Babies /Kids

Cara Memberi Susu Pada Bayi Agar Tidak Tersendak

Jangan Lupa Share ya

Memberi atau menyusui bayi yang baru dilahirkan merupakan tugas utama dari seorang ibu. Bagi ibu yang baru saja dikaruniai anak pertama, sudah bisa dipastikan pekerjaan menyusui bisa menjadi tugas yang sangat berat. Tapi, lama kelamaan, tugas ini akan menjadi sangat menyenangkan. Mengapa demikian? karena menyusui mampu meningkatkan hubungan emosi khususnya bagi  ibu dan anak. Masalah yang sering dihadapi oleh ibu yang sedang menyusui yaitu bagaimana cara memberi susu pada bayi dan mencegah agar saat menyusui bayi tidak tersedak.

Menyusui merupakan salah satu kenangan yang tidak akan pernah terlupakan oleh semua ibu. meskipun anak Anda belum tentu mengingatnya ketika dewasa. Tetapi, ini akan meningkatkan hubungan perasaan antara ibu dan anak menjadi cukup kuat. Nah, agar moment ini tidak membuat anak tersendak, maka dari itu, mari simak cara memberi susu pada bayi yang baik dan benar seperti ulasan di bawah ini.

Persiapkan sebelum menyusui

Biasanya, ibu menyusui membutuhkan kondisi dan posisi yang nyaman, ketika bayi masih baru berusia beberapa hari. tetapi, setelah beberapa bulan lamanya, biasanya sang ibu sudah mahir untuk menyusui dalam berbagai kondisi dan juga posisi. Nah, untuk menunjang kenyamanan tersebut, berikut ini beberapa perlengkapan yang perlu disiapkan untuk ibu yang baru menyusui:

  1. Sediakan bra khusus untuk ibu menyusui. Bra ini  mampu penopang payudara agar lebih nyaman. bahkan, Ketika ibu ingin menyusui cukup membuka bagian khusus akses puting payudara ke sang bayi. Sehingga sang ibu tidak perlu membuka semua bra, sehingga membuat persiapan untuk menyusui menjadi lebih lama.
  2. Menggunakan pakaian menyusui. Ya, pada dasarnya memang tidak ada ketentuan khusus untuk menggunakan pakaian menyusui. Tetapi, sebaiknya ibu yang masih menyusui menggunakan pakaian yang mudah dibuka khususnya di bagian dada, pakaian seperti ini tergolong pakaian yang berbahan ringan.
  3. Sediakan bantal untuk menyusui atau bisa menggunakan bantal biasa. Untuk ibu yang pertama kali menyusui bayi yang masih berumur beberapa hari, sangat disarankan untuk menggunakan bantal penopang. Bantal berfungsi untuk meringankan agar lengan ibu tidak terlalu lelah ketika menyangga badan bayi. Bantal ini juga membuat posisi bayi ketika meminum susu lebih nyaman.
  4. Ibu yang menyusui, semakin hari biasanya produksi ASI akan terus meningkat. Sehingga hal ini bisa menyebabkan ASI bocor hingga merembes ke pakaian luar. Bahkan, ketika bra dibuka maka ASI bisa menyemprot dan membuat bayi tersedak karena belum siap menghisap ASI. Maka dari itu, sangat disarankan untuk menggunakan bantalan payudara agar bisa menyerap ASI yang bocor dan mencegah ASI menyemprot.

Cara menyusui sambil tidur miring satu sisi

  • Ketika ibu ingin menyusui sambil tiduran, maka cara memberi susu pada bayi pertama yaitu berbaring atau miring pada salah satu sisi.
  • Kemudian, tempatkan kepala ibu pada bantal yang posisinya yang lebih tinggi dari badan.
  • Nah, agar posisi bayi bisa lebih dekat dengan payudara ibu, tempatkan posisi bayi pada payudara yang berada di bagian bawah.
  • Gunakan lengan bagian bawah Anda untuk menyangga kepala bayi agar bayi bisa lebih nyaman ketia menyusu.

Posisi  seperti ini sangat baik bagi ibu yang sudah menjalankan persalinan secara normal. Selain itu, posisi seperti ini bisa digunakan untuk cara memberi susu pada bayi pada malam hari. Tetapi, Ibu yang menjalani persalinan secara caesar baru bisa mencoba posisi menyusui seperti ini ketika luka operasi sudah benar-benar sembuh agar lebih aman.

Tips Menyusui untuk Semua Posisi Menyusui

Ketika menyusui, Ibu harus selalu  merasa nyaman. buatlah tubuh Anda ketika menyusui terasa sangat nyaman. hal ini bisa dilakukan dengan cara:

  • Menggunakan bantal  untuk menunjang kenyamanan di bagian punggung Anda.
  • Bersandar di kursi yang lembut, sehingga punggung terasa lebih nyaman.
  • Mengangkat kaki ke meja agar bisa sejajar dengan posisi duduk Anda.
  • Menggunakan ganjalan untuk di taruh di bagian kaki agar tubuh tidak terlalu membungkuk.
  • Gunakan bantal atau bisa juga menggunakan selimut untuk menopang lengan Anda.

Catatan, apapun posisi yang Anda gunakan. Pastikan bahwa tubuh bayi Anda tidak terlalu jauh dengan payudara Anda. sehingga sudah dijamin bayi sangat nyaman.

Demikian ulasan tentang cara memberi susu pada bayi agar tidak tersedak. Semoga artikel ini sangat bermanfaat bagi ibu-ibu baru melahirkan. Yang terpenting, utamakan kenyamanan bayi dan kenyamanan ibu. Semoga bermanfaat.

Jangan Lupa Share ya

Leave a Reply