Edukasi

Cara Melatih Vokal agar Suara Bagus

Jangan Lupa Share ya

Setiap orang berharap memiliki suara yang bagus, jernih kalaupun suaranya serak, pasti menginginkan serak yang bagus. Tetapi, suara bagus terkadang hanya dimiliki oleh sebagian orang, namun karena tidak pernah berlatih, sehingga suaranya tidak sebagus saat sering berlatih.

Bagi kamu yang ingin memiliki suara yang bagus, kamu bisa melatih vokal kamu dengan cara-cara sebagai berikut.

Melatih Pengucapan


Dalam dunia tarik suara, melatih pengucapan dengan benar disebut dengan artikulasi. Artikulasi ini sangat penting dalam melatih vokal kamu. Caranya, kamu bisa memulai dengan mengucapkan kata-kata yang sulit atau rumit dengan kecepatan yang bervariasi, mulai dari kecepatan rendah hingga kecepatan tinggi. Latihan artikulasi ini tidak hanya sekali, tapi berulang kali agar lebih bagus dalam pengucapan dan tidak terkesan di seret-seret.

Pelatihan Kekuatan Suara


Untuk menghasilkan vokal yang bagus, kamu harus memiliki suara serta vokal yang kuat. Suara yang kuat bukan berarti suara yang keras, jadi kamu tidak perlu berteriak-teriak dalam melatih kekuatan suara. Apabila kamu berteriak, maka suara akan terdengar tidak jernih atau seperti teriakan.

Cara yang dapat kamu gunakan untuk malatih agar suara kamu kuat yaitu, kamu bisa mencoba untuk meniup lilin sampai pada dengan jarak 1,5 meter dari lilin. Lakukan hal tersebut, sampai sekitan 20 hingga 30 kali pengulangan dalam sehari. Lakukan secara rutin, tidak harus setiap hari.

Melatih Pernafasan


Memiliki suara vokal yang bagus pastinya tidak terlepas dari teknik pernafasan yang bagus. Teknik bernapas ada dua yaitu, teknik pernafasan dengan menggunakan dada, dan teknik pernafasan dengan menggunakan perut. Pada saat bernyanyi, teknik pernafasan yang ampuh atau efektif adalah teknik pernafasan dengan menggunakan perut.

Berikut merupakan cara melatih teknik pernafasan agar menghasilkan suara yang bagus,

  1. Posisi tubuh dalam keadaan tegak baik punggung maupun badan. Dapat menggunakan cara berdiri maupun duduk dengan cara bersila.
  2. Tariklah nafas sedalam-dalamnya dengan menggunakan pernafasan perut kemudian semabri menarik nafas dalam, hitunglah sampai 10 detik. Usahakan pada detik ke 10, perut mengembung penuh.
  3. Selanjutnya tahan nafas selama 10 detik
  4. Pada posisi perut yang masih mengembung, tahanlah nafas, hingga perut yang mengembung menjadi keras, untuk melihat perut menjadi keras, kamu bisa melihatnya dengan cara menakan perut.
  5. Apabila perut sudah terasa keras, kamu bisa mengeluarkan nafas secara perlahan melewati mulut selama kurang lebih 10 detik. Lalu pada detik ke 10, kamu bisa mengeluarkan nafas sambil membunyikan “sessss”
  6. Selanjutnya, kamu bisa mengulangi langkah 1 sampai 5 secara rutin. Kamu bisa menambah lamanya waktu, dengan cara bertahap.

Pelatihan Vibrasi


Vibrasi adalah bunyi suara. Berikut merupakan cara melatih teknik vibrasi.

  1. Posisikan tubuh dalam kedaan benar-benar rileks
  2. Bernyanyilah dengan nada tinggi namun secara benar
  3. Kamu bisa merasakan terdapat udara mengalir mulai dari dalam hingga ke uar pita suara kamu.
  4. Kamu akan merasakan adanya getaran
  5. Cobalah untuk fokus sehingga kamu mendapatkan alunan vibrasi pada nyanyian tersebut secara alami atau natural
  6. Jangan membuat vibrasi sendiri dengan membuat tenggorokan bergerak-gerak. Hal tersebut malah akan membuat kamu cepat lelah dan kehabisan tenaga, akibatnya suara menjadi kurang stabil.
  7. Apabila kamu sudah merasakan vibrasi, kamu bisa menggerak-gerakkan dalam tenggorokan secukupnya. Hal tersebut bergantung pada alunan lagu.
  8. Latihan vibrasi tidak bisa dengan terbur-buru, tapi harus pelan-pelan agar vibrasi menjadi natural

Latihan Suara Tinggi


  1. Kamu bisa melemaskan pita suara kamu, dengan melakukan pemanasan seperti, menyanyikan berbagai bunyi dengan beragam oktaf baik tinggi ataupun rendah sesuai dengan vokal kamu
  2. Lakukanlah latihan secara rutin dan sering. Karena, apabila tidak terdapat latihan, maka pita suara akan melempem. Kamu dapat berlatih menggunaka alat musik
  3. Cobalah menyanyikan lagu yang bisa mencapai oktaf yang paling baik kemudian nyanyikan lagu tersebut secara berualang-ulang.
  4. Apabila kamu mampu menyanyikan nada yang tinggi pada lagu tersebut, selanjutnya kamu bisa mencoba berlatih menggunakan nada lain yang memiliki nada tinggi hampir sama dengan lagu pertama.
  5. Kemudian nyanyikanlah lagu yang memiliki oktaf terendah dan ulangi menyanyikan lagu tersebut. Apabila kamu mampu menyanyikan nada yang rendah pada lagu tersebut, selanjutnya kamu bisa mencoba berlatih menggunakan nada lain yang memiliki nada rendah hampir sama dengan lagu pertama.

Itulah cara melatih vokal kamu agar kamu memiliki suara bagus. Apabila kamu berhasil, sebaiknya kamu menjaga suara kamu dengan mengonsumsi makanan yang bagus untuk suara, hindarilah makanan yang mengandung lemak berlebih atau minuman yang terlalu dingin, dikhawatikan suara kamu menjadi serak dan kembali seperti semula. Semoga Bermanfaat.

BACA JUGA! 6 LAGU YANG MUDAH DINYANYIKAN UNTUK PEMULA DALAM MELATIH VOKAL

Jangan Lupa Share ya

Putri

SEO Content
"Wherever life plants you, bloom with grace."
Putri

Leave a Reply