Sports /Hobi /Otomotif

Cara Melakukan Push Up yang Benar

Cara Melakukan Push Up yang Benar

Jangan Lupa Share ya

Olahraga merupakan aktivitas yang sangat penting karena bermanfaat untuk kesehatan jika dilakukan dengan benar. Salah satu olahraga ringan yang dapat dilakukan dalam olahraga sehari-hari adalah push up. Olahraga ini sangat direkomendasikan karena selain tidak membutuhkan biaya apapun juga sangat mudah untuk dilakukan. Selain itu, olahraga ini juga sudah umum dikenal di kalangan masyarakat.

Umumnya olahraga ini dilakukan dengan menumpukan seluruh berat badan pada kekuatan lengan. Dengan cara tersebut maka lengan akan mendapatkan efek pengencangan pada otot dan lebih lanjut terlihat lebih signifikan.

 

Cara Melakukan Push Up yang Benar

Akan tetapi hasil tersebut akan bisa diperoleh jika olahraga ini dilaksanakan secara rutin dan disiplin. Selain itu, push up juga dapat membantu menghilangkan lemak pada bagian perut. Untuk dapat mengetahui lebih dalam lagi terkait manfaat lain dan cara melakukan push up dengan benar. Berikut ini terdapat beberapa pengetahuan terkait olahraga push up yang perlu kamu ketahui.

Manfaat Push Up


Sebelum mengetahui tentang cara melakukan push up yang benar, ada baiknya untuk mengetahui terlebih dahulu manfaatnya. Sebelumnya sudah disebutkan sedikit manfaat dari olahraga push up. Selain itu, terdapat manfaat lainnya yang perlu diketahui agar lebih bersemangat untuk melaksanakannya.

Dalam hal ini, manfaat lain dari olahraga push up yaitu mampu mengencangkan otot. Adapun bagian otot tubuh yang dapat dikencangkan dalam hal ini yaitu terdiri dari otot lengan, otot dada, dan juga otot perut. Lebih lanjut hal tersebut juga akan dapat meningkatkan kepercayaan diri kamu.

Selain dapat membentuk tubuh, jika dilakukan dengan baik dan benar push up juga akan meningkatkan vitalitas. Jika dilakukan sebanyak 50 hingga 100 kali setiap harinya, maka hal tersebut juga akan dapat menumbuhkan rasa percaya bahwa kamu memang kuat.

Tidak hanya itu, manfaat dari olahraga push up yang lain adalah dapat membakar kalori dalam tubuh. Hal tersebut dikarenakan untuk melakukan push up diperlukan energi yang cukup banyak. Jika energi yang dibutuhkan dari sumber makanan kurang, maka kebutuhan tersebut akan diambil dari cadangan lemak pada tubuh. Oleh karena itu, olahraga ini dapat digunakan untuk program diet dan juga membentuk tubuh ideal.

Cara Melakukan Push Up yang Benar


Pada penjelasan sebelumnya sudah disebutkan bahwa push up memiliki banyak sekali manfaatnya. Terutama dalam hal kebugaran serta pembentukan tubuh ideal. Agar manfaat tersebut benar-benar diperoleh maka push up harus dilakukan dengan baik. Jika tidak, maka olahraga push up yang asal-asalan akan menjadi sia-sia.

Bahkan bukan tubuh ideal yang didapatkan, akan tetapi hanya rasa capek dan nyeri atau bahkan menimbulkan cedera pada otot. Oleh karena itu, sebelum memulai push up secara rutin maka perlu diketahui tentang cara melaksanakannya dengan benar. Pada dasarnya, olahraga ini tidaklah sulit untuk dilakukan.

Akan tetapi, hal yang harus benar-benar diperhatikan adalah terkait keselamatan dalam melakukan olahraga ringan ini. Selain itu, juga perlu diketahui bahwa push up terdiri dari beberapa macam cara yang dipilih dalam pelaksanaannya. Berdasarkan hal tersebut, beberapa diantara push up yang dapat dilakukan yaitu terdiri dari push up di dinding, push up berlutut, dan juga push up sempurna.

Bagi seorang pemula, metode yang paling direkomendasikan dalam hal ini yaitu push up di dinding. Langkah yang dilakukan untuk memulai push up tersebut adalah dengan berdiri di depan dinding datar. Setelah itu, letakkan telapak tangan didepan dinding dan lanjutkan dengan membengkokkan lengan.

Lakukan hal tersebut dengan memajukan badan ke depan dinding secara berulang-ulang dan sebanyak mungkin yang kamu bisa. Apabila sudah terbiasa, kamu dapat melakukannya dengan frekuensi semakin banyak. Selain itu, mulailah juga dengan menambah tekanan pada setiap gerakan dan cobalah juga untuk melakukan gerakan push up dengan tangan satu.

Metode push up yang lain yaitu intermediate atau push up berlutut. Langkah awal untuk melakukan push up ini yaitu memposisikan tubuh seperti push up yang benar. Akan tetapi gunakan lutut sebagai titik tumpu dalam melakukan gerakan. Letakkan telapak tangan kamu di lantai dan posisikan wajah untuk lurus kedepan serta silangkan kaki kamu.

Selanjutnya, turunkan dada kamu secara perlahan menuju dekat lantai dan langsung angkat kembali seperti posisi semula. Lakukan hal tersebut secara berulang-ulang dengan jumlah sebanyak mungkin yang kamu bisa.

Adapun gerakan push up yang lain yaitu gaya push up sempurna dengan tidak menggunakan alas kaki. Langkah awal dalam hal ini yaitu meletakkan tangan dilantai dengan posisi terbuka selebar bahu. Setelah itu, posisikan kaki dengan menggunakan ujungnya sebagai tumpuan hingga tubuh lurus sempurna.

Pastikan untuk tidak memposisikan tubuh menonjol yaitu bagian pantat yang terlalu keatas. Selanjutnya, turunkan bahu secara perlahan hingga siku kamu membentuk siku 90 derajat. Lanjutkan dengan mendorong bahu dan juga lengan lurus kedepan bersamaan dengan mengambil napas. Lakukan langkah tersebut secara berulang -ulang sebanyak yang kamu bisa dan dengan cara bertahap. Itulah manfaat beserta langkah-langkah dalam melakukan push up yang baik dan benar. Jika kamu seorang pemula, lakukan aktivitas ini secara rutin pada pagi dan sore hari. Dengan demikian manfaat dari push up seperti diatas akan kamu dapatkan secara optimal. Semoga bermanfaat.

BACA JUGA! CARA MELEBARKAN BAHU DENGAN BEROLAHRAGA

Jangan Lupa Share ya

Putri

SEO Content
"Wherever life plants you, bloom with grace."
Putri

Leave a Reply