Hobby

Cara Membaca Not Balok Dasar Bagi Pemula

Jangan Lupa Share ya

Untuk kamu yang ingin menjadi seorang musisi terkenal yang dapat memainkan berbagai jenis alat musik, maka diwajibkan untuk selalu belajar alat musik dengan giat. Sebelum itu kamu juga harus memastikan jika kamu telah mempelajari not balok yang yang akan selalu digunakan di berbagai alat musik seperti piano, gitar, ataupun saxophone. Ketika kamu sudah ahli dan paham betul dengan not balok maka kamu pun bisa dengan mudah merangkai beberapa not balok agar bisa menciptakan lagu sendiri.

Not yang ada di dalam musik dapat dibedakan kedalam dua jenis yang pertama adalah not angka dan yang kedua adalah not balok. Sama seperti namanya not angka akan ditulis dengan menggunakan angka contohnya saja dengan do angka 1, re dengan angka 2 dan mi dengan angka 3. Sedangkan untuk not balok akan digambarkan dengan cara bulatan hitam yang dapat diberikan tangkai atau tidak dan hal tersebut akan tergantung pada pemakaiannya.

Kunci dalam Not Balok


Sebetulnya pada umumnya terdapat tiga kunci pada not balok yang seringkali dipakai oleh kebanyakan orang baik itu musisi maupun orang awam. Dari ketiga kunci tersebut seringkali dipanggil dengan kunci F kunci G dan kunci C. akan tetapi untuk bagian kunci C jarang sekali digunakan dan hal tersebut berbeda dengan 2 kunci lainnya.

Untuk kunci yang diletakkan pada setiap awal staff, staff sendiri merupakan lima garis serta 4 spasi yang digunakan untuk meletakkan not. Kunci C merupakan tenor, untuk kunci G merupakan treble dan kunci F adalah bass. Dan yang lebih mudah lagi kunci G akan digunakan pada tangan bagian kanan dan sedangkan untuk kunci F sering kali dimainkan oleh tangan kanan ketika kamu memainkan musik piano.

Trik Cepat Membaca Not Balok Musik Gitar bagi Pemula


Dulu untuk kamu ketahui jika not penuh atau whole not mempunyai nilai 4 ketukan maksudnya ialah ketika kamu memetik nada C yang merupakan tipe not penuh maka nada yang akan muncul pun akan tetap berbunyi selama 4 ketukan.

Berikutnya ada enam setengah atau disebut dengan host not yang mempunyai nilai sebanyak 2 ketukan. Jadi ketika kamu membunyikan not tersebut akan berbunyi dua ketukan lalu selanjutnya Akan berpindah ke not yang lain. Kemudian ada lagi not seperempat yang juga disebut sebagai quater note, di mana bunyi not ini ada pada setiap 1 ketukan.

Berikutnya adalah not seperdelapan atau eight not yang mempunyai nilai setengah ketukan dimana not ini memang cukup berbeda karena kamu diwajibkan untuk memainkan dua not untuk satu kali ketukan saja.

Teknik Membaca Not Balok Piano untuk Pemula


Cara pertama yang harus kamu lakukan ialah mengenali terlebih dahulu garis serta spasinya. Di mana anda nantinya akan melihat dua garis serta 4 buah ruang yang ada di antara garis-garis tersebut. Secara keseluruhan dari serta ruang tersebut akan memiliki nama paranada atau staf.

Ketika semakin tinggi pendapatan ada yang ada di paranada maka akan semakin tinggi juga nada tersebut bahkan sebaliknya. paranada pun juga mempunyai kunci yang secara keseluruhan bisa mempengaruhi keselarasan dari nada yang ditetapkan pada setiap ruang dan jumlah barisnya.

Kemudian kamu juga harus mengenali kunci musik. Kunci mu sendiri mempunyai beragam bentuk serta posisinya akan berada di awal paranada. Kunci mempunyai fungsi untuk menandakan nada-nada apa saja yang akan dipresentasikan pada setiap garis dan ruang tersebut. Untuk ukuran yang tergolong besar sehingga menjadikan kunci musik sangat mudah untuk dikenali. Untuk seorang pemula kamu harus mengenal serta mempelajari 2 kunci musik dari piano yakni kunci treble dan kunci bass.

Selanjutnya kamu juga harus mengenali tanda nada. Dimana tanda nada merupakan tanda yang akan yang akan mengindikasi adanya perubahan nada. Umumnya nada yang asli akan diberikan label huruf. apabila terdapat sebuah perubahan yang Laras contohnya saja terdapat kenaikan setengah laras maka nanti akan muncul tanda seperti kres atau sharp yang berada di laras tersebut, misalnya saja A# ataupun Bb.

Yang mana tanda-tanda tersebut akan muncul pada bagian awal paranada yang tepatnya berada di samping kunci nada. Garis-garis maupun ruang-ruang yang terkenal dari tanda nada entah itu # ataupun B pastinya akan mempunyai laras nada yang berbeda pada setiap laras aslinya.

Itulah sekilas info yang bisa diberikan kepada kamu mengenai trik cepat dalam membaca not balok musik bagi seorang pemula. Pastikan jika kamu benar-benar mempelajari not balok sehingga kamu bisa menciptakan musik mu sendiri. Semoga sajapenjelasan di atas dapat berguna dan bermanfaat untuk kamu semua.

BACA JUGA! CARA MEMILIH GITAR YANG BAGUS UNTUK PEMULA

Jangan Lupa Share ya

Putri

SEO Content
"Wherever life plants you, bloom with grace."
Putri

Leave a Reply