Gadget /Komputer

Cara Melacak IP Address Tanpa Menggunakan Aplikasi

Jangan Lupa Share ya

Bagaimanakan cara melacak IP address milik orang lain? Melacak IP address milik orang lain sangat mungkin dilakukan. Kamu bisa melacak IP address target dengan trik yang sangat mudah bahkan tanpa menggunakan aplikasi. Satu hal penting yang perlu diingat adalah setiap gadget mempunyai IP address yang berbeda-beda seperti DNA yang ada di dalam tubuh manusia.

Pengertian IP Address


IP merupakan singkatan dari Internet Protocol. Sedangkan untuk pengertian dari IP yaitu deretan angka biner yang dipakai sebagai alamat identifikasi setiap komputer host di dalam suatu jaringan internet dengan jumlah 32 bit hingga 128 bit. Sekarang ini seluruh jaringan yang ada masih memakai jenis IPv4 32 bit. Perangkat yang ditampung sejumlah 4.294.967.296.

Namun, jumlahnya akan habis dalam waktu dekat. Jadi, akan berpindah ke IPv6 128 bit yang sudah mendukung teknologi ini pada seluruh perangkat gadgetnya. Dengan demikian, akan ada gadget baru dengan jumlah sebesar 340.282.366.920.938.463.463.374.607.431.768.211.456. Jumlah sebanyak itu merupakan pangkat 4 dari angka 4.294.967.296.

IP address secara mendasar dibagi menjadi 2 bagian yaitu IP publik dan IP lokal. IP publik adalah IP yang dipakai untuk internet. Sedangkan IP lokal merupakan IP yang dipakai untuk jaringan lokal.

Perbedaan IP Address Static dan Dynamic


Ada 2 jenis IP address pada gadget yaitu IP Address Static yang tidak berubah-ubah serta IP Address Dynamic yang berubah-ubah. Biasanya IP Address Dynamic dari operator maupun layanan ISP yang dipakai akan diperoleh untuk perorangan. Pilihan yang satu ini lebih relevan karena tarif harganya murah.

Tidak seluruh pengguna gadget memakai server dalam kehidupannya setiap hariGadget lebih banyak dipakai untuk membuka internet biasa seperti browsing, Twitter, Facebook, Youtube, Instagram, download, WhatsApp, upload maupun yang lainnya.

IP Address Static ini biasanya dipakai oleh pihak sekolah, pemerintahan maupun perusahaan yang memerlukan jangkauan lebih luas daripada hanya melakukan aktivitas seperti yang disebutkan diatas. Untuk biaya yang dikeluarkan lebih mahal yaitu bisa 5 hingga 10 kali lipatnya.

Cara Melacak IP Address Tanpa Menggunakan Aplikasi


Melacak IP Address milik orang lain sangat penting dilakukan. Pernahkan Kamu mendengar adanya kasus kejahatan cyber misalnya seperti merubah hasil pemilihan suara ketika pemilu, merubah tampilan webiset pada lingkup pemerintahan maupun perusahaan bahkan pengampilan data?

Pelaku kejahatan tersebut bisa ditangkap karena melalui cyber crime pihak kepolisian berhasil melakukan pelacakan IP Addressnya. Melalui IP Address ini bisa diperoleh data penting yang jauh lebih spesifik. Jadi, Kamu harus sangat berhtai-hati jangan sampai melakukan suatu tindakan kejahatan cyber. Hukum kejahatan ini tidaklah main-main.

UU tentang IT di negara Indonesia sudah berlaku meskipun tidak sehebat jika dibandingkan dengan tim cyber dari pihak kepolisian. Kamu tetap bisa melacak IP Address milik orang lain tersebut lho. Berkut uraiannya.

  1. Bukalah aplikasi browsermu. Misalnya saja memakai opera browser.
  2. Kemudian ketik alamat website pada kolom URL yang nantinya akan Kamu kirimkan ke target tujuan dan tekanlah tombol enter.
  3. Sesudah website terbuka, langkah berikutnya adalah memilih teks alamat URL yang Kamu masukkan.
  4. Jika sudah, blok alamat URL tersebut kemudian pilih opsi Copy link.
  5. Sekarang Kamu bisa membuka website yang beralamatkan grabify.link, lalu tekan enter.
  6. Tampilan websitenya akan nampak. Lakukan paste link pada kolom Enter a Valid or Trecking Code dari website yang sebelumnya telah dicopy. Kemudian pilihlah opsi Create URL.
  7. Terdapat pertanyaan This Action Requires Your Consent, pilihlah opsi I Agree & Create URL.
  8. Pilihlah opsi Copy pada New URL. Disini URL dari website sebelumnya yang asli sudah berubah menjadi URL miliknya grabify yang baru. Janganlah menutup tab website ketika di posisi ini.Tekan tombol home saja sebab nantinya halaman ini akan dilakukan proses reload ulang.
  9. Bukalah aplikasi WhatsAppmu. Kemudian pilih salah satu teman yang akan Kamu kirimi link tersebut.
  10. Lakukan paste terhadap link tersebut, lalu pilihlah opsi kirim.
  11. Ketika penerima pesan link sudah membuka link tersebut, maka akan nampak website yang Kamu jadikan percobaan akan terbuka. Kamu hanya tinggal membuka kembali browser yang dipakai sebelumnya. Pastikan bahwa Kamu masih membuka situs yang sama serta ada di posisi terakhir. Setelah itu pilihlah ikon reload pada pojok kanan bagian atas.
  12. Lakukan scroll ke bagian bawah. Kamu akan mengetahui IP Address yang Kamu serta target pakai. Milik admin adalah yang atas dan milik target adalah yang bawah.
  13. Geserlah ke kiri dan akan nampak ISP yang dipakai.

Melacak IP Address kini bisa dilakukan dengan mudah tanpa menggunakan aplikasi. Jadi, Kamu tidak perlu mendownload aplikasi pelacak IP Address. Hal ini tentu akan lebih mempermudah proses pelacakan IP Address.

BACA JUGA! PERBEDAAN HUB DAN SWITCH YANG HARUS DIKETAHUI

Jangan Lupa Share ya

Putri

SEO Content
"Wherever life plants you, bloom with grace."
Putri

Leave a Reply