Gadget /Komputer

Cara Downgrade Miui 10 ke 9 tanpa Melalui PC

Jangan Lupa Share ya

Xiaomi adalah salah satu produsen smartphone yang kini dikenal di kalangan masyarakat. Smartphone Xiaomi menggunakan Android dan memiliki operating system sendiri yaitu MIUI. Xiaomi telah meluncurkan MIUI 10 di beberapa tipe smartphone produk mereka. MIUI memberikan beberapa fitur baru yang sebelumnya belum ada di OS sebelumnya, seperti fullscreen gesture dan ringtone baru.

Hadirnya MIUI 10 tentunya menggeser OS sebelumnya yaitu MIUI 9 secara otomatis di hampir seluruh tipe device Xiaomi. Produk smartphone Xiaomi kedepannya juga menggunakan operating system Xiaomi 10 bawaan jadi pengguna smartphone Xiaomi keluaran terbaru tidak perlu update manual untuk menggunakan OS MIUI 10.

Meski memiliki fitur-fitur dan kemudahan pada OS MIUI 10, tidak semua pengguna menginginkannya karena menurut rumor saat ini masih banyak bug yang muncul dan performa kurang stabil. Selain itu, cepat menguras baterai dan tidak mendukung beberapa aplikasi sehingga sering berhenti. Untungnya ada cara downgrade MIUI 10 ke MIUI 9 dengan mudah dan tidak repot.

Cara Downgrade MIUI 10 ke MIUI 9 Tanpa PC/Laptop Lewat Updater


Downgrade MIUI 10 ke MIUI 9 menggunakan metode ini bisa dilakukan dengan mudah tanpa PC/ laptop. Perlu diperhatikan, sebaiknya kamu memindahkan seluruh data penting di smartphone kamu ke perangkat yang lain karena untuk jaga-jaga jika terjadi reset pada smartphonemu. Sebenernya metode ini sama-sama melakukan proses update data namun secara downgrade dari MIUI 10 ke MIU 9.

Metode ini termasuk mudah dan bisa dilakukan oleh siapapun tetapi memiliki kekurangan yaitu  terkadang muncul bug secara tiba-tiba. Sebaiknya, kamu melakukan clear cache dan data sebelum melakukan downgrade dengan metode ini. nah, berikut langkah-langkah downgrade MIUI 10 ke MIUI 9 melalui updater:

  1. Kamu harus membuka browser baik dengan google chrome ataupun aplikasi browser bawaan di smartphone kamu. Lalu masuk ke halaman resmi Xiaomi
  2. Kemudian mengunduh MIUI ROM 9 dengan format file .zip
  3. Pindahkanlah file yang telah kamu unduh dengan ekstensi .zip itu ke folder “downloaded_rom” di penyimpanan internal.
  4. Lalu jalankan updater bawaan Xiaomi yang di pengaturan dan cari lah simbol tiga titik di pojok kanan atas smartphone mu.
  5. Lalu pilih simbol tiga titik tersebut dan pilih menu choose update package
  6. Selanjutnya pilihlah MIUI 9 yang telah kamu pindahkan dan proses downgrade dimulai, smartphone kamu akan melakukan reboot secara otomatis jika proses update telah selesai.

Metode Downgrade MIUI 10 ke 9 dengan MiFlash Tool


Cara Downgrade Miui 10 ke 9 Tanpa Melalui PCMetode ini merupakan metode Fastboot yang dapat dilakukan dengan cepat namun sedikit rumit. Sebaiknya jika kamu downgrade dengan metode ini dilakukan oleh orang yang lebih paham tentang smartphone kamu sehingga tidak menyebabkan brick jika salah. Perlu diperhatikan pula untuk selalu memindahkan data penting di smartphone kamu jika akan melakukan flash OS. Berikut langkah-langkah downgrade dengan metode Fastboot menggunakan MiFlash Tool:

  1. Pastikanlah smartphone kamu dalam kondisi unlock karena ada beberapa perangkat yang langsung sudah unlock
  2. Kemudian masuk ke halaman resmi Xiaomi dan mengunduh aplikasi MiFlash Tool
  3. Lalu instal MiFlash Tool dengan menjalankan MiFlash.exe.
  4. Selanjutnya mengunduh ROM MIUI dengan ekstensi file .tgz sesuai dengan model smartphone yang kamu miliki di halaman resmi Xiaomi atau website yang lain dengan mengetik kata kunci di google.
  5. Lalu kompreslah file ROM MIUI dengan ekstensi .tgz
  6. Selanjutnya masuk ke modus Fastboot dengan cara menonaktifkan ponsel pintarmu lalu tekan dan tahan tombol volume dan power secara bersama hingga muncul gambar fastboot.
  7. Lalu hubungkan ke laptop/PC jika gambar fastboot telah muncul.
  8. Buka aplikasi MiFlash dan klik refresh makan ponsel kamu akan terdekteksi secara otomatis.
  9. Lalu masukkan alamat ROM yang telah kamu unduh sebelumnya pada select dan klik flash untuk memulai proses downgrade.
  10. Tunggu hingga bar proses penuh dan muncul tulisan success hingga perangkatmu otomatis akan reboot dan sudah berubah menjadi MIUI versi 9.

Itulah cara downgrade MIUI 10 ke MIUI 9 yang dapat kamu lakukan jika kurang menyukai OS MIUI 10 saat ini. hal yang harus dan penting diperhatikan adalah memindahkan data penting kamu dari smartphone yang akan downgrade ke perangkat lain untuk mengantisipasi terjadinya file hilang. Karena proses ini sama dengan reset kembali ke awal sehingga menyebabkan data yang tersimpan hilang.

Jangan Lupa Share ya

Putri

SEO Content
"Wherever life plants you, bloom with grace."
Putri

Latest posts by Putri (see all)

Leave a Reply