Sports /Hobi /Otomotif

Cara Melakukan Sit Up Bagi Pemula

Jangan Lupa Share ya

Memiliki perut yang rata merupakan impian bagi setiap orang baik laki-laki maupun perempuan. Banyak cara yang mereka tempuh untuk meratakan perut antara lain: dengan meminum jamu, mengkonsumsi obat herbal, memakai ramuan tradisional maupun berolahraga. Dari berbagai cara tersebut, cara yang paling aman dan tanpa efek samping adalah dengan berolahraga.

Bagi kamu yang ingin meratakan perut dengan berolahraga, kamu dapat mencoba melakukan sit up. Sit up memang memiliki banyak kegunaan bagi tubuh dan salah satunya adalah untuk memperkuat otot perut sekaligus meratakan perut. Pada dasarnya, gerakan sit up bukan untuk membakar lemak, namun khusus untuk membentuk perut.

Jadi, sit up bukanlah latihan untuk melangsingkan tubuh tapi untuk membentuk tubuh agar tampil sempurna. Jadi, buat kamu yang ingin melangsingkan tubuh dan mengecilkan perut buncit, alangkah baiknya jika kamu melakukan olahraga kardiovaskular terlebih dahulu untuk membakar lemak-lemak tubuh. Selanjutnya baru membentuk otot perut dengan latihan sit up.

Buat kamu yang penasaran bagaimana cara melakukan latihan sit up bagi pemula? Di bawah ini akan diuraikan beberapa penjelasannya.

Poin Penting Sebelum Melakukan Sit Up


Bagi kamu para pemula yang ingin melakukan sit up, terdapat beberapa poin penting yang harus kamu perhatikan terlebih dahulu, antara lain :

  • Jika kamu memiliki perut gendut atau buncit, jangan langsung berlatih sit up. Namun, akan lebih baik jika kamu latihan kardio terlebih dahulu untuk membakar lemak baru melakukan sit up. Jika kamu berlatih kardio terlebih dahulu, maka tubuh kamu akan terbiasa dengan olahraga sehingga latihan sit up akan lebih mudah dilakukan.
  • Untuk melakukan latihan sit up, kuncinya bukan terletak pada banyaknya gerakan namun dari konsistensinya. Jadi, bagi kamu pemula, jangan langsung melakukan sit up sebanyak-banyaknya karena hal tersebut tidaklah langsung berpengaruh pada perut kamu. Jadi, lakukan secara konsisten dan bertahap karena hal tersebut lebih bagus daripada banyak namun tidak rutin.
  • Jika kamu melakukan gerakan sit up dengan meletakkan tangan di belakang leher maka jangan mendorong leher kamu dengan tangan, karena sit up bertumpu pada otot perut bukan otot leher.
  • Sebelum melakukan latihan sit up, lakukan pernafasan secara baik dan teratur karena latihan sit up memerlukan pengaturan napas yang baik
  • Jika kamu menderita osteoporosis, sebaiknya hindari latihan sit up

Cara Melakukan Sit Up Bagi Pemula yang Benar


Sebelum melakukan latihan olahraga apapun, hal yang utama yang harus kamu lakukan adalah melakukan pemanasan. Dengan melakukan pemanasan akan mengurangi risiko cedera serta dapat meningkatkan suhu tubuh. Begitu juga saat akan melakukan latihan sit up. Lalu bagaimana cara melakukan sit up yang benar bagi pemula, berikut beberapa langkah-langkahnya :

  1. Terletangkan tubuh di atas matras atau alas. Pilihlah alas yang tidak terlalu keras dan tidak pula terlalu empuk. Alas yang nyaman akan menghindarkan kamu dari cedera tulang punggung.
  2. Tekuklah lutut hingga membentuk sudut siku-siku atau sebesar 90 derajat dan telapak kaki menyentuh alas
  3. Letakkan kedua tangan di atas bahu secara berlawanan sehingga tangan saling bersilangan di atas dada atau kamu juga bisa meletakkan tangan di belakang kepala atau telinga
  4. Angkatlah tubuh sampai mendekati lutut dengan bertumpu pada otot perut sambil membuang napas, namun ada juga yang menyarankan mengangkat kepala sedikit saja hingga membentuk sudut sebesar 30 derajat
  5. Kemudian turunkan kembali tubuh dengan perlahan dan gunakan otot perut untuk menahan tubuh agar tidak turun secara terhentak namun perlahan sambil mengambil napas
  6. Lakukan secara berulang-ulang dan hentikan latihan jika tubuh merasa sudah tidak kuat. Jika kamu merasakan tekanan atau rasa sakit di bagian lain selain di perut, maka hentikan gerakan karena kemungkinan gerakan sit up yang kamu lakukan belum tepat.

Kesalahan Umum yang Sering Dilakukan Pemula


Bagi pemula, mungkin banyak kesalahan yang akan dilakukan saat melakukan latihan sit up karena memang baru belajar. Kesalahan umum yang sering dilakukan oleh pemula, antara lain :

  • Pada langkah 4 atau 6, yaitu saat mengangkat tubuh ke atas, usahakan jangan terlalu menekuk leher ke depan. Hal tersebut memang akan memudahkan kamu melakukan gerakan sit up namun juga berpengaruh pada kekuatan otot perut kamu.
  • Usahakan agar tangan jangan sampai lepas karena jika tangan lepas maka gerakan sit up akan menjadi lebih mudah sehingga menjadi tidak efektif. Tetap letakkan tangan menyentuh belakang telinga sehingga tidak akan terlepas ataupun ikut berayun.
  • Jangan mengandalkan otot leher maupun otot paha untuk mengangkat tubuh jadi, pusatkan tumpuan pada otot perut sehingga otot perut akan berkontraksi sehingga akan mendapatkan hasil yang maksimal.

Melakukan latihan sit up yang salah justru akan membuat tubuh terasa lelah dengan hasil yang kurang efektif bahkan dapat membuat cedera. Jadi, lakukan latihan sit up dengan gerakan yang benar untuk mendapatkan hasil yang memuaskan.

Itulah cara melakukan sit up bagi pemula yang ingin mendapatkan perut six pack. Selamat mencoba.

BACA JUGA! CARA MENGHILANGKAN LEMAK PERUT DENGAN BAHAN ALAMI

Jangan Lupa Share ya

Putri

SEO Content
"Wherever life plants you, bloom with grace."
Putri

Leave a Reply