Hobby

Cara Memandikan Kelinci yang Baik dan Benar

Jangan Lupa Share ya

Memelihara binatang menjadi hobi tersendiri bagi sebagian orang. Selain untuk mengisi waktu senggang, hal ini juga dapat meningkatkan rasa cinta kasih dan peduli kita terhadap makhluk ciptaan Tuhan. Banyak jenis binatang yang dapat kamu pelihara, misalnya saja kelinci. Bulunya yang halus dan bentuknya yang lucu membuat banyak orang menyukainya.

Untuk memelihara kelinci, kamu harus benar-benar memperhatikannya dengan baik mulai dari cara memberinya makan hingga cara memandikannya. Kelinci harus dimandikan agar selalu bersih dan sehat. Untuk memandikan kelici juga tidak boleh asal-asalan, terdapat teknik khusus yang harus kamu perhatikan. Di bawah ini akan diuraikan cara memandikan kelinci yang baik dan benar.

Cara Memandikan Kelinci dengan Benar


Terdapat beberapa langkah yang harus kamu lakukan untuk memandikan kelinci kesayanganmu dengan baik dan benar, antara lain :

Menyediakan perlengkapan mandi kelinci

Sebelum memandikan kelinci, hal pertama yang harus kamu lakukan adalah menyiapkan perlengkapan mandi apa saja yang dibutuhkan. Beberapa perlengkapan mandi tersebut, antara lain :

  • Air hangat
  • Bak mandi
  • Sampo khusus kelinci
  • Cutton Bud
  • Baby oil
  • Gunting kuku
  • Bedak bayi
  • Handuk kering
  • Hairdryer
  • Sisir

Untuk hairdryer dan gunting kuku, bisa diskip jika kamu tidak memilikinya. Hairdryer digunakan untuk mengeringkan bulu kelinci yang basah agar cepat kering sedangkan gunting kuku, hanya akan kamu perlukan saat merasa kuku kelinci kamu wajib untuk dipotong. Untuk perlengkapan mandi selain dua alat tersebut, wajib untuk kamu siapkan.

Setelah semua perlengkapan mandi telah siap, maka selanjutnya kamu siap untuk memandikan kelincimu.

1. Mengisi air hangat ke dalam bak mandi

Isilah bak mandi yang telah disiapkan dengan air hangat yang telah dipersiapkan sebelumnya sekitar seperempat atau setengah badan kelinci. Usahakan suhu air tersebut pas, tidak terlalu panas karena air yang terlalu panas akan menyakiti tubuh kelinci.

2. Mengambil kelinci dan menaruh kapas

Setelah air hangat telah siap, maka ambillah kelinci dengan posisi membelakangimu agar dia tidak memberontak saat kamu ambil. Kemudian tutuplah telinga kelinci dengan kapas untuk mencegah air masuk ke dalam telinga saat dimandikan. Namun, jika kamu telah ahli dalam memandikan kelinci, penggunaan kapas untuk penutup telinga boleh tidak kamu lakukan.

3. Masukkan kelinci ke dalam bak mandi

Masukkan kelinci dengan hati-hati dan pelan-pelan ke dalam bak mandi agar kelinci menyesuaikan diri dulu dengan kondisi airnya. Biasanya, kelinci akan memberontak ingin lari jadi, kamu harus tetap memegangnya jangan sampai lepas.

4. Basuhlah kelinci hingga merata

Setelah dimasukkan dalam bak mandi, maka siram dan basuhlah tubuh kelinci dengan air hangat hingga merata. Pijatlah dengan lembut tubuh kelinci dan yang paling penting, jangan sampai air masuk ke dalam mulut, lubang telinga maupun lubang hidung.

5. Berikan sampo kelinci

Setelah air merata, oleskan sampo ke seluruh tubuh kelinci dan pijat-pijat hingga merata. Bersihkan telapak kaki, belakang telinga, bagian anus, selangkangan, dan bagian-bagian lain yang biasanya terlihat kotor. Pilihlah sampo yang tidak pedih di mata agar nyaman saat dipakai kelinci, misalnya sampo bayi, sampo kucing atau sampo khusus kelinci.

6. Bilaslah tubuh kelinci

Setelah semua kotoran bersih, bilaslah tubuh kelinci hingga busanya benar-benar hilang. Jika telah bersih maka angkatlah kelinci ke tempat yang kering kemudian lap tubuhnya menggunakan handuk kering yang telah disiapkan.

7. Keringkan kelinci dengan hairdryer

Penggunaan hairdyer memang sangat dianjurkan untuk mengeringkan kelinci karena dengan begitu bulu kelinci akan cepat kering dan kelinci tidak merasa kedinginan. Namun sayangnya, tidak semua orang memiliki hairdryer untuk mengeringkan kelinci. Buat kamu yang tidak memilikinya, kamu tidak perlu khawatir.

Cukup siapkan satu lagi handuk kering yang dijemur di bawah sinar matahari untuk mengeringkan bulu kelinci kesayanganmu.

8. Membersihkan telinga kelinci dengan cutton bud

Gunakan cutton bud dan baby oil untuk membersihkan telinga kelinci kamu setelah mandi. Biasanya pada telinga kelinci terdapat banyak kotoran yang mengandung bakteri.

9. Bubuhi kelinci dengan bedak bayi dan sisirlah

Setelah semua proses memandikan selesai maka bubuhilah bulu kelinci dengan bedak bayi untuk mematikan kutu yang biasa terdapat dalam bulu kelinci. Kemudian sisirlah bulunya agar tampak rapi. Jika kuku kelinci kamu sudah panjang, maka potonglah menggunakan pemotong kuku. Namun, dengan catatan tidak boleh memotong kuku kelinci yang sedang hamil.

Waktu yang Tepat untuk Memandikan Kelinci


Terdapat waktu khusus yang pas untuk memandikan kelinci kamu yaitu pada pagi hari antara jam 7 hingga jam 10. Pada jam-jam tersebut, kamu dapat sekaligus menjemur kelinci setelah selesai dimandikan. Untuk kelinci yang masih berumur 1 atau 2 bulan, alangkah baiknya jika kamu menggunakan tisu basah non alkohol untuk membersihkannya.

Banyak yang bilang jika kelinci lebih baik dimandikan jika umurnya telah mencapai 6 bulan ke atas. Itulah sekilas uraian mengenai cara memandikan kelinci yang baik dan benar. Kamu dapat mencoba untuk mempraktikkannya sendiri pada kelinci kesayanganmu.

BACA JUGA! YUK KUPAS ABIS TENTANG KELINCI!

Jangan Lupa Share ya

Putri

SEO Content
"Wherever life plants you, bloom with grace."
Putri

Leave a Reply