Gadget /Komputer

Cara Kalibrasi Baterai Android yang Harus Kamu Tahu

Jangan Lupa Share ya

Baterai merupakan alat yang digunakan untuk menyimpan daya yang saat ini telah digunakan oleh seluruh gadget yang ada. Baterai yang saat ini banyak digunakan selain menjadi lebih tipis dan ringan, ada pula yang memiliki kapasitas penyimpanan daya yang semakin besar. Sehingga, teknologi baterai yang digunakan pada ponsel mampu menyimpan daya yang lebih cukup lama.

Mengenai masalah baterai, sistem operasi android telah memiliki fitur yang cukup lengkap. Salah satu fitur yang tersedia adalah informasi mengenai baterai, salah satunya adalah pengukur sisa kapasitas baterai. Sehingga, ketika ponsel sedang digunakan maka sistem akan menampilkan informasi mengenai persentase baterai sisa sehingga bisa diantisipasi agar tidak sampai kehabisan baterai.

Akan tetapi seiring dengan berjalannya waktu, kondisi baterai pada ponsel yang sedang digunakan tidak selalu berjalan dengan normal. Banyak kasus yang terjadi karena usia dari perangkat yang digunakan sudah terlalu lama, baterai yang digunakan pada perangkat tersebut pun mudah habis.

Pada saat baterai ponsel kamu sudah mudah habis terkuras, padahal tidak digunakan secara berlebihan, maka ada beberapa kemungkinan yang bisa terjadi pada baterai tersebut. Kemungkinan tersebut diantaranya bisa karena rusak secara fisik maupun secara software.

Baterai yang mengalami kerusakan pada sisi software biasanya terlihat pada nilai persentase level baterai yang terbaca tidak menunjukkan angka yang sesungguhnya, sehingga baterai pun sering dianggap bermasalah.

Untuk mengembalikan tingkat akurasi seperti semula, kamu bisa melakukan kalibrasi baterai. Jika kondisi baterai ponsel kamu tidak normal seperti biasanya, misalnya cepat habis, salah satu cara yang dapat kamu lakukan adalah dengan melakukan kalibrasi pada ponsel yang kamu miliki.

Sebagian besar pengguna menganggap bahwa kalibrasi baterai dilakukan untuk meningkatkan daya baterai agar tahan lama, padahal kalibrasi tersebut bertujuan untuk mengembalikan tingkat akurasi pembacaan pada level baterai. Sehingga, pembacaan level pada baterai kembali bekerja dengan baik.

2 Cara Kalibrasi Baterai HP Android

Sebenarnya cara kalibrasi baterai tidak memiliki standar khusus, tapi ada banyak cara yang ditawarkan untuk melakukan kalibrasi baterai hp android kamu, ada yang menggunakan software khusus, ada juga yang menggunakan cara manual tanpa bantuan aplikasi.

Cara Kalibrasi Baterai Hp Android Secara Manual Tanpa Bantuan Software

Cara ini paling umum digunakan dan sangat sederhana, tidak perlu software apapun. langkah-langkahnya adalah sebagai berikut:

Cara manual ke 1

  • Gunakan perangkat hingga baterai habis sampai perangkat mati dengan sendirinya.
  • Lakukan pengisian baterai (charge) dalam keadaan mati hingga kapasitas baterai full 100%.
  • Setelah terisi 100%, biarkan perangkat dan jangan dulu digunakan selama 1 jam.

Cara manual ke 2:

  • Isi baterai hp sampai penuh 100% dalam keadaan menyala
  • Lalu setelah penuh matikan, dan lakukan pengisian ulang sampai 100%
  • Cabut charger lalu nyalakan hp, pasang lagi hingga 100%
  • Setelah terisi 100%, cabut charger dan biarkan (jangan digunakan) sampai ponsel mati sendiri setelah mencapai level baterai 0%. Setelah mati, isi lagi sampai penuh

Cara Kalibrasi Baterai Menggunakan Software / Aplikasi Khusus

Cara ke 2 yang dapat kamu gunakan untuk kalibrasi baterai adalah menggunakan bantuan software khusus.

Ada banyak sekali aplikasi khusus yang dapat digunakan untuk kalibrasi baterai, beberapa diantaranya adalah

Current Widget: Baterai Monitor

Aplikasi khusus untuk melihat informasi kapasitas baterai sebenarnya, jadi dengan bantuan alat ini kamu bisa mengisi baterai kamu hingga kapasitasnya penuh berdasarkan informasi dari aplikasi ini.

Silahkan download aplikasi Current Widget: Baterai Monirot, lalu instalkan, setelah diinstal kamu akan melihat informasi kapasitas baterai hp android kamu, silahkan lakukan pengisian baterai hingga kapasitas Current widget: Baterai monitor terlihat penuh

Baterai Calibration

Aplikasi yang kedua yang dapat membantu melakukan Kalibrasi baterai hp android dibawah 1 juta adalah baterai calibration yang bisa kamu download dari google play store.

Aplikasi yang satu ini telah memiliki informasi level baterai tersendiri. Kamu hanya perlu men-charge ponsel kamu sampai 100%. Ketika sudan penuh, tekan tombol calibration yang ada pada aplikasi ini. Dengan melakukan cara tersebut, maka data kapasitas baterai akan berubah sesuai dengan ukuran yang diinformasikan oleh baterai calibration.

Calibrasi baterai melui Mode Recovery TWRP /CWM

Di beberapa merk hp android sudah difasilitasi dengan mode recovery, atau kamu bisa melakukan custom recovery TWRP /CWM agar kamu bisa masuk ke mode recovery di hp android kamu.

  • Untuk masuk ke mode recovery kamu bisa mematikan hp kamu, lalu tekan tombol volume atas dan tombol power secara bersamaan selama beberapa detik.
  • Jika kamu sudah bisa masuk ke mode recovery, maka kamu tinggal memilih opsi Advanced Section, di tampilan opsi ini kamu akan melihat opsi Hapus statistik baterai, silahkan kamu klik opsi tersebut.
  • Setelah itu kuras baterai kamu dengan cara menggunakan perangkat sampai mati, setelah ituisi baterainya sampai full 100% lalu hidupkan.

Demikian pembahasan mengenai cara kalibrasi baterai pada ponsel android yang harus kamu tahu. Semoga bermanfaat. (elevenia)

Jangan Lupa Share ya

Putri

SEO Content
"Wherever life plants you, bloom with grace."
Putri

Latest posts by Putri (see all)

Leave a Reply