Gadget /Komputer

Cara Membuat Aplikasi Android Mudah dan Cepat

Kamu mungkin bertanya-tanya, bagaimana cara membuat aplikasi android sendiri? Mungkin dibayanganmu akan terlintas ruwetnya menyusun coding hingga mengoprek photoshop guna mendapatkan desain yang menarik. Tapi siapa sangka, kamu bisa membuat aplikasi hanya dalam waktu 5 menit saja?

Hal ini mungkin terdengar tak masuk akal. Tapi dengan perkembangan teknologi yang semakin maju seperti sekarang ini, sepertinya istilah ‘tidak ada yang tidak mungkin’ cocok untuk digunakan. Ya, dengan perkembangan teknologi itulah, orang yang tidak paham coding sekalipun dapat membuat aplikasi dengan mudah. Tentunya kamu hanya bisa membuat aplikasi dengan template yang sudah disediakan saja. Tapi tenang, banyak hal yang bisa kamu lakukan dengan aplikasimu agar sesuai dengan keinginan.

Tidak hanya bisa mengubah isi sistem operasi sesuka hati saja, kamu juga bisa membuat aplikasi android sendiri yang nantinya mudah dimodifikasi. Memang segampang apa cara membuatnya?

Cara Membuat Aplikasi Android Tanpa Ribet Nyusun Coding

Aplikasi yang tersedia di Google Play Store kini sangat beragam. Saking banyaknya malah membuat kamu bingung sendiri ingin instal yang mana.  Sudah begitu, banyak aplikasi yang telah diinstal justru tidak sesuai dengan ekspetasi. Makanya supaya tidak kecewa dengan aplikasi orang lain, lebih baik kamu buat sendiri aplikasi androidnya!

Untuk membuat aplikasi android segampang apapun itu, tentu hal yang diperlukan pertama kali adalah niat. Setelah ada niat barulah action. Sebab, jika hanya niat, niatan kamu tidak akan terwujud tanpa ada action. Untuk lebih jelasnya, berikut ini adalah beberapa cara yang bisa kamu pilih untuk membuat aplikasi dengan sangat mudah:

Menggunakan Paraller Space

Di sini kamu bisa dengan mudah membuat kloningan aplikasi yang ingin kamu dapatkan tanpa harus pintar menyusuh coding. Parallel Space ini memungkinkan pengguna untuk mengganti tampilan aplikasi hasil kloning dengan mudah dan cepat. Hal ini membuat aplikasi kloningan tersebut tampak seperti baru. Tentu saja tampilan ini akan membuat aplikasi kamu terlihat berbeda. Dengan begitu, kamu bisa memasang aplikasi android bikinanmu di hp kesayanganmu!

Menggunakan iBuild App

Tak hanya menggunakan aplikasi seperti Parallel Space saja, kamu juga bisa menggandakan aplikasi android dengan menggunakan iBuild App. Ini bukan sebuah software, tapi sebuah website yang dapat kamu akses dengan mudah dan gratis.

 

 

 

Website ini seperti sebuah impian bagi orang yang buta coding tapi ingin buat aplikasi. Sebab di sini telah disediakan banyak sekali template yang bagus dan menarik yang bisa dipilih sesuka hati untuk membuat aplikasi sendiri. Kamu tinggal pilih saja template-nya, selanjutnya dimulai dengan mengisi data untuk membuat aplikasinya. Kamu bisa mengisi data sesuai dengan kebutuhanmu atau pun keinginanmu.

 

Dengan memanfaatkan website ini, kamu sama sekali tidak butuh campur tangan coding. Di sini kamu diarahkan untuk mengisi tiap komponen dari template aplikasi yang sudah disediakan, seperti layout, tombol akses sampai halaman aplikasi sudah disediakan oleh iBuild App. Hingga jadilah aplikasi keren buatanmu.

MIT App Inventor

Tak usah kuliah di MIT untuk bisa belajar membuat aplikasi android sekelas ilmuwan MIT. Sebab MIT kini telah mengembangkan sebuah situs yang dikenal dengan nama MIT App Inventor. Website ini memberikan berbagai kemudahan untuk kamu yang ingin membuat aplikasi tanpa coding.

Banyak yang disediakan oleh MIT App Inventor, salah satunya adalah template layout yang membuat kamu akan lebih mudah dalam membuat sebuah aplikasi. Tinggal klik Creat an App, kemudian mulai membuat proyek aplikasinya. Setelahnya, kamu tinggal memasukkan semua komponen aplikasi yang dibutuhkan. Meski tak memerlukan kemampuan coding, minimal kamu harus paham apa komponen yang kamu simpat di template yang disediakan. Mudah bukan?

Selain mempermudah orang-orang yang ingin membuat aplikasi namun tidak bisa menyusun coding, melalui tiga cara cepat di atas, kamu juga bisa mengasah kemampuan kamu untuk membuat aplikasi dari mulai yang sederhana terlebih dahulu. Siapa tahu ke depannya kamu tertarik belajar untuk membuat aplikasi yang lebih keren dan canggih. Dengan begitu bukan tidak mungkin suatu hari nanti kamu akan menjadi developer profesional.

 

Di sisi lain kehadiran tiga cara jitu di atas membuat semua orang bisa menjadi developer aplikasi dadakan. Meski aplikasi yang disediakan masih terhitung sederhana, tapi tentu kamu akan merasakan kepuasan tersendiri setelah menghasilkan aplikasi buatanmu.

Jika sudah membuat aplikasi, kamu bisa memamerkan aplikasimu kepada orang lain, misalnya teman atau keluarga terdekat dulu. Jika mereka menyukainya kamu bisa mengajak orang lain untuk menggunakan aplikasimu, atau bahkan kamu bisa menguploadnya di Google Play Store dan menghasilkan uang! Sunggh kesempatan yang menggiurkan bukan? Sayang jika kamu menyia-nyiakannya. Hanya dengan bantuan ketiga cara tersebut. Kamu sudah bisa menghasilkan uang dari aplikasimu! Semoga bermanfaat dan selamat mencoba.

Leave a Reply