Edukasi

Cara Membuat Halaman Skripsi yang Mudah

Jangan Lupa Share ya

Bagi mahasiswa akhir, skripsi merupakan tugas yang sangat berat. Selain harus melakukan penelitian dalam mengerjakan skripsi, harus juga mengetahui aturan-aturan dalam penulisannya. Karena skripsi merupakan salah satu jenis karya ilmiah yang dalam penyusunannya sudah diatur. Meski aturan pembuatan skripsi setiap kampus berbeda, namun aturan yang secara umum digunakan yaitu dalam peletakan penomoran halaman serta format penomoran halaman yang digunakan.

Cara Membuat Halaman Skripsi yang MudahJika padat karya non ilmiah, umumnya penomoran setiap halaman letaknya tetap atau konsisten. Namun Untuk penulisan nomor pada karya ilmiah seperti skripsi ini, letaknya bisa berbeda antara setiap halaman. Bahkan jenis format penomorannya juga berbeda. Nah, bagi kamu yang akan mengerjakan skripsi, terlebih dahulu ketahui aturan penomoran halaman skripsi serta cara membuat halamannya. Untuk lebih jelasnya berikut ini ulasannya.

Aturan Penomoran Halaman Skripsi


Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya bahwa aturan penomoran halaman dalam skripsi ini memang berbeda-beda. Adapun berikut ini aturan penomoran halaman skripsi:

  • halaman untuk judul BAB umumnya diletakkan di bagian  bawah tengah dngan format penomoran 1, 2, 3 dan seterusnya. Sedangkan untuk halaman BAB lainnya yang tidak ada judul bab, format penomorannya tetap sama yaitu 1, 2, 3 dan seterusnya. Namun untuk letaknya berbeda yaitu di bagian sudut kanan atas.
  • Untuk penomoran halaman seperti pada halaman kata pengantar, daftar isi atau halaman-halaman lain sebelum BAB, format halaman yang digunakan yaitu dengan angka romawi kecil yang terletak di bagian bawah tengah.

Cara Membuat Halaman Skripsi yang Berbeda


Setelah mengetahui aturan penomoran halaman skripsi yang tepat, pada ulasan kali ini  akan membahas cara membuat halaman skripsi yang berbeda. Cara membuatnya bisa dibilang susah-susah gampang. Nah, untuk lebih jelasnya berikut ini langkah-langkahnya:

  • Sebelum membuat halaman skripsi yang berbeda, langkah pertama yaitu membagi section-section dokumen. Caranya cukup mudah yaitu dengan meletakkan kursor mouse di depan bab 1. Lalu klik layout dan pilih break. Selanjutnya pilih next page. Untuk bab 2, bab 3 dan seterusnya ulangi cara ini.
  • Untuk membuat nomor halaman, dimulai dari  halaman sebelum bab 1 seperti kata pengantar dan daftar isi. Caranya yaitu pindahkan kursor mouse di depan tulisan kata pengantar. Setelah itu klik Insert, lalu pilih page number dan pilih format halaman romawi kecil.
  • Untuk halaman dengan angka romawi ini aturan peletakannya yaitu di bagian bawah untuk merubahnya klik back number  lalu  pilih  Bottom of Page, dan pilih yang tengah.
  • Setelah halaman menggunakan format angka romawi selesai, selanjutnya menuju ke bab 1 dengan format halaman nomor biasa seperti 1, 2, 3 dan seterusnya. Untuk merubahnya  arahkan kursor ke depan tulisan bab 1. Setelah itu klik insert, pilih back number. Lalu pilih lagi format number  dan pilih  format nomor biasa. Agar halaman bisa urut, jangan lupa klik start at:1,  lalu klik ok.
  • Double  klik nomor halaman satu. Setelah itu centang different first page, pilih page number dan yang terakhir pilih bottom of page.
  • Jika pada halaman pertama terletak pada bagian vawah, kamu bisa merubah halaman kedua ke bagian atas. Caranya yaitu dengan double klik klik nomor halaman 2. Setelah itu pillih page number dan pilih top of page.
  • Sekarang nomor halaman di halaman 2 kalian akan ada dua. Untuk menghapus nomor halaman yang bawah tinggal double klik nomor yang bawah dan hapus.

Menghilangkan Nomor Halaman pada Halaman Sampul


Jika kamu mengatur halaman pada dokumen Microsoft Word, secara otomatis dari awal dokumen sampai akhir akan muncul nomor halaman. Namun untuk pembuatan makalah atau skripsi, bagian sampul tidak boleh diberikan nomor halaman. Nah pada sampul ini, nomor halamannya bisa dihapus. Untuk lebih jelasnya berikut ini cara menghilangkan nomor halaman pada sampul:

  • Langkah yang pertama yaitu tarik judul halaman. Setelah itu buat section baru dengan klik tab page layout. Lalu klik Breaks dan pilih next page.
  • Untuk berpindah ke mode pengeditan nomor halaman pada halaman setelah lembar sampul, double klik pada nomor halamannya yang akan ditandai sebagai section 2. Dengan kata lain, halaman judul akan menjadi section 1.
  • Untuk memutiskan hubungan pemformatan antara halaman ini dengan halaman sampul, selanjutnya klik tombol Link to Previous.  Setelah itu pindah ke halaman sampul untuk menghapus nomor halamannya. Dengan cara klik dua kalo pada nomor halamannya, setelah itu delete. Jika sudah, langsung klik close header and footer.

Itulah cara mudah membuat halaman skripsi, cara menghapus nomor halaman sampul serta aturan penomoran skripsi. Bagi kamu yang akan mengerjakan tugas skripsi, semoga cara ini sangat membantu. Bagikan kepada teman-teman lainnya yang juga membutuhkan. Semoga bermanfaat.

BACA JUGA! CARA MEMBUAT HYPERLINK DI POWERPOINT DAN ACTION BUTTON

Jangan Lupa Share ya

Putri

SEO Content
"Wherever life plants you, bloom with grace."
Putri

Leave a Reply