Babies /Kids

Cara Membuat Playdough yang Aman untuk Anak

Jangan Lupa Share ya

Anak-anak memang masa dimana mereka ingin bermain dan bermain. Namun sebagai orang tua memiliki kewajiban untuk memberikan permainan sekaligus mengedukasi. Dari sekian banyak permainan yang baik untuk anak, salah satunya yaitu plastisin atau playdough. Dengan permainan ini, anak bisa melatih keterampilan motorik halus sehingga kreativitas tersalurkan dan bisa membuat kreasi 3 dimensi.

Playdough ini bisa kamu beli di toko mainan. Namun untuk mendapatkan harga yang lebih murah, kamu bisa membuatnya sendir. Karena pada dasarnya cara membuat playdough ini sangat mudah. Untuk lebih jelasnya simak ulasan berikut ini mengenai cara membuat playdough beserta bahan-bahan yang dibutuhkan.

Plastisin atau Playdough


Mungkin kalian sudah tidak asing lagi dengan permainan playdough atau plastisin. Playdough merupakan adonan mainan yang terbuat dari tanah liat atau lempung yang berbentuk modern. Dengan memberikan permainan ini kepada anak-anak, kreativitas anak akan semakin meningkat karena bisa membentuk berbagai replika barang sesuai keinginan. Bahkan permainan ini sangat mudah dipelajari dan biasa dilakukan oleh semua kalangan.

Permainan ini sangat cocok digunakan oleh anak-anak, karena sangat mudah dalam menggunakan. Bahkan untuk menghancurkannya lebih mudah. Selain itu playdiugh ini juga aman untuk anak-anak, namun tetap harus dalam perhatian orang tua agar mainan ini tidak dimakan.

Alat Membuat Plastisin atau Playdough


Sebelum membahas mengenai cara membuat play-doh, hal pertama yang harus kamu siapkan yaitu alat dan bahan-bahannya. Adapun alat-alat  yang dibutuhkan sebagaimana berikut ini:

  • Wadah atau mangkuk besar untuk mengaduk.
  • Sendok atau pengaduk.
  • Sarung tangan.
  • Bahan dan resep membuat playdough.

Setelah alat-alatnya sudah siap, kamu juga perlu menyiapkan bahan-bahannya. Adapun berikut ini kumpulkan bahan-bahan untuk membuat playdough:

  • 1 gelas air.
  • 4 gelas tepung.
  • 2 sampai 4 sdm minyak goreng.
  •  Garam 1 1/2 gelas.
  • 5 tetes pewarna makanan sesuai keinginan.

Cara Membuat Plastisin atau Playdough


Setelah alat dan bahan yang dibutuhkan untuk membuat playdough ssudah lengkap, memasuki langkah selanjutnya yaitu cara membuatnya. Cara membuat mainan ini sangatlah mudah, untuk lebih jelasnya berikut ini langkah-langkahnya:

  • Siapkan mangkok atau wadah yang besar, lalu tuangkan satu gelas air. Nantinya wadah ini juga berguna untuk mencampurkan semua bahan-bahannya.
  • langkah yang selanjutnya yaitu taburkan pewarna makanan secukupnya. Dalam hal ini kamu bisa memilih pewarna makanan sesuai dengan keinginan. Kamu juga bisa membuat beberapa playdough dengan berbagai warna.
  • Setelah itu masukkan bahan-bahan kering seperti 4 gelas tepung dan  setengah gelas garam ke dalam wadah yang berisi pewarna dan air tersebut.
  • Langkah selanjutnya yaitu tambahkan minyak goreng. Yang mana minyak goreng ini berfungsi untuk membuat playdough menjadi lebih mudah dibentuk dan lunak. Untuk pertama, kamu bisa menambahkan minyak sebanyak 2 sendok. Namun kamu bisa menambah beberapa sendok minyak lagi jika adonan menggempal dan mulai mengering.
  • Setelah semua adonan tertuang pada wadah, langkah selanjutnya yaitu uleni dan remas adonan hingga lembek dan tercampur. Jika pada proses ini adonan masih dalam keadaan kering dan menggempal, tambahkan lagi minyak goreng secukupnya hingga adonan menjadi lembek.
  • Pastikan semua adonan tercampur, lalu simpan plastisin atau playdough pada wadah yang kedap udara seperti plastik. Namun sebelum menyimpan playdough ini sebaiknya dibentuk menjadi kotak-kotak. Nah, dalam penggunaan playdough ini, untuk menjaga adonan agar tetap lembut dan mudah dibentuk. Lalu simpan di tempat yang kedap udara.

Tips Membuat Playdough


Setelah mengetahui cara membuat play-doh dengan mudah, ada beberapa tips yang harus kamu ketahui yang berhubungan dengan playdough, adapun berikut ini tips tipsnya:

  • Hal yang perlu kamu ketahui setelah menggunakan permainan playdough ini sebaiknya simpan ke dalam kantong plastik agar adonan tidak mudah mengering. Selain itu kamu juga bisa menyimpan playdough ini pada lemari es agar bisa tahan lebih lama. Ketika disimpan di lemari es, playdough ini bisa bertahan hingga 3 sampai 7 hari.
  • Dalam membuat playdough ini peran garam ini sangat penting, karena berfungsi untuk mengikat air. Sehingga dengan adanya tambahan garam pada adonan playdough ini bisa menambah kekenyangan dan kelembaban adonan. Dengan kata lain garam ini berfungsi membuat adalah tahan lebih lama.
  • Tips yang terakhir yaitu jika kamu tidak memiliki minyak goreng, kamu bisa menggantinya dengan minyak bayi atau baby oil yang biasa digunakan. Keuntungan menggunakan minyak bayi ini yaitu aromanya bisa lebih wangi dan anak-anak juga lebih nyaman dalam memainkannya.

Itulah cara mudah membuat playdough  yang aman untuk anak beserta tips- tipsnya. Keuntungan yang bisa kamu dapatkan dengan membuat permainan ini yaitu bisa memberikan permainan pada anak yang lebih mengedukasi dengan harga yang lebih murah. Seain itu bahan-bahan dan alat yang dibutuhkan untuk membuat mainan playdough ini juga sangat mudah didapatkan.

BACA JUGA! PENGARUH MAINAN MODERN TERHADAP MAINAN TRADISIONAL

Jangan Lupa Share ya

Putri

SEO Content
"Wherever life plants you, bloom with grace."
Putri

Leave a Reply