Gadget /Komputer

Cara Cek Kecepatan Internet yang Harus Kamu Tahu

Jangan Lupa Share ya

Di jaman modern ini, internet adalah sebuah kebutuhan. Bahkan, internet dijadikan sebagai hobi utama baik dari kalangan menengah ke bawah maupun kalangan menegah ke atas. Mulai dari data operator jaringan, sampai ke Wifi yang sudah ada di rumah, kantor dan café. Tidak sedikit juga orang yang tidak memedulikan kecepatan internet karena mereka belum tahu cara tes kecepatan internet tersebut.

Banyak kasus yang terjadi ketika koneksi internet memiliki status “Connected” tapi tidak bisa digunakan untuk browsing di internet. Hal inilah yang sering membuat banyak orang emosi ketika melihat koneksi internetnya lambat. Kejadian seperti inilah yang sering terjadi pada perangkat yang menggunakan konektivitas wifi. Hal ini biasanya terjadi di tempat umu, karena di tempat tersebutlah akses wifi terbuka hingga banyak orang yang menggunakan akses wifi tersebut.

Bagi kamu yang memasang wifi, inilah tips singkatnya

Jangan salah memilih paket kecepatan wifi

Banyak orang yang mengira jika paket yang disediakan ISP itu memiliki kecepatan yagn sama ketika digunakan untuk menguduh, streaming, memainkan game online,dsb. Misalnya, jika kita memilih berlangganan paket 1Mbps belim tentu saat kita gunakan untuk mengunduh sesuatu ataupun streaming dengan kecepatan rata-rata 1Mbps karena bisa dipastikan bahwa itu adalah kecepatan maksimal yang diberikan oleh ISP.

Pilihlah Tipe Broadband yang Menurut Anda Cocok

Saat ini banyak tipe broadband yang disediakan oleh ISP, karena itulah kita harus tahu tipe-tipe broadband residential yang ditawarkan. Tipe-tipe broadband tersebut antara lain yaitu DSL, modem kabel dan fiber optic. Tipe broadband yang paling baru adalah fiber optic karena memiliki koneksi intenet yang stabill dan juga menawarkan kecepatan internet yang lebih cepat dan lebih akurat.

Tentukan Jenis Tarif Paket Langganan Sesuai Kemampuan

Hal ini merupakan yang paling penting, karena untuk memasang wifi berbeda dengan saat kita membeli paket data seluler yang bisa hanya sekali beli. Semua ISP yang ada sudah menggunakan skema tarif berlangganan sesuai dengan syarat dan ketentuan yang disediakan oleh ISP. Maka, kamu harus memilih paket dan tarif yang cocok untuk kebutuhan sesuai dengan budget yang kamu miliki.

Setelah membahas mengenai tips sebelum kamu memasang wifi, kali ini yang akan kita bahas adalah mengenai cara menguji kecepatan internet.

Cara Menguji Kecepatan Akses Internet dengan Website

Cara ini adalah cara yang cukup simple dan akurat, karena kamu tidak perlu repot-repot mengunduh sebuah software. Kamu bisa langsung menguji kecepatan internet dengan mengunjungi sebuah website.

Speedtest.net

Website ini adalah website yang paling populer untuk mengukur kecepatan internet, bisa dikatakan bahwa website ini merupakan website terbaik karena memiliki berbagai macam fitur dan sering akurat. Dengan tampilannya yang lebih modern sehingga kamu tidak akan bosan yang disertai dengan fitur yang cukup lengkap.

Cara kerja website ini adalah mengambil lokasi provider internet yang kamu gunakan atau lokasi server terdekat. Sehingga, lokasi server akan menentukan pengujian danakan menambah keakuratan pengujian kecepatan koneksi internet kamu. Selain itu, kamu bisa memilih lokasi kecepatan internet di uji coba. Setelah menguji coba kecepatan internet yang kamu miliki, maka website ini kan menampilkan detail seperti kecepatan ping, download dan upload. Jika website ini menampilkan hasil yang memuaskan, kamu bisa membagikannya ke media sosial kamu. Bisa dibilang bahwa speedtest.net ini adalah induk dari semua website penyedia testing kecepatan internet karena website ini telah lama berdiri. Selain itu, website ini juga bisa diakses melalui smartphone yang mengusung OS Android dan IOS sehingga kamu bisa mengakses website ini melalui smartphone kamu.

Speedtest.telin.co.id

Website ini adalah website lokal yang bisa dibilang lebih baik dan lebih akurat dibandingkan dengan Spedtest.net, karena Speedtest.net hanya cocok untuk mku yang menggunakan IP luar ataupu kamu cek VPS.

Fast.com

Jika kamu tidak mau repot dengan urusan mengukur kecepatan internet, kamu bisa membuka portal Fast.com dan secara otomatis akan menjalankan proses testing tanpa harus start ataupun begin. Meskipun masih kalah jauh dari Speedtest.net, tapi Fast.com ini bisa dibuat koleksi untuk mengetes kecepatan internet kamu.

Testmy.net

Website ini menawarkan fitur yang lebih lengkap dibandingkan dengan pesaingnya, karean kamu dapat memilih menguji kecepatan download saja atau kecepatan upload saja. Jika telah selesai menguji, maka akan muncul grafik kecepatan internet kamu secara detail dan lengkap.

Cara Test Kecepatan Internet via Smartphone

Untuk mengecek kecepatan internet pada smartphone cukup mudah, kamu hanya harus menginstal aplikasi flash player. Kabar baiknya adalah, sekarang ini di semua smartphone sudah disematkan fitur flash player yang mendukung semua browser. Bagi kamu yang tidak mau repot bisa mengunduh aplikasi tersebut di Market App Store dan Play Store.

Demikian pembahasan mengenai cara cek kecepatan internet yang harus kamu tahu. Semoga bermafaat. (elevenia)

Jangan Lupa Share ya

Leave a Reply