Edukasi

Cara Membatalkan Interview Kerja dengan Sopan

Jangan Lupa Share ya

Mengikuti interview kerja menjadi bagian yang begitu mendebarkan bagi para pelamar kerja. Namun siapa sangka, ada beberapa hal yang menyebabkan Kamu terpaksa untuk membatalkan interview tersebut. Selain urusan penting yang tidak bisa ditinggalkan, kadang kala di waktu bersamaan, seseorang juga mendapatkan jadwal wawancara dari perusahaan lain.

Bagi Kamu yang saat ini mendapatkan jadwal wawancara namun hendak membatalkannya, berikut ini adalah cara membatalkan interview kerja dengan sopan:

Membatalkan Jadwal Awal dengan Maksud Memindah Jadwal


  • Meminta Perubahan Jadwal kepada Perusahaan

Dalam penyelenggaraan interview kerja, sering kali perusahaan juga menjadwalkan ujian secara bergelombang. Namun juga tidak jarang perusahaan yang akan menilai Kamu tidak profesioal karena meminta pergantian waktu. Bagi perlamar yang memiliki sistem perusahaan tidak kaku, tentu mengajukan pergantian jadwal pada gelombang yang lain adalah langkah terjangkau.

Perlu diingat, ketika diperbolehkan melakukan pergantian jadwal, buatlah alasan rasional mengapa harus melakukan pergantian tersebut. Tindakan ini akan mengembalikan kepercayaan interviewer dalam menilai kepribadian dan kinerja Kamu. Tentu, alangkah baiknya jika sebelum melamar harus memastikan dahulu kegiatan dan tanggal-tanggal penting agar terprospek.

  • Temuilah pihak penyelenggara secara langsung

Ada baiknya jika setelah Kamu melakukan izin melalui surat atau e-mail, dapat dikuatkan lagi melalui penjelasan secara langsung kepada penyelenggara. Pertemuan langsung menjadi penting karena beberapa hal.

Pertama, membangun kesan bahwa alasan pembatalan maupun penundaan begitu kuat. Kedua, membangun kesan bahwa Kamu merupakan pelamar yang begitu berniat namun memang tengah mengalami kendala. Ketiga, membangun kepercayaan dengan perusahaan untuk kepentingan kerja selanjutnya (menghindari sistem black list).

  • Temuilah interviewer secara langsung

Bagi Kamu yang sudah mengetahui siapa saja yang akan menjadi dewan penguji, maka temuilah mereka dan menyatakan secara jujur kendala tersebut. langkah ini lebih meyakinkan jika dilakukan setelah mendapatkan izin dari pihak penyelenggara atau perusahaan. Sebab, persoalan seperti ini juga membutuhkan lobying yang cukup menambah pekerjaan bagi mereka.

Menemui interviewer secara langsung juga akan menunjukkan bahwa Kamu adalah seorang pelamar yang begitu bersungguh-sungguh. Mereka akan memahami kendala yang tengah dialami. Bertemu langsung lebih direkomendasikan dibandingkan melalui cara mengirimkan pesan SMS, telepon, maupun melampirkan surat.

  • Jangan mengatakan jika ada jadwal di tempat lain

Di tengah sulitnya peluang kerja, tentu tidak mengherankan lagi seseorang melamar pekerjaan bercabang. Jika Kamu hendak melakukan penggantian jadwal karena bersamaan dengan jadwal wawancara di perusahaan lain, maka pilihlah satu perusahaan yang memiliki aturan mudah untuk melakukan pergantian.

Setelah memilah, langkah selanjutnya adalah mengubungi pihak penyelenggara. Ketika menghubungi pihak perusahaan atau penyelenggara, lebih meyakinkan jika menjelaskan bahwa ada kegiatan lain yang juga tidak bisa ditinggalkan. Sebagai cara melihat peluang, hal ini sah-sah saja dilakukan, namun dengan syarat bahwa proses permohonan dilakukan dengan cara yang sopan.

Membatalkan Jadwal dengan Maksud Tidak Akan Mengikuti Interview


  • Menghubungi perusahaan sesegera mungkin

Setelah mendapatkan informasi penyelenggaraan interview kerja namun Kamu tidak lagi menginginkannya, maka segeralah menghubungi pihak perusahaan. Tindakan ini bisa dilakaukan dengan bantuan telepon, e-mail, maupun surat.

Dengan menguhubungi perusahaan sesegera mungkin akan membantu penyelenggara interview. Mereka tentu dimudahkan dengan adanya laporan kehadiran yang jelas. Sikap ini dapat menolong Kamu jika seuatu saat nanti menginginkan untuk melakukan lamaran kerja kembali.

  • Membuat pernyataan alasan pembatalan dengan jujur

Meski membatalkan karena ada hal penting lainnya, berilah keterangan pembatalan secara jujur. Hal ini akan membentuk karakter bagi Kamu yang menggeluti dunia kerja di perusahaan.

Sikap seperti ini selain menguntungkan perusahaan adalah perilaku sopan yang dapat Kamu terapkan. Di dunia perusahaan tentu sulit mencari pekerja-pekerja yang bekerja dengan ketulusan dan kejujuran.

  • Tidak mendiskreditkan perusahaan penyelenggara

Selain memberikan keterangan jujur, hendaknya alasan yang diberikan bukan mendiskreditkan perusahaan yang tidak lagi kita minati. Tentu perilaku ini merupakan nilai yang tidak baik dalam berkomunikasi. Dengan memberikan keterangan yang jauh lebih diplomatis dan rasional adalah cara yang lebih baik untuk melakukan pembatalan.

  • Bersikap profesional

Interview kerja adalah tahapan yang begitu menentukan hubungan pelamar dan perusahaan. Tentu jika Kamu memiliki urusan lain yang jauh lebih penting dan memutuskan untuk tidak melakukan interview harus dilakukan dengan profesional. Sikap profesional sangat perlu diterapkan, sebab akan menjadi modal bagi kita untuk menjalin relasi atau kerja sama.

Dalam tahapan ini, pihak perusahaan terlebih dahulu akan mempelajari profil diri Kamu. Dengan tetap menjaga sikap profesionalitas, pihak internal perusahaan sangat mungkin tetap menyimpan profil yang dianggap berpotensi dan menguntungkan bagi mereka. Tindakan ini juga menguntungkan karena hubungan baik senantiasa terjalin. Nah, itulah tadi beberapa cara yang dapat Kamu lakukan untuk membatalkan interview kerja dengan cara yang sopan.

BACA JUGA! INILAH HAL-HAL PENTING DALAM WAWANCARA YANG HARUS DIPAHAMI

Jangan Lupa Share ya

Putri

SEO Content
"Wherever life plants you, bloom with grace."
Putri

Leave a Reply