Hobby

Cara Membuat Roket Air dengan Trik Paling Mudah

Jangan Lupa Share ya

Membuat roket air sebenarnya tidak sesulit yang selama ini terpikir. Selama alat serta bahan untuk membuat roket air tersedia lengkap, maka  membuat roket air yang mempunyai tekanan air mampu untuk terbang tinggi bisa dengan mudah dibuatnya. Sistem yang digunakan untuk membuat roket air ini mengacu pada bab tekanan yang sudah kamu dapatkan di mata pelajaran fisika.

Oleh sebab itu tidaklah mengherankan apabila banyak siswa maupun siswi yang sudah berhasil menciptakan roket air dengan praktik membuat roket air di sekolahnya masing-masing.  Bahkan juga ini hisa dijadikan sebagai alternatif untuk membuat mainan bagi anak-anak.

Jadi, daripada kamu membeli mainan yang harganya terbilang mahal, maka akan jauh lebih baik jika kamu mencoba membuat roket air di rumah. Tentu saja dengan membuat roket air sendiri di rumah kamu akan mendapatkan banyak sekali keuntungan. Selain itu, dari membuat roket air tersebut kamu bisa menambah pengetahuan lagi.

Sebagaimana namanya, maka roket air ini bisa diterbangkan dengan memakai air yang dipompa dengan memakai pompaan sepeda motor biasa. Sedangkan cara untuk memainkan roket air ini sendiri sangat mudah yakni hanya dengan mengisikan air ke dalam botol setengah bagian saja. Selanjutnya masukkan pipa berukuran ½ inchi ke dalam botol tersebut hingga kabel tiesnya bisa dicengkram oleh mulut botol. Kemudian pasanglah kunci pengamannya, pompa udara ke dalam botol tersebut lewat pentil. Akan tetapi usahakan jangan lama-lama dan lepaskanlah kunci pengamannya. Setelah itu roket air pun akan meluncur ke atas dan akan turun kembali.

Langkah-langkah Cara Membuat Roket Air yang Mudah


Kamu sebaiknya harus mengetahui bahwasanya ada langkah-langkah yang harus kamu lakukan untuk membuat roket air. Akan tetapi, dalam hal ini hanya sebatas sebagai mainan saja dan bukan aslinya. Hal tersebut dikarenakan jika kamu membuat aslinya pastinya tidak sembarang orang yang dapat membuatnya.

Oleh sebab itu, mungkin ini hanyalah sebatas mainan anak-anak saja yang bisa kamu coba sendiri sehingga kamu pun bisa meyakinkan diri bahwa kamu memang sudah bisa membuat sebuah roket untuk kebutuhan air yang memang hal tersebut layak sekali untuk kamu coba pakai. Kamu bisa ngikutin beberapa langkah di bawah ini untuk membuat roket air.

Sebelumnya kamu harus siapkan alat serta bahan yang akan kamu pakai dalam membuat roket air, seperti:

  • Botol bekas air mineral 1 buah dengan ukuran 1 liter. Supaya lebih kuat, maka pakailah botol bekas minuman bersoda
  • Pipa sepanjang 1 meter dan berdiameter ½ inchi
  • Pipa sepanjang 10 cm dan berdiameter 1 inchi
  • Plastik kanopi anti air. Jika tidak ada plastik kanopi anti airnya, maka kamu bisa memakai kardus bekas yang juga bisa kamu pakai untuk penggantinya yang dipakai untuk membuat sirip pada roket air yang juga sekaligus bisa membantu roket air terbang dengan lebih mudah.
  • Mika maupun kertas karton yang akan dipakai sebagai bagian di atas rojet air
  • 10 buah kabel ties yang akan dipakai untuk mengikat kabel
  • Pentil sepeda motor yang akan dipakai sebagai pengunci pengaman
  • Penutup pipa paralon dengan ukuran ½ inchi
  • Potongan karet ban
  • Kertas koran
  • Gunting, penggaris, cutter, lakban hitam dan bening, double tape, lem pipa serta lem super

Jika semua bahannya sudah siap, maka kamu sudah bisa memulai membuat roket air dengan cara di bawah ini:

  • Bentuklah kerucut dengan memakai mika maupun kertas karton yang kamu sesuaikan dengan ukuran bagian bawah botol yang akan dipakai membuat roket air
  • Lekatkan dengan menggunakan lakban berwarna hitam
  • Tempelkan sirip roket air di bagian bawah roket kemudian rekatkan juga dengan menggunakan lakban bening
  • Pakailah plastik kanopi untuk dibuat menjadi sirip roket dengan bentuk segitiga siku-siku sampai 4 buah
  • Tempelkanlah sirip tersebut secara seimbang serta posisinya saling berhadapan
  • Bukalah tutup botol dan lubangi dengan menggunakan cutter supaya nantinya dapat dimasukkan ke dalam pipa ½ inchi
  • Buatlah lingkaran dengan ukuran yang sudah kamu sesuaikan dengan menggunakan tutup botol memakai karet dari ban bekas
  • Masukkanlah karet ban bekas tersebut ke dalam lubang tutup botol dan rekatkan menggunakan lem super supaya bisa menempel kuat. Selanjutnya tutup lagi dengan rapat

Nah, itulah tadi bahan dan langkah-langkah dalam membuat roket air dengan mudah. Bagaimana, apakah kamu tertarik untuk membuatnya?  Jadi, dengan kreasi membuat roket air seperti di atas memang tidak membutuhkan modal yang besar dan juga cara yang sulit dan ribet. Justru ada cara yang sangat mudah untuk membuat roket air ini. Semoga artikel ini bisa memberikan manfaat untuk kamu. Selamat mencoba.

BACA JUGA! 5 MERK JORAN PANCING MURAH DAN KUAT

Jangan Lupa Share ya

Putri

SEO Content
"Wherever life plants you, bloom with grace."
Putri

Leave a Reply