Edukasi

Cara Membuat Bingkai di Word untuk Undangan

Jangan Lupa Share ya

Sebagian orang yang kurang ahli dalam menggunakan komputer mungkin akan bertanya-tanya dalam membuat bingkai untuk undangan. Hal yang terpikir dalam membuat bingkai tersebut pasti akan terasa sangat sulit. Padahal, cara untuk membuat bingkai undangan tersebut sangatlah mudah.

Tidak perlu membutuhkan aplikasi edit foto yang sulit dioperasikan seperti Corel Draw atau Photoshop. Dalam hal ini, membuat bingkai dapat dilakukan dengan mudah menggunakan Ms. Word yang sering digunakan. Agar lebih jelas lagi dalam mengetahui proses pembuatannya, kamu dapat menyimak beberapa ulasan dibawah ini.

Cara Membuat Bingkai Sederhana Melalui MS. Word


Cara Membuat Bingkai di Word untuk Undangan

Sebelum mengetahui cara untuk menbuatnya, ada baiknya untuk mengerti terlebih dahulu terkait pengertian dari bingkai itu sendiri. Dalam hal ini, pengertian dari bingkai adalah suatu garis kotak yang berada disekeliling batas margin halaman. Kebanyakan orang akan berpikir bahwa membuat bingkai keren hanya dapat dilakukan dengan aplikasi pengolah gambar saja.

Akan tetapi perlu diketahui bahwa bingkai yang keren juga dapat dihasilkan hanya dengan aplikasi sederhana. Aplikasi yang sudah familiar ini tentu juga akan lebih mudah untuk digunakan yaitu aplikasi pengolahan kata atau lebih dikenal dengan MS. Word. Selain itu, hampir semua versi yang diluncurkan pada aplikasi ini dapat digunakan untuk membuat bingkai.

Mulai dari microsoft word 2007, microsoft word 2010, microsoft word 2013, serta microsoft word terbaru yang lainnya. Tidak hanya itu, aplikasi ini juga mengerjakan berbagai macam bingkai yang dapat dipilih seperti bingkai foto, bingkai, ijazah, bingkai undangan, dan lain-lain.

Pada aplikasi ini, terdapat beberapa cara yang dapat dipilih untuk membuat bingkai. Fitur-fitur yang dapat digunakan dalam hal ini yaitu terdiri dari Border and shading dan fitur insert picture. Perbedaan dari kedua fitur tersebut adalah terletak pada proses penggunaannya. Pada fitur Border and shading, bingkai dapat dibuat dengan hanya fasilitas yang telah disediakan.

Fasilitas tersebut adalah tersedianya berbagai format jenis garis-garis bingkai sederhana dan tidak bisa dimodifikasi. Sementara itu, pada fitur instert picture kamu dapat memilih format dan bentuk bingkai dari luar aplikasi MS. Word. Berdasarkan hal tersebut, fitur insert picture bersifat lebih fleksibel karena bingkai dapat digunakan sesuai dengan keinginan kamu.

Pada cara pertama ini merupakan pembuatan bingkai dalam bentuk yang sederhana. Dengan demikian, fitur yang digunakan adalah format garis yang sudah disediakan oleh MS. Word. Adapun langkah awal dapat dilakukan adalah tentu dengan membuka aplikasi MS. Word terlebih dahulu.

Selanjutnya pilih menu Home lalu pilih Borders dan lanjutkan dengan langsung memilih border and shading. Pada menu ini, kamu dapat langsung mengatur bingkai yang akan dibuat. Terdapat beberapa fitur yang berguna untuk mengatur bingkai sesuai dengan yang kamu butuhkan.

Fitur tersebut terdiri dari Setting, Style, dan juga Width. Pada fitur Setting berfungsi dalam pemilihan Box dan Width berguna dalam mengatur ketebalan bingkai. Sementara itu, fitur Style digunakan untuk menentukan jenis garis yang kamu pilih sesuai dengan keinginan.

Setelah semua fitur tersebut dipilih dan diatur sesuai dengan selera dan kebutuhan. Maka dapat langsung menekan OK dan halaman word akan menampilkan bingkai sesuai dengan yang sudah diatur sebelumnya. Selanjutnya, kamu dapat mengatur batas atas, bawah, kanan, dan kiri atau setiap margin pada halaman yang ditampilkan.

Langkah yang dilakukan dalam pengaturan margin tersebut adalah dengan memilih menu page layout. Kemudian pilih margin dan dapat dilanjutkan dengan custom margins lalu kamu dapat mengatur margin halaman. Dalam hal ini, atur margin bagian atas, bawah, kanan, dan kiri sesuai dengan yang kamu inginkan. Bingkai yang inginkan sudah dapat digunakan sesuai dengan kebutuhan kamu selanjutnya.

Cara Membuat Bingkai Surat Undangan Melalui MS. Word


Cara kedua dalam membuat bingkai adalah dengan menggunakan fitur kedua yaitu insert picture. Dalam hal ini, membuat bingkai undangan akan lebih sesuai dengan fitur tersebut karena kamu dapat lebih leluasa mengaturnya. Adapun langkah awal yang harus dilakukan dalam hal ini yaitu menyediakan gambar bingkai terlebih dahulu.

Kamu dapat mencari dan mendownloadnya melalui internet dan pilih salah satu diantaranya yang akan digunakan. Selanjutnya, buka aplikasi MS. Word dan atur serta tentukan dokumen agar sesuai dengan undangan yang dibuat. Pengaturan tersebut dapat berupa ukuran kertas atau dokumen, margin halaman, dan orientasi dokumen apakah portrait atau landscape.

Selanjutnya pilih menu page layout lalu watermark dan lanjutkan dengan custom watermark. Setelah itu, kamu dapat memilih bingkai yang sudah kamu download sebelumnya. Jika sudah dipilih, maka langkah selanjutnya adalah melakukan pengaturan pada bingkai.

Pengaturan dalam hal ini dilakukan dengan memilih Picture watermark dan dilanjutkan dengan menekan tombol Select Picture. Pastikan juga untuk mengatur gambar agar tidak transparan dengan menghilangkan centang washout. Pengaturan lainnya yaitu Scale yang digunakan untuk memperbesar atau memperkecil bingkai sehingga dapat menyesuaikan format kertas.

Jika dirasa sudah pas, tekan tombol Apply dan lanjutkan dengan mengklik OK. Dengan demikian, bingkai yang kamu buat sudah dapat digunakan. Kamu bisa mengisi bingkai undangan dengan tulisan yang sesuai dengan kebutuhan. Itulah cara-cara yang dapat dilakukan untuk membuat bingkai dengan sangat mudah melalui MS. Word. Melalui cara diatas kamu dapat membuat bingkai sesuai dengan kebutuhan tanpa perlu susah dan repot menggunakan aplikasi lainnya.

Jangan Lupa Share ya

Putri

SEO Content
"Wherever life plants you, bloom with grace."
Putri

Leave a Reply