Gadget /Komputer

Cara Membuat Hyperlink di Powerpoint dan Action Button

Jangan Lupa Share ya

Apakah kamu pernah mendengar kata hyperlink? Hyperlink rupanya memiliki peranan yang sangat penting dalam proses pembelajaran di mana hyperlink tersebut menjadi salah satu acuan dalam dokumen hypertext ke dokumen yang lain. kenal ini mengartikan jika hyperlink menjadi salah satu cara yang dapat digunakan untuk mengkaitkan sebuah bagian tertentu agar bisa masuk ke dalam slide, dokumen, file, program, ataupun halaman web.

Hyperlink sendiri nantinya akan digunakan untuk menghubungkan ke beberapa objek, seperti halnya menuju ke halaman atau website atau bisa pula menuju ke file. Pada saat hyperlink kamu klik pastinya secara langsung akan diarahkan ke halaman yang lain, jadi tak heran jika hyperlink ini akan memudahkan kamu jika ingin mencari atau membuka dokumen yang lain.

Lalu bagaimana sih cara pembuatan hyperlink yang ada di PowerPoint dan action button? Untuk itu simaklah alasannya di bawah ini:

Pembuatan Hyperlink Pada Powerpoint 2007


Dalam pembuatan multimedia presentasi pembelajaran perpindahan dari slide tidak lagi dilakukan secara manual di mana kamu bisa juga membuat hyperlink dengan cara berikut ini:

Langkah yang pertama ialah kamu harus membuka persentasi yang baru. Kemudian buatlah selain itu sejumlah 5 buah kemudian berjudul pada setiap slide tersebut. langkah yang berikutnya kamu udah uruskan membuat tombol pada menu utama untuk hyperlink ke slide yang lain, untuk membuat tombol dengan memakai menu insert lalu shape dan kemudian rounded rectangle.

Berikutnya kamu harus membuat tombol yang kemudian diberi nama sesuai dengan fungsi pada setiap tombolnya. Selanjutnya kamu harus memberikan hyperlink dengan teknik memilih tombol yang akan diberikan link masuk ke pada menu insert lalu menu action. Pada hyperlink to kamu diwajibkan untuk memilih slide yang diinginkan, jika memang yang telah diberikan action merupakan tombol materi maka hyperlink to side harus memilih slide yang materi. Jika sudah kamu harus klik ok.

Masih di dalam action setting, kentang yang ada di play sound harus dipilih jenisnya dan juga higlight clik. Dan lakukanlah langkah yang sama pada setiap tombol yang ada kemudian berikan action ke setiap set yang ingin dituju. Selanjutnya kamu harus menyeleksi seluruh tombol kemudian copy. Berikutnya kamu diwajibkan untuk masuk ke master view lalu pada menu slide master nomor 1 harus klik tombol paste.

Ketika link telah tercopy maka kamu pun diharuskan untuk menekan tombol close master view yang nantinya akan secara otomatis seluruh tombol dapat muncul di semua slide. Untuk langkah yang berikutnya ialah dengan mematikan fungsi dari sembarang klik untuk berganti slide lalu masuklah ke menu animation-advance slide. Dimana kamu akan menemukan 4 cara saat berpindah.

Pembuatan Hyperlink Pada Powerpoint 2010


Setelah kita membahas pembuatan hyperlink yang ada di powerpoint 2007 maka yang berikutnya adalah pembuatan hyperlink pada PowerPoint 2010. Langkah pertama yang harus kamu lakukan ialah dengan membuka Microsoft PowerPoint yang ada di PC yang kamu gunakan. Kemudian membuat 2 slide yang memiliki isi berbeda. Sesudah itu kamu harus membuat sebuah teks yang ada di sheet1 dengan memakai text box yang berada di menu insert.

Kamu juga harus mengetikkan sebuah tulisan pada text box yang telah dibuat serta melakukan pengeditan bentuk teks agar jauh lebih menarik. Jika sudah klik text box yang telah kamu buat lalu klik menu insert dan pilihlah action. Maka akan muncul tampilan jendela Excel setting. Langkah yang berikutnya ialah dengan mengklik yang ada di radio button hyperlink to kemudian kamu harus klik panah, kemudian harus memilih slide. Untuk slide yang dipilih adalah slide 2.

Jika sudah maka kamu harus langsung klik ok dan setelah itu mencoba menekan tombol F5 untuk slide show. Apabila cara tersebut berhasil kamu lakukan pada pembuatan hyperlinknya maka teks yang kamu buat tadi pun akan bisa langsung menuju ke slide 2.

Pembuatan Hyperlink yang Ada Di Powerpoint 2013


Langkah pertama klik tulisan shape, lalu klik tab insert dan yang terakhir ialah klik hyperlink.

Kemudian akan muncul jendela dan kamu harus memilih menu place in this document, karena slide yang akan kamu tuju adalah file yang ada di satu dokumen. tentu hal ini akan berbeda jika file yang kamu pilih berbeda dokumen. Selanjutnya ialah dengan memilih slide yang akan dituju contohnya saja kamu membeli selat nomor 2, nantinya slide preview akan muncul di kolom kanan. Dan apabila telah benar klik tulisan ok.

Berikutnya, kamu perlu membuat button yang akan berguna untuk mengembalikan ke tampilan slide yang awal. Sebetulnya ini juga dapat dilaksanakan dengan memakai hyperlink akan tetapi akan lebih baik jika berlatih memakai action button.

Caranya ialah kamu harus mengklik shape yang akan dipakai menjadi tombol. Selanjutnya klik insert dan yang terakhir ialah click action. Pada jendela yang terbuka kamu harus memilih hyperlink to. Klik pilihan slide. Semoga saja dengan adanya penjelasan dari pembuatan hyperlink di atas bisa bermanfaat dan menambah wawasan untuk kamu semua.

BACA JUGA! APLIKASI INI WAJIB ADA DI LAPTOP MU!

Jangan Lupa Share ya

Putri

SEO Content
"Wherever life plants you, bloom with grace."
Putri

Leave a Reply