Edukasi

Cara Cek BPJS Kesehatan Online

Cara Cek BPJS Kesehatan Online

Jangan Lupa Share ya

Tentunya kamu pun tidak asing dengan BPJS bukan, terlebih lagi pada saat ini hampir seluruh masyarakat yang ada di Indonesia menggunakan BPJS kesehatan. Kartu BPJS kesehatan sendiri merupakan salah satu penyelamat ketika kamu sangat membutuhkan bantuan medis sehingga beban dari pembayaran tidak akan terlalu berat. Tak bisa di pungkiri menjaga kesehatan adalah satu salah satu hal yang sangat penting namun jika terjadi adanya kecelakaan ataupun sakit secara mendadak tentunya akan membutuhkan biaya yang sangat besar ketika melakukan perawatan di rumah sakit.

Apalagi ditambah biaya dari kesehatan akan semakin melonjak tinggi seiring berjalannya waktu, dan itulah mengapa pemerintah pun melakukan berbagai macam cara agar pemerataan pelayanan kesehatan merata bagi seluruh masyarakat dengan adanya penggunaan BPJS. Untuk cek BPJS kesehatan sendiri cukup mudah, sebab sudah bisa di akses secara online. Namun sebelum mengetahui caranya, alangkah lebih baik mengetahui terlebih dahulu jenis serta manfaat BPJS.

Jenis-Jenis BPJS


Cara Cek BPJS Kesehatan OnlineBPJS sendiri terdapat tiga macam kelas, yakni:

  • Perbedaan pada iuran bulanan

Perlu untuk kamu ketahui dari ketiga kelas ini juga memiliki jumlah iuran yang berbeda pada setiap bulannya. Untuk BPJS kesehatan kelas 1 iuran bulanan yang wajib dibayar sebesar 59.500, sedangkan untuk iuran yang harus dibayar setiap bulan pada kelas 2 adalah 42.500, dan yang terakhir adalah kelas 3 dimana para pengguna kelas ini harus membayar sebanyak 25.500.

  • Perbedaan pada fasilitas kamar inap

Bagi peserta BPJS yang menggunakan kelas 1 tentunya akan memperoleh fasilitas kamar inap kelas 1 yang umumnya rawat inap tersebut terdapat 2 hingga 4 kamar tidur.

Sedangkan pada peserta BPJS kesehatan yang menggunakan kelas 2 akan memperoleh fasilitas kamar rawat inap kelas 2 yang umumnya akan terdiri 3 hingga 5 kamar tidur pada setiap ruangan. Dan yang terakhir adalah beserta dengan kelas 3 akan memperoleh fasilitas kamar inap kelas 3 yang biasanya akan mempunyai sekitar empat hingga enam tempat tidur pada setiap kamar.

Kelebihan Serta Keunggulan Menggunakan BPJS Kesehatan


Cara Cek BPJS Kesehatan Online

  • Biaya jauh lebih murah

Tentunya kamu pun akan mendapatkan keuntungan jika menggunakan BPJS karena biaya dari kesehatan akan jauh lebih murah. Hal ini dikarenakan kamu pun telah membayar iuran yang wajib dilakukan pada setiap bulannya dan iuran inilah yang nantinya akan menjadi salah satu faktor dari gratisnya biaya kesehatan yang kamu jalani nanti.

  • Tidak ada medical check up

Ketika kamu mendaftarkan diri ke asuransi kesehatan swasta tentunya kamu pun akan dikenai medical check up terlebih dahulu. Disaat kamu telah memiliki penyakit serius maka premi yang kau miliki akan semakin mahal. Akan tetapi jika kamu menggunakan BPJS di umur berapa pun kamu sudah bisa mendaftarkan diri untuk menjadi peserta BPJS tanpa menggunakan medial check up.

  • Tanpa Adanya Pengecualian Sekalipun

Jika seseorang yang telah memiliki penyakit kronis pada saat mendaftarkan diri pada asuransi swasta bisa saja orang tersebut akan mengalami penolakan. Karena jika saja diterima pada asuransi swasta maka premi yang dikeluarkan akan semakin mahal dan membebani para penderita. Sedangkan Jika kamu menggunakan BPJS kamu pun bisa mendaftar ketika kamu masih muda dan tidak memiliki penyakit apapun.

Tips Melakukan Pengecekan Kartu BPJS Kesehatan Secara Online


Melakukan cek BPJS kesehatan secara online memang sangat menguntungkan bagi para peserta BPJS Dimana mereka dengan mudah mengecek status dari kartu BPJS yang mereka miliki. Selain itu, pengecekan kartu BPJS secara online tentunya dapat membuat para peserta mengetahui jumlah iuran yang harus dibayarkan serta batas waktu pembayaran sehingga tidak akan terlambat.

  • Untuk langkah pertama yang perlu kamu lakukan ialah dengan mengakses terlebih dahulu halaman informasi BPJS yakni pada link.
  • Ketika kamu sudah memasuki halaman informasi pcs kamu pun harus memasukkan nomor kartu BPJS dan mengisi tanggal lahirmu, lalu isi pula angka validasinya. Ketika kamu sudah mengisi semua kondom dengan benar maka klik tulisan check agar status dari kartu BPJS kesehatan yang kamu miliki bisa diproses.
  • Jika sudah, maka akan muncul semua informasi tentang akun BPJS yang kamu miliki dimulai dari nama, status dari peserta, nomor peserta dan juga jumlah anggota keluarga.

Nah, bagi kamu yang ingin mendaftarkan diri menjadi peserta BPJS kesehatan apa kamu bisa menyimak ulasan di atas. semoga saja dengan adanya penjelasan mengenai cek BPJS kesehatan secara online bisa membantu dan bermanfaat untuk kamu semua.

Baca Juga! 8 Macam Asuransi yang Banyak Digunakan

 

Jangan Lupa Share ya

Putri

SEO Content
"Wherever life plants you, bloom with grace."
Putri

Latest posts by Putri (see all)

Leave a Reply