Home /Food

Cara Membuat Nasi Pulen dan Enak

Jangan Lupa Share ya

Memasak nasi merupakan hal yang biasa dilakukan dan seperti sudah menjadi agenda wajib untuk para ibu rumah tangga, betul tidak ? Sebab nasi adalah makanan pokok yang harus tersedia di meja makan setiap harinya. Memasak nasi sih kelihatannya sangat sepele, apalagi memasak nasi di jaman sekarang ini tidak serumit seperti dulu ketika Magic Com belum ada.

Namun di balik semua itu, ada beberapa hal yang harus Kamu perhatikan saat memasaknya agar nasi tersebut bisa pulen dan tidak mudah basi. Nasi yang pulen sudah tentu akan terasa lebih enak saat dinikmati bersama dengan lauk pauk dan sayuran. Lalu bagaimana cara memasak nasi agar menjadi pulen? Yuk intip tips nya di bawah ini.

Kualitas Beras

Kamu harus memastikan beras yang akan Kamu gunakan adalah beras dengan kualitas yang baik. Karena kualitas beras akan menentukan pulen atau tidaknya nasi yang akan dimasak nanti. Kamu tidak mau kan kalau nanti menyantap nasi yang tidak enak ketika bersama keluarga?

Kebersihan beras

Sebelum beras dimasak, pasti Kamu mencucinya terlebih dahulu kan? Kamu juga harus memastikan beras yang telah dicuci sudah benar-benar bersih atau belum. Karena beras yang dicuci tidak terlalu bersih akan membuat nasi  yang dihasilkan akan menjadi lebih mudah basi.

Takaran air

Point ini juga cukup penting ya . Kamu tahu kenapa? Karena takaran air berpengaruh terhadap kepulenan nasi ketika matang nanti. Jika airnya terlalu dikit, nanti nasinya terlalu keras. Sedangkan jika kebanyakan airnya, nanti malah terlalu lembek bahkan berubah jadi bubur.

Kamu bisa menggunakan perbandingan beras dan air yaitu 1:2. Misalnya jika Kamu menggunakan beras 1 gelas takar, maka air yang digunakan adalah 2 gelas takar. Jadi, sesuaikan air yang digunakan dengan beras yang akan dimasak ya .

Jeruk nipis dan garam

Selain berguna untuk bumbu dapur, air jeruk nipis dan garam juga bisa digunakan untuk memulenkan nasi loh s. Caranya pun mudah, Kamu cukup bubuhi garam dan air jeruk nipis itu di atas beras yang akan dimasak.  Tidak sulit kan?

Sedangkan untuk perbandingan air jeruk nipis dan garamnya, Kamu perkirakan saja sendiri. Sesuaikan dengan banyaknya beras yang dimasak. Misalnya untuk 3 liter beras, Kamu bisa gunakan setengah sendok teh garam dan setengah bagian untuk jeruk nipisnya. Bukan hanya membuat nasi menjadi pulen, penggunaan jeruk nipis dan garam juga bisa membuat nasi menjadi lebih putih.

Itulah beberapa tips yang bisa Kamu terapkan jika ingin memasak nasi yang enak dan pulen. Tips di atas juga bisa Kamu gunakan dengan berbagai cara memasak nasi. Baik jika Kamu memasak nasinya secara manual ataupun dengan menggunakan Magic Com. Sangat mudah ya s. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba!

 

Jangan Lupa Share ya

Leave a Reply