Gadget /Komputer

Cara Membuat File PDF Melalui Ms. Word

Jangan Lupa Share ya

Bagi kamu yang saat ini sedang sekolah, bekerja atau sedang ingin berbagi dokumen dengan orang lain tentu berkutik dengan Ms. Word sudah menjadi makanan sehari-hari. Berbagai mode penyimpanan file yang ditawarkan Ms. Word akan membantu kamu untuk memenuhi kebutuhan file yang kamu inginkan. Salah satunya dengan format penyimpanan Pdf. Apa sih format penyimpanan Pdf?

Pdf adalah salah satu altenatif format file yang dapat kamu pilih untuk kamu yang ingin berbagi dokumen dengan ukuran file yang lebih kecil. Selain itu file Pdf memiliki tampilan yang lebih baik dan membuat kamu lebih nyaman untuk membacanya, tanpa khawatir file nya akan berubah. Berikut adalah cara-cara yang dapat kamu ikuti untuk membuat file Pdf melalui Ms. Word.

Buka Aplikasi Ms. Word Kamu


Langkah awal yang dapat kamu lakukan yang pertama adalah membuka aplikasi Ms. Word kamu. Tekan “all program” pada laptop atau komputer kamu, cari aplikasi “microsoft office” kamu dan klik, pilih “Ms. Word” dan lembar kerja akan tampil dan kamu siap membuat dokumen kamu.

Buat Dokumen yang Kamu Inginkan


Seperti biasanya, kamu dapat membuat dokumen yang kamu perlukan pada aplikasi Ms. Word. Edit dengan matang apa yang kamu inginkan. Periksa kembali dokumen yang kamu buat untuk menghindari kesalahan yang tidak kamu inginkan nantinya.

Simpan Dokumen yang Sudah Kamu Buat


Ketika kamu suda membuat dokumen yang kamu inginkan, kamu dapat menyimpannya untuk langkah selanjutnya. Untuk menyimpan dokumen kamu dapat menekan menu file yang berada pada pojok kiri atas layar laptop kamu. Disitu terdapat dua pilihan penyimpanan, yakni save dan save as. Bagi kamu yang memulai dokumen baru atau belum pernah menyimpan file yang kamu buat sebelumnya, kamu dapat memilih “save”.

Dan bagi kamu yang sudah pernah menyimpan file yang kamu buat, kamu dapat memilih “save as”. Jangan khawatir jika kamu ingin merubah nama dokumen yang sudah kamu buat, nanti akan ada option untuk merubahnya. Jika kamu sudah memilih save atau save as, langkah selanjutnya adalah memilih lokasi penyimpanan kamu.

Kamu bisa mencari lokasi yang kamu inginkan dengan mencari di kolom serch. Setelah kamu klik akan muncul tampilan baru. Beri nama untuk dokumen kamu agar tidak susah untuk mencarinya nanti.

Ubah Format Penyimpanan


Disini adalah poin penting untuk langkah-langkah yang kita lakukan dari awal, sehingga jangan melupakan poin ini. Ketika kamu sudah menentukan lokasi penyimpanan dan sudah memberikan nama dokumen kamu, kamu dapat merubah format penyimpanan pada “save as type” ketika kamu klik pada kotak disebelahnya, akan ditampilkan banyak sekali pilihan format penyimpanan.

Karena kamu ingin menyimpan dokumen dengan format Pdf maka kamu bisa memilih tulisan “PDF”. Dibagian bawah akan ada dua pilihan menu yang dapat kamu pilih bagi kamu yang menginginkan ukuran file yang lebih kecil.

Pada obtion “optimize” terdapat dua pilihan yang pertama standard dan yang kedua minimum size. Jika kamu memilih “standard” maka kamu akan mendapatkan tampilan file yang lebih bagus dan lebih tajam.

Namun perlu diingat, ukuran file akan lebih besar. Namun tidak sebesar file dengan format “word documen”. Jika kamu memilih pilihan kedua “minimum size” file kamu akan lebih rendah kualitasnya dibandingkan yang “standard” tulisan akan lebih buram. Namun penyimpananya akan lebih kecil.

Pilih Save untuk Langkah Terakhir


Nah, ini adalah poin terakhir yang dapat kamu lakukan. Kamu sudah melakukan langkah-langkah yang perlu kamu lakukan. Pilih save pada bagian bawah. Sudah tak perlu bigung lagi, dokumen yang kamu inginkan sudah berubah format menjadi Pdf.

Lihat Hasil Dokumen Kamu


Untuk melihat hasil dokumen yang sudah kamu simpan adalah langkah yang tepat untuk meminimalisir kesalahan yang mungkin terjadi. Pilih file explorer kamu, dan cari dimana kamu menyimpannya sebelumnya. Klik jika sudah menemukan file kamu. Dan lihat apakah dokumen kamu sudah sesuai dengan apa yang kamu inginkan.

Itulah langkah-langkah yang dapat kamu lakukan, format penyimpanan kamu akan menjadi Pdf dan tampilan dokumen kamu akan tertata rapi dan mudah dibaca. Namun kamu juga harus ingat, dengan format Pdf, kamu tidak bisa meng edit file yang sudah kamu buat. atau dapat dikatakan format file ini hanya untuk dibaca saja. oleh sebab itu, periksa kembali file kamu agar tidak tejadi kesalahan.

Atau kamu juga dapat menyimpan back up file dalam bentuk “word documen” agar nanti jika ingin meng edit file kamu jadi lebih mudah.Kamu dapat mencobanya sekaang, mudah bukan?

BACA JUGA!

Jangan Lupa Share ya

Putri

SEO Content
"Wherever life plants you, bloom with grace."
Putri

Leave a Reply