Sports /Hobi /Otomotif

Cara Melakukan Pull Up yang Benar

Jangan Lupa Share ya

Salah satu olahraga yang dapat membentuk kekuatan pada bagian atas badan adalah pull up. Olahraga ini biasa dilakukan untuk gymnast dan juga atlet. Akan tetapi siapa saja tentu dapat menjalankan olahraga ini sendiri di rumah atau dimana saja yang memungkinkan. Namun, olahraga ini tidak bisa dilakukan secara sembarang karena terdapat teknik tersendiri dalam pelaksanaannya.

Jika dilakukan dengan baik dan benar, pull up akan memberika n manfaat bagi kamu selain kekuatan. Selain itu, olahraga tidak hanya dapat dilakukan oleh kaum pria tetapi wanita juga bisa melakukannya. Adapun cara melakukan pull up yang baik dan benar dapat dipahami melalui beberapa ulasan berikut ini.

Melakukan Pull Up Standar


Perlu diketahui bahwa terdapat beberapa jenis pull up yang dapat dilakukan. Bagi seorang pemula, pull up yang paling tepat untuk dipilih adalah pull up standar. Adapun langkah pertama dalam melaksanakan pull up standar adalah memegang bar pull up dengan cara menghadapkan telapak tangan kearah depan.

Pada saat menarik badan keatas dengan posisi tangan seperti itu maka bagian bisep dan lats pada tangan akan mendapatkan latihan yang berat. Dengan kata lain, posisi tangan menghadap keatas merupakan cara paling berat untuk menarik berat badan. Agar terasa lebih ringan langkah ini dapat dilakukan dengan merentangkan tangan kamu.

Setelah itu, jika dirasa sudah melakukan posisi tersebut dengan benar maka tarik berat badan kamu keatas hingga dagu dapat mencapai sedikit diatas bar. Jika pertama kali melakukannya mungkin yang dirasakan adalah ketegangan. Meskipun demikian, tetap lakukan langkah ini menggunakan punggung dan bisep.

Langkah ini dapat dilakukan dalam keadaan berat badan seimbang yaitu dengan menyilangkan kaki pada saat menarik keatas. Agar terasa lebih ringan, lepas sepatu yang digunakan sehingga dapat mengurangi sedikit beban saat menarik keatas.

Jika dirasa langkah menarik berat badan keatas sudah dilakukan dengan benar. Maka langkah selanjutnya adalah kebalikannya yaitu cara menurunkan berat badan dengan benar yaitu luruskan tangan kamu hampir terentang secara penuh. Pastikan untuk melakukan langkah ini secara perlahan dan terkontrol sehingga tangan kamu siap untuk melakukan pull up selanjutnya. Langkah ini juga dilakukan agar otot tangan dapat bekerja lebih berat sehingga kamu bisa melakukannya secara lebih maksimal.

Setelah mengetahui cara pull up dan pull down dengan benar maka kamu dapat melakukan olahraga ini secara berulang-ulang. Dalam hal ini, pastikan pada setiap tangan hampir terentang secara penuh kamu dapat mengulangi pull up lagi. Lakukan hal tersebut dalam frekuensi sebanyak yang kamu bisa.

Bagi pemula frekuensi tersebut tentu hanya dapat dilakukan sedikit demi sedikit. Namun jika sudah melakukannya secara rutin maka jumlah pull up yang dapat kamu lakukan akan meningkat seiring bertambahnya kekuatan otot dari tangan.

Mencoba Pull Up dengan Cara Berbeda


Apabila pull up standar sudah dilakukan secara berulang-ulang hingga mengalami peningkatan dalam beberapa hari. Maka kamu dapat mencoba metode pull up yang lain agar olahraga ini tidak terasa membosankan. Dalam hal ini terdapat beberapa gaya pull up yang dapat dilakukan, seperti negative pull up, assisted pull up, dan juga pull up lompat.

Gaya negative pull up dalam hal ini sebenarnya terlihat tidak jauh berbeda dengan pull up standar. Kamu dapat melakukan pull up ini dengan menggunakan topangaan untuk dapat membantu tangan menarik keatas. Negative pull up juga dapat dilakukan dengan berdiri pada kursi atau kotak. Selain itu juga bisa meminta bantuan orang lain untuk menjaga kamu dari bawah.

Setelah itu pegang pull up bar seperti biasa yaitu dengan menghadapkan telapak tangan kedepan lalu tarik keatas berat badan dengan bantuan kursi atau orang lain. Selanjutnya turunkan secara perlahan dengan posisi awal dan ulangilah langkah-langkah tersebut kembali.

Gaya yang lainnya yaitu assisted pull up yang dilakukan menggunakan bar pull up lebih pendek. Tujuan dari ditentukannya hal tersebut adalah agar kekuatan dapat ditambah karena dapat menarik beberapa berat badan kamu. Dalam hal ini, kamu dapat melakukan pull up dengan duduk atau jongkok dibawah bar dengan meletakkan telapak tangan seperti biasa.

Kemudian luruskan badan dengan menarik berat badan kira-kira setengah darinya. Selain itu pastikan untuk tetap menjaga kaki berada di lantai dengan posisi lutut sedikit membengkok. Langkah selanjutnya, tarik keatas hingga dagu mencapai diatas bar. Kemudian turunkan secara perlahan menuju ke posisi awal dan lakukan kembali secara berulang-ulang.

Sementara itu, gaya pull up lompat dilakukan bersamaan yaitu diawali dengan melompat kemudian dilanjutkan dengan pull up. Berdasarkan gerakan tersebut, kamu akan mendapatkan momentum lompatan yang bisa menarik dagu keatas bar. Dengan demikian, cara ini juga dapat dilakukan dalam latihan pull up biasa.

Adapun langkah awal yang dilakukan pada gaya ini adalah berdiri dibawah bar pull up dengan posisi telapak tangan seperti biasa. Kemudian lakukan lompatan dan tarik pada waktu bersamaan menuju ke bagian atas bar. Setelah itu turunkan berat badan secara pelan-pelan menuju ke posisi awal dan lakukan hal ini secara berulang-ulang.

Itulah langkah-langkah yang dapat dilakukan dalam menjalankan olahraga pull up dengan baik dan benar. Dengan mengikuti cara-cara diatas maka manfaat yang diperoleh dari olahraga ini akan bisa dicapai lebih optimal.

BACA JUGA! BEGINI PULL UP YANG BENAR UNTUK MENINGGIKAN BADAN

Jangan Lupa Share ya

Putri

SEO Content
"Wherever life plants you, bloom with grace."
Putri

Leave a Reply