Babies /Kids

Cara Membuat Mobil-mobilan dari Kardus Sepatu yang Mudah

Jangan Lupa Share ya

Kerajinan tangan merupakan salah satu yang sekarang ini dapat menjadi peluang bisnis. Apabila kamu melihat di toko-toko, sekarang ini banyak sekali barang-barang hasil kerajinan tangan. Bahkan kerajinan tangan tersebut biasanya terbuat dari bahan-bahan bekas atau bahan yang dianggap mubadzir. Bahan-bahan yang awalnya dianggap tidak penting itu, apabila berada di tangan yang tepat akan berubah menjadi barang yang memiliki nilai guna dan nilai estetis.

Menyulap barang bekas menjadi mainan istimewa

Terkadang bahkan kamu tidak akan menyangka bahwa barang yang terlihat sangat bagus itu terbuat dari bahan yang awalnya dianggap tidak penting. Bahan yang dianggap tidak penting itu bahkan dapat memiliki nilai jual yang tinggi. Bahkan juga dapat menjadi peluang bisnis yang manjanjikan, apabila dikelola dengan baik dan benar.

Coba saja kamu perhatikan, benda apa saja di sekitar kamu yang kira-kira dapat dimanfaatkan untuk membuat kerajinan? Apabila kamu masih bingung, kamu akan menunjukkan salah satu kerajinan yang mungkin dapat kamu buat sendiri juga. Bahannya cukup sederhana, yaitu kardus bekas sepatu. Ya, kami akan menunjukkan cara membuat mobil-mobilan dari kardus bekas sepatu.

Cara Membuat Mobil-mobilan dari Kardus Sepatu

Mungkin terkadang kamu akan berpikir, sebaiknya kardus bekas sepatu digunakan untuk apa agar dapat bermanfaat, sayang apabila harus berakhir di tempat sampah saja. Nah guys, kardus bekas sepatu ternyata juga dapat dimanfaatkan untuk membuat kerajinan tangan. Kamu dapat membuat kerajinan tangan dari kardus sepatu. Agar lebih jelasnya, kami akan menunjukkan cara membuat salah satu kerajinan yang terbuat dari kardus sepatu. Kami akan memilih menunjukkan cara membuat mobil-mobilan. Berikut cara membuat mobil-mobilan dari kardus sepatu yang sangat sederhana.

  1. Siapkan kardus bekas sepatu

Siapkan terlebih dahulu kardus bekas sepatu yang akan kamu gunakan dalam pembuatan mobil-mobilan. Buka terlebih dahulu lipatan-lipatan dari kardus sepatu tersebut apabila kardus masih dalam lipatan. Pastikan ketika membukanya kamu tidak menyebabkan kardus robek, karena robekan akan membuat kardus tidak dapat digunakan. Jadi coba buka dengan sangat hati-hati ya guys.

  1. Hal-hal yang perlu disiapkan

Selain kardus kamu juga harus menyiapkan beberapa barang yang akan digunakan untuk pembuatan mobil-mobilan tersebut. Barang-barang yang perlu kamu siapkan, seperti gunting, kertas karton, selotip, lem, penggaris, dan piring kertas. Untuk mewarnainya nanti kamu dapat menyiapkan crayon atau finger paint. Nah, barang-barang tersebut pasti selalu ada di rumah kamu kamu kan? Jadi kamu tidak perlu repot-repot lagi untuk membeli nya.

  1. Buat pola kardus

Langkah selanjutnya, yaitu buat pola pada kardus. Untuk membuat pola kamu dapat merekatkan kardus terlebih dahulu menggunakan selotip. Selotip dapat kamu tempatkan di bagian atas atau di bagian bawah, hal tersebut bertujuan agar kardus dapat tertutup dengan baik. Buat juga pola untuk pintu mobilnya. Untuk pintu mobil kamu dapat menarik garis dari bagian atas karus, agar kardus pada bagian datar seperti berada bagian atas. Setelah selesai membuat pola, kamu dapat memotong pola yang telah kamu buat tadi.

  1. Memotong pola kardus

Setelah membentuk polanya, langkah selanjutnya yang harus kamu lakukan yaitu memotong kardus sesuai dengan pola yang sudah kamu buat tadi. Potong juga bagian untuk kaca depan, untuk memotong bagian yang ini kamu bisa memulainya dari bagian pintu mobil terlebih dahulu, lalu dilanjutkan dengan memotong secara melintang dari pola pintu lainnya.

Usahakan untuk tidak memotong kardus sekaligus, kamu dapat menyisakan sisi bagian depan kardus. Kemudian rekatkan kaca depan dengan menggunakan selotip. Dengan menggunakan kaca depan tersebut kamu juga bisa membuat kaca jendela untuk mobil.

  1. Pemberian warna

Tahap selanjutnya yaitu pemberian warna pada rangka mobil-mobilan yang sudah terbentu. Kamu dapat menggunakan finger paint atau crayon. Pilih warna sesuai selera kamu atau warna-warna yang mungkin akan disukai anak-anak. Agar terlihat lebih bagus kamu juga dapat menambahkan beberapa hiasan pada mobil-mobilan yang kamu buat.

  1. Tahap akhir

Tahap yang terakhir, kamu dapat menambahkan gelas kertas sebagai lampu mobil. Untuk membuat lampu belakang kamu bisa menggunakan tutup botol. Sedangkan rodanya, kamu bisa menggunakan piringan kertas atau karton, rekatkan keempat roda yang kamu buat pada bagian sisi mobil-mobilan yang telah kamu buat itu.

Nah, itu dia cara mobil-mobilan dari kardus sepatu yang bisa dengan mudah kamu lakukan. Bahan-bahan yang diperlukan juga cukup sederhana, kamu tidak akan kesulitan untuk mencarinya.

Jangan Lupa Share ya

Leave a Reply