Sports /Hobi /Otomotif

Cara Main Bowling yang Harus Diketahui oleh Pemula

Jangan Lupa Share ya

Bermain bowling merupakan salah satu jenis olahraga yang tergolong kompetitif. Permainan bowling bisa menghilangkan penat ketika kamu harus bekerja seharian atau bisa juga untuk mengisi waktu luang kamu. Bermain bowling sanagt mengasyikkan, apabila dimainkan bersama dengan sahabat-sahabat kamu. Selain, mempererat persahabatan, permainan bowling bisa membuat kamu lebih solid dengan sahabat kamu.

Bagi kamu yang masih pada tahap belajar atau masih dalam tahap pemula dalam bermain bowling, ada baiknya kamu mempelajari terlebih dahulu cara-cara dalam bermain bowling yang benar.

Mengetahui Dasar Permainan Bowling


Cara Main Bowling yang Harus Diketahui oleh Pemula

Pertama, jalur bowling memiliki panjang lebih dari 18 meter. Panjang itu merupakan panjang jalur bowling apabila dihitung dari garis pelanggaran atau garis yang terdekat dari para pemain.

Kedua, di sepanjang jalur bowling terdapat parit pada sebelah kanan dan sebelah kiri. Apabila terdapat bola yang masuk ke dalam parit, maka pemain tersebut dinyatakan gagal. Apabila juga terdapat bola yang masuk ke dalam patit dan melompat keluar dan mengenai pin, maka pemain tetap saja kalah.

Ketiga, pemain tidak di perbolehkan keluar atau melangkah keluar dari garis pelanggaran ketika pendekatan karena apabila pemain keluar, maka lemparan dari pemain itu, tidak dihitung.

Pemahaman Tentang Pin Bowling


Pada permainan bowling terdapat 10 pin bowling yang disusung segitiga menghadap kepada pemain. Penyusunan pin bowling adalah sebagai berikut, ujung kepala ada 1 pin bowling, selanjutnya ada 2 pin bowling, selanjutnya ada 3 pin bowling dan pada bagian terakhir terdapat 4 pin bowling.

Pada setiap pin bowling terdapat nomor untuk menentukan lokasi pin saja bukan untuk menentukan skor. Berikut merupakan pemberian nomor dari pin bowling. Pada barisan pertama diberi nomor 1, pada baris kedua diberi nomor 2 dan 3, pada baris ketiga diberi nomor 4 sampai 6 dan pada baris terakhir diberi nomor 7 sampai 10.

Pemilihan Tempat


Tempat untuk bermain bowling disebut dengan gelanggang bowling. Kamu bisa memilih tempat yang cocok untuk kamu bermain dan cobalah untuk bertanya kepada staff mengenai tempat yang kamu pilih sebagi tempat kamu bermain bowling.

Sepatu Bowling


Sepatu bowling berbeda dengan sepatu yang kamu pakai biasanya. Sepatu bowling memiliki fungsi khusus, yaitu agar kamu tidak terpeleset saat bermain bowling. Kamu bisa membeli sepatu bowling sendiri atau kamu juga bisa melakukan penyewaan sepatu bowling di tempat kamu bermain bowling.

Pemilihan Bola Bowling


Kamu bisa memilih bola bowling dengan berat yang bisa kamu sesuaikan dan pastikan jari-jari kamu bisa masuk ke dalam bola bowling. Nantinya, setiap bola bowling diberikan label tentang berat bola tersebut. Seperti, berat bola bowling sekitar 5 sampai 7 kilo adalah untuk wanita sedangkan 7 sampai 8 kilo adalah ukuran berat untuk pria dewasa.

Cara Memegang Bola Bowling


Kamu bisa mengangkat bola lalu kamu arahkan posisi ke depan jalur bowling. Jari manis dan jari tengan masuk ke dalam lubang bola bowling dan juga ibu jari masuk ke bagian lubang bola bowling bagian bawah. Pegang bola dengan posisi agak menyamping dan tangan pemegang bowling berada pada posisi bawah bola bowling.

Mendekati Garis


Kamu bisa melakukan pendekatan dengan standart dengan mengambil posisi berdiri. Bagian punggung tegak dan kamu bisa memusatkan bahu kamu pada tujuan dengan lutut sedikit tertekuk. Kemudian tangan dalam keadaan lurus disertai punggung bersender ke depan.

Pada bagian kaki, menempati posisi tidak sejajar yaitu satu kaki di depan, satu kaki di belakang. Usahakan bagian kaki yang meluncur selalu berlawanan dengan bagian tangan yang memegang bola.

Memberi Target pada Bola


Kamu harus memfokuskan pada sasaran bukan hanya pada pin bowling saja. Bagi pemula, sangat penting dalam menargetkan bola pada bagian tengah tanda yang berada pada bagian jalur bowling.

Pelepasan Bola


Kamu bisa mengayunkan tangan yang memegang bola bowling secara perlahan menuju ke belakang kemudian lanjut kamu ayunkan ke depan untuk melepaskan bola. Pada saat gerakan lengan sudah jauh, kamu bisa melepaskan bola.

Pengusapan Tangan


Pada saat sebelum atau sesudah mengambil bola atau melepaskannya, kamu harus mengusap tangan kamu  menggunakan kain. Karena, apabila tangan kamu berkeringat, meskipun hanya sedikit, maka bola akn terlepas dari genggaman kamu.

Pantangan


Pada saat kamu mengayun kan bola kebelakang, ayunkan sewajarnya saja. Jangan terlalu jauh ke belakang. Hal tersebut untuk menghindari agar bahu kamu tidak cedera. Genggamlah bola dengan kuat, agar bola tidak jatuh dan agar kamu tidak kehilangan keseimbangan pada saat memegang bola.

Itulah cara bermain bowling yang harus diketahui oleh pemula sebelum pemula memainkan permainan bowling. Mudah bukan. Semoga bermanfaat.

BACA JUGA!

Jangan Lupa Share ya

Putri

SEO Content
"Wherever life plants you, bloom with grace."
Putri

Leave a Reply