Fashion

Cara Membersihkan Sepatu Kulit dengan Langkah Sederhana

Jangan Lupa Share ya

Sepatu kulit saat ini banyak di miliki oleh masyarakat di Indonesia, terutama para pegawai atau karyawan kantor. Banyak dari mereka yang kesusahan untuk membersihkan sepatu kulitnya karena tidak tahu cara untuk merawatnya. Nah, berikut ini akan di jelaskan secara lengkap mengenai langkah-langkah membersihkan sepatu kulit dengan sederhana berikut dengan cara penyimpanannya.

Cara Membersihkan Sepatu Kulit dengan Sederhana


Memiliki sepatu yang bersih tentunya akan membuat kita lebih nyaman ketika bekerja. Selain nyaman tentunya juga tidak menimbulka polusi bau kepada lingkungan sekitar. Untuk menghilangkan kotoran yang ada dalam sepatu jenis kulit ataupun jenis yang lainnya harus menggunakan peralatan yang tepat. Perawatan dan pembersihan antara sepatu kulit dengan sepatu kain tentunya berbeda jauh.

Nah, berikut ini adalah beberapa rekomendasi cara membersihkan sepatu kulit dengan langkah sederhana yang bisa kamu lakukan dengan mudah di rumah. Simak penjelasannya di bawah ini.

1. Menghilangkan Kotoran


Langkah pertama yang bisa kamu lakukan ketika akan membersihkan sepatu kulit adalah dengan menghilangkan kotorannya terlebih dahulu. Bersihkan kotoran yang menempel pada kulit sepatu menggunakan sikat sepatu yang sangat lembut. Saat ini banyak sekali toko yang menjual sikat sepatu Grade A khusus untuk membersihkan sepatu kulit.

Ketika sedang menghilangkan kotoran menggunakan sikat, hindari untuk menggosoknya terlalu keras karena hal tersebut bisa merusak kualitas kulit. Gosokkan sikat speatu secara menyeluruh pada sepanjang jahitan dan sol sepatu.

2. Lepaskan Tali Sepatu


Langkah selanjutnya yang harus di lakukan adalah dengan melepaskan tali sepatu apabila memilikinya. Simpan tali sepatu di tempat yang aman dan cuci bagian tali sepatu tersebut dengan mesin cuci ataupun menggunakan tangan. Apabila tali terlihat sangat kotor, kamu bisa menyikatnya.

3. Lap dengan Kain Basah dan Sabun


Setelah kotoran yang ada pada permukaan kulit hilang, maka seka bagian permukaan tali dengan kain basah menggunakan sedikit sabun. Cara melakukannya adalah dengan mencelupkan kain ke dalam air dan peras sedikit. Teteskan sedikit sabun cair pada permukaan kulit dan gosokkan kain secara perlahan.

4. Lap Kembali dengan Kain Basah


Setelah menyeka menggunakan sabun, langkah selanjutnya yang harus di lakukan adalah dengan menyeka kembali permukaan kulit sepatu dengan kain basah yang bersih. Tujuan dari menyeka pada langkah ini adalah agar permukaan sepatu bebas dari sabun. Biarkan bagian permukaan mengering dengan cara meletakkannya pada ruangan yang sejuk.

Ketika melakukan pengeringan, jangan sesekali meletakkan sepatu di dekat pemanas karena hal tersebut akan membuat bagian kulit sepatu retak dan berubah warna.

5. Bersihkan Kotoran pada Sepatu Menggunakan Tisu Bayi


Apabila sedang berada di luar rumah dengan menggunakan sepatu kulit, ada baiknya untuk selalu membawa tisu bayi di dalam tas. Hal tersebut akan membantu karena tisu bayi bisa menghilangkan kotoran yang ada di permukaan sepatu. Tisu bayi terbuat dari bahan yang sangat lembut sehingga tidak akan merusak kualitas dari sepatu kulit.

6. Menghilangkan Noda Garam dengan Campuran Cuka+Air


Langkah selanjutnya untuk membersihkan sepatu kulit adalah dengan mencampurkan cuka dan air untuk menghilangkan noda garam. Cara melakukannya adalah denga mencelupkan kain bersih ke dalam campuran tersebut dan menggosokkannya perlaha pada permukaan sepatu. Setalh itu, bilas permukaan sepatu menggunakan lap kain yang bersih dan lembab.

7. Mengoleskan Bedak untuk Noda Berminyak


Apabila sepatu kulit yang sedang kamu gunakan terkena minyak atau lemak daging, kamu bisa menghilangkannya secara lebih mudah dengan mengoleskan bedak untuk noda berminyak. Banyak masyarakat yang tidak tahu cara jitu ini karena menganggap noda minyak tidak bisa dihilangkan.

Cara penggunaan bedak untuk menghilangkan noda berminyak adalah dengan cara menempelkan taburan bedak di atas noda berminyak selama 2-3 jam supaa minyak terserap. Setelah 3 jam, bersihkan noda dengan sikat yang lembut. Apabila tidak ada bedak di rumah, kamu tetap bisa menggunakan tepung jagung sebagai bahan pengganti.

8. Mengoleskan Semir Sepatu


Langkah terakhir untuk membuat sepatu kulit tampak lebih bersih dan kinclong adalah dengan mengoleskan semir sepatu pada kulit. Cara melakukan penyemiran tentunya sama seperti sedang menyemir sepatu biasanya. Agar warna yang di hasilkan tetap bagus, gosok semir sepatu menggunakan kain dengan gerakan memutar.

Tips Merawat Sepatu Kulit


Setelah mengetahui tentang bagaimana cara melakukan perawatan pada sepatu kulit, berikut ini juga akan di berikan beberapa tips merawat sepatu kulit dengan mudah. Bagaimana sih proses perawatan sepatu kulit supaya lebih awet? Berikut adalah penjelasan lengkapnya.

  1. Hindari untuk menggunakan sepatu kulit yang sama selama berhari-hari untuk menghindari kotoran yang menumpuk pada bagian sepatu. Untuk menjaga kelembabannya, sepatu kulit juga memerlukan ‘istirahat’.
  2. Jangan meletakkan sepatu pada ruangan yang memiliki kadar kelembaban berlebih. Apabila sepatu kulit dalam keadaan basah, segera keringkan.
  3. Gunakan koran bekas yang di bentuk gumpalan dan memasukkannya ke dalam sepatu karena bisa membantu proses pengeringan.

Begitulah sedikit informasi mengenai cara membersihkan sepatu kulit dengan sederhana beserta dengan tips melakukan perawatannya.

BACA JUGA! 6 MERK SEPATU BOOTS PRIA YANG TERKENAL

Jangan Lupa Share ya

Putri

SEO Content
"Wherever life plants you, bloom with grace."
Putri

Leave a Reply