ruang terbuka hijau juga bukan hanya memiliki fungsi untuk resapan air saja, akan tetapi juga untuk upaya dalam menghadirkan udara yang jauh lebih bersih serta menyehatkan di sekitar lingkungan tersebut.

Akan tetapi, bagaimana caranya jika kita tidak punya halaman atau lahan yang cukup untuk membuat ruang terbuka hijau? Nah, jangan khawatir, sebab kamu bisa membuat taman minimalis di halaman rumah yang sempit. Bagaimana caranya? Yuk, simak uraiannya di bawah ini.

Kesesuaian antara Luas Taman Minimalis dengan Dimensi Tanaman


Tidak jauh beda dengan konsep minimalis, taman minimalis pun punya misi sama yang artinya taman minimalis ini lebih menonjolkan kesederhanaan serta bisa menciptakan kaindahan taman minimalis tersebut. Lahan yang sempit sekalipun yang mana tak banyak terdapat banyak tanaman yang justru bisa semrawutan jika dijadikan taman, maka taman minimalis bisa diisi tanaman satu jenis atau dua dan tiga jenis agar tak terlihat semrawut.

Dalam hal ini maka ada baiknya jika memperhatikan dimensi ataupun ukuran dari tanaman yang akan kamu ganam di taman minimalis tersebut. Contohnya seperti tanaman yang menempati hanya sejengkal lahan saja yang terlihat menarik. Mengapa hal tersebut bisa terjadi?

Nah, pada taman tersebut terlihat tanaman-tanaman yang mendominasi lahan seperti bonsai untuk dijadikan titik fokus. Nah, agar tercipta kesan rimbun, maka tanaman-tanaman tersebut harus berdekatan serta perlu juga diperhatikan komposisi warnanya. Selain itu, kamu juga harus melakukan pemotongan secara rutin supaya tetap terlihat pendek dan tetap enak dilihat.

Sedangkan untuk menghindari taman terkesan ramai, maka sebaiknya lebih mengutamakan keseragaman dati bentuk daun tanaman. Misalnya seperti tanaman yang daunnya panjang padukanlah dengan tanaman yang teksturnya tipis. Hindari pula daun tanaman yang lebar dan juga tebal. Hal tersebut dikarenakan jika tanaman semacam itu bisa tumbuh yang jauh lebih besar dan bahkan bisa terkesan memenuhi ruangan.

Buat Taman Minimalis di Beberapa Lokasi Terpisah


Ada hal penting untuk membuat taman minimalis dengan membagi area untuk setiap jenis tanaman yang akan ditanam. Kamu juga tak perlu minder atau berkecil hati jika halaman kamu sangat sempit dan terbatas. Bahkan kamu juga bisa memanfaatkan lahan sempit yang ada di samping rumah kamu untuk kemudian kamu sulap menjadi taman minimalis.

Sedangkan jika lahan kamu sangat sempit di rumah, maka kami akan memberikan ide taman minimalis, seperti di bawah ini:

  • Lahan berumput tanpa adanya tanaman hias
  • Lahan berumput dengan dilengkapi satu tanaman hias dengan ukuran sedang. Nah, ide yang satu ini ada baiknya jika yang kamu tanam bukanlah tanaman hias yang bentuknya ramping serta punya ranting-ranting panjang
  • Taman Zen yang sederhana dalam bentuk lahan yang ditutup dengan batu-batu hias

Sekarang ini batu hias sendiri tidak hanya tersedia dalam warna putih atau abu-abu saja. Akan tetapi saat ini sudah tersedia juga warna batu hias lainnya seperti hijau. Batu hias yang beraneka warna tersebut bisa kamu dapatkan di toko-toko online. Selain itu, kamu juga harus memperhatikan komposisi dari batu hias yang akan kamu pakai untuk menciptakan taman Zen. Kamu bisa menempatkan batu besar maupun bilah kayu tua yang bisa untuk mengalihkan perhatian.

  • Taman Zen dengan Tanaman Hias

Ide yang satu ini juga sangat bagus. Akan tetapi mengingat lagi bahwasanya  konsep dari taman Zen serta taman minimalis tidak berbeda jauh. Oleh karena itu tanaman yang dipilih pun sebaiknya tidak hanya terdiri dari satu warna saja. Misalnya seperti dua atau tiga jenis warna tanaman, seperti kuning kehijauan, gradasi warna kuning dan lain sebagainya.

  • Deret Tanaman

Deret tanaman memang sangat cocok jika dimanfaatkan untuk menjadikan taman minimalis. Kamu bisa memanfaatkan halaman sempit di samping rumah maupun di pinggir area parkir rumah. Ada baiknya jika menggunakan deret tanaman ini menggunakan tanaman yang terdiri dari satu jenis tanaman saja dan bisa sambil dibatasi batu bata. Batu bata tersebut bisa direkatkan di tanah yang ditanami deret tanaman.

Nah, itulah tadi beberapa cara yang bisa kamu lakukan untuk membuat taman minimalis. Jadi meskipun halaman rumah kamu sempit pun masih bisa membuat taman meskipun tak besar. Semoga bermanfaat.

BACA JUGA! 6 TANAMAN GANTUNG TAHAN PANAS UNTUK HIASAN DI RUMAH

Jangan Lupa Share ya

Putri

SEO Content
"Wherever life plants you, bloom with grace."
Putri

Leave a Reply