Edukasi

Cara Membuat Struktur Organisasi di Word

Jangan Lupa Share ya

Bagi kamu yang sering menggunakan laptop atau komputer, pastinya sudah tidak asing lagi dengan MS Office yang memiliki banyak program. Salah satu program MS Office yang paling banyak digunakan yaitu Microsoft Word. Yang mana di dalam Microsoft office ini terdapat banyak fasilitas yang bisa digunakan untuk melengkapi dan memperjelas tulisan atau dokumen. Salah satu fasilitas yang terdapat di Microsoft Word yaitu pembuatan struktur organisasi yang bisa dilakukan lebih mudah dan cepat.

Fasilitas pembuat struktur organisasi ini bisa mempermudah pekerjaan dengan hasil yang maksimal. Bahkan kamu bisa memilih bentuk struktur organisasi ini sesuai dengan kebutuhan. Untuk lebih jelasnya mengenai cara membuat struktur organisasi di Word, simak ulasan berikut ini mengenai cara membuat struktur organisasi di Word serta kemudahan-kemudahan yang bisa kamu dapatkan.

Kemudahan Menggunakan Microsoft Word


Sebelum membahas ke permasalahan pokok yaitu cara membuat struktur organisasi di Microsoft Word, kita terlebih dahulu juga perlu memahami apa arti dari struktur organisasi itu sendiri. Sruktur organisasi adalah suatu susunan kepengurusan yang ada pada suatu organisasi atau instalasi. Yang mana struktur organisasi ini berguna untuk menjadi patokan dalam menjalankan kegiatan operasional. Sehingga tujuan dari organisasi tersebut bisa tercapai sesuai dengan perencanaan yang diharapkan.

Sebenarnya untuk membuat bagan struktur organisasi tidak terlalu sulit, karena di Microsoft Word ini memang sudah tersedia fitur khusus untuk membuat struktur. Namun untuk mengedit atau memodifikasi struktur tersebut agar sesuai dengan kebutuhan memang terlalu sulit. Nah, agar lebih mudah dalam membuat struktur organisasi di Microsoft Word ini bisa menggunakan fitur shapes. Saat ini kebanyakan orang dalam membuat struktur organisasi menggunakan fitur shapes ini, karena lebih mudah jika dibandingkan dengan cara lainnya. Dengan menggunakan fitur shapes ini, kamu bisa lebih mudah membuat struktur organisasi sesuai dengan keinginan dan kebutuhan.

Cara Mudah Membuat Struktur Organisasi di Word


Setelah mengetahui fungsi dari struktur organisasi serta mengetahui fitur yang paling mudah untuk membuat struktur organisasi, memasuki bahasan utama yaitu cara membuat struktur organisasi di Word. Berikut ini cara mudah membuat struktur organisasi di Word:

  • Langkah pertama yang harus kamu lakukan yaitu menyalakan laptop dan buka program Microsoft Word.  Selain itu kamu juga bisa membuka file yang sebelumnya sudah kamu sediakan untuk diedit dengan menambahkan struktur organisasi.
  • Langkah yang kedua yaitu  arahkan kursor mouse pada menu Insert. Pada menu insert ini akan terdapat banyak pilihan fitur. Namun untuk membuat struktur organisasi, pilih fitur SmartArt pada grup Illustrations.
  • Setelah kamu pilih smartart, secara otomatis akan muncul menu pop up. Pada menu ini kamu bisa memilih Hierarchy. Selain itu, kamu juga bisa memilih bentuk struktur organisasi yang dikehendaki. Jika sudah, klik OK.
  • Langkah yang selanjutnya yaitu untuk menambahkan tulisan di dalam struktur organisasi tersebut, kamu harus mengarahkan kursor mouse pada kolom yang bertanda merah. Untuk menambahkan tulisan ini, caranya hampir sama ketika kamu menambahkan tulisan pada PowerPoint.
  • Setelah menambahkan tulisan dalam struktur organisasi tersebut, kamu bisa merubah style atau bentuk struktur tersebut sesuai dengan keinginan. Untuk merubahnya kamu bisa memilih menu SmartArt Styles. Untuk mendapatkan tampilan struktur yang lebih baik, pengguna bisa menyesuaikan Styles tersebut sesuai dengan keinginan atau kebutuhan.
  • Selain merubah style struktur, kamu juga bisa merubah warna struktur tersebut. Unuk merubahnya sangatlah mudah, arahkan kursor mouse pada menu pilihan Change Colors.
  • Selain itu kamu juga bisa menambahkan kolom atau kotak struktur baru untuk menyesuaikan dengan kebutuhan. Caranya yaitu arahkan kursor mouse pada menu Add Shape.

Istilah-istilah dalam Add Shapes


Dalam membuat struktur organisasi seringkali kita salah dalam meletakkan posisi atau bahkan kolom yang telah kita tentukan kurang Nah untuk mengatasi permasalahan yang seperti itu di Microsoft Word ini terdapat menu Add Shapes. Yang mana menu ini berfungsi untuk menambah kolom. Namun dalam menu Add Shapes ini terdapat beberapa pilihan untuk menyesuaikam dengan kebutuhan. Untuk lebih jelasnya berikut ini istilah-istilah menu tersebut beserta pengertiannya:

  • Add Shape After ini berguna untukmenambahkan kolom yang diletakkan disebelah kanan kolom yang diinginkan.
  • Add Shape Before ini berguna untuk menambahkan kolom yang diletakkan disebelah kiri kolom yang diinginkan.
  •  Add Shape Above ini berguna untuk menambahkan kolom di atas kolom yang diinginkan.
  •  Add Shape Below ini berguna untuk menambahkan kolom di bawah kolom yang diinginkan.

Itulah ulasan mengenai cara mudah membuat struktur organisasi di Microsoft Word. Dengan cara yang sangat mudah tersebut, tentu saja setiap orang bisa membuatnya. Karena pada dasarnya membuat struktur organisasi ini sangat mudah, karena sudab tersedia fiturnya di Word. Agar ulasan ini jisa

lebih bermanfaat, bagikan kepada orang terdekat yang membutuhkan.

Jangan Lupa Share ya

Putri

SEO Content
"Wherever life plants you, bloom with grace."
Putri

Leave a Reply