Fashion

Cara-Cara Membedakan Sepatu Vans Asli dan Palsu

Sepatu adalah benda yang tak bisa dilepaskan dari kehidupan keseharian. Bahkan tak sedikit dari orang-orang yang menyukai brand sepatu tertentu saja dan saat brand tersebut mengeluarkan produk terbaru, mereka merasa wajib untuk membelinya. Salah satu dari brand sepatu yang terkenal adalah Vans. Di antara kamu pasti sudah tidak asing dengan Vans. Brand sepatu yang satu ini pun sangat terkenal di Indonesia terutama di kalangan anak muda. Namun sayangnya, sampai saat ini Vans masih belum memiliki official storenya di Indonesia. Vans hanya dijual di sejumlah store ternama dan terkenal di Indonesia saja. Namun, sekarang ini sudah banyak produk KW yang beredar di Indonesia.

Cara-Cara Membedakan Sepatu Vans Asli dan Palsu

Logo

Cara yang paling tepat untuk membedakan mana sepatu Vans asli dan palsu, adalah melihat logonya. Bila kamu seorang Vans geek, tentu akan langsung mengenali apakah Vans tersebut asli atau palsu. Namun bila kamu belum terbiasa, mungkin kamu kesulitan untuk membedakannya.

Ciri-cirinya dari Vans original adalah logonya yang dicetak dalah huruf besar-besar atau capital. Pada huruf V biasanya terdapat garis yang mirip dengan akar dalam matematika. Sementara huruf A, N dan S pada logonya terdapat di bawah simbol akar tersebut. Kemudian kamu juga harus memastikan terdapat logo ®.

Cek Heelpad

Langkah kedua untuk mendeteksi keaslian atau pun kepalsuan dari sepatu Vans adalah dengan cara melihat heel pad-nya. Banyak juga yang menyebut jika bagian ini disebut heel patch. Benda ini merupakan semacam logo yang berfungsi untuk menyegel sambungan sepatu. Rata-rata baigan ini dibuat dari karet tebal dan bertekstur agak keras. Cara membedakannya adalah saat heel pad Vans original ditekan menggunakan kuku, maka tidak akan meninggalkan bekas, sementara yang KW pasti akan meninggalkan bekas.

Jahitan

Cara untuk membedakan sepatu Vans yang asli dan yang palsu adalah dengan melihat jahitannya. Vans yang original biasanya dijahit dengan rapi, sementara Vans yang KW biasanya dijahit tidak terlalu rapi, bahkan bisa dibilang berantakan. Kamu bisa mencobanya dengan mencongkel sedikit pada jahitan dengan kuku. Apabila congkelan tersebut tidak rusak sama sekali, maka bisa dipastikan itu asli. Namun bila ada benang yang keluar dari jahitan bisa dipastikan itu palsu.

Periksa Jazz Stripe

Jazz Stripe adalah garis khas pada Vans. Biasanya terdapat garis membujur panjang pada sisi kanan dan juga kiri sepatu. Kamu bisa memperhatikan lebih jeli pada bahan dan juga kerapihannya. Bila semuanya tidak dalam kondisi baik, maka bisa dipastikan kalau sepatu tersebut adalah palsu.

Periksa Kode Waffle (Outsole)

Kode waffle pada outsole sepatu bisa menjadi sesuatu yang membedakan antara Vans asli dan palsu. Kode waffle merupakan kode yang tercetak di bagian telapak kaki. Kode waffle ini biasanya berbeda-beda. Hal ini disesuaikand engan negara tempat sepatu tersebut diproduksi.

Cek Kualitas Sole

Kode waffle tidak dapat dijadikan sebagai acuan final untuk membedakan Vans asli dan palsu. Maka kamu harus lebih memperhatikan kualitasnya, mulai dari sole atau alas kaki dalam, outsole, sampai foxing stripe/tape atau garis berwarna yang berfungsi merekatkan sole dengan sepatu.

Biasanya yang original akan menggunakan material karet yang tentunya memiliki kualitas baik, dan juga solenya terhitung lentur, lemnya pun kuat serta tahan banting. Sebab, Vans sendiri diciptakan untuk alas kaki olahraga yang cenderung ekstrim seperti BMX dan skate board.

Cek Tag Ukuran

Yang harus kamu perhatikan dari Vans adalah nomor dari ukuran sepatunya. Biasanya size tag ini terdapat pada bagian dalam lidah sepatu. Di Vans yang asli, size tagnya cukup tebal dan terasa licin saat diraba. Kemudian di sana tertulis di mana kode negara tempat Vans tersebut diproduksi, misalnya “Made in Vietnam – TB4R.” Kode tersebut bisa kamu cocokan dengan kode waffle. Bila cocok, kemungkinan Vans yang kamu akan beli itu asli.

Periksa Kode pada Item Boks

Cara membedakan sepatu Vans yang asli dan palsu lainnya adalah dengan mengecek kode item yang terdapat pada kotak sepatu Vans. Tiap sepatu Vans akan terdapat stiker. Di mana stiker tersebut berisi kode pada kotanya. Di sana terdapat VN-angka. Angkanya di situ akan berbeda di tiap-tipe Vans. Untuk mengeceknya, kamu bisa mengetikkan kode tersebut di Google. Jika muncul gambarnya di pencarian, maka sepatu Vans tersebut asli.

Cek Harga

Umumnya harga untuk satu pasang Vans dijual dengan harga mulai dari Rp 500 ribu ke atas. Namun banyak juga yang jutaan. Jika kamu menemukan sepatu Vans yang dijual dengan harga di bawah itu, sudah jelas palsu.

Beli di Toko Resmi

Cara amannya adalah dengan membeli Vans di toko resmi. Jika begitu, keasliannya sudah bisa dipastikan. Sebab, official Vans di Indonesia telah ditutup, namun kabarnya official store Vans akan kembali hadir di Bandung.

Itulah sejumlah informasi yang bisa kamu gunakan untuk membedakan antara Vans yang asli dan palsu. Semoga bermanfaat. (elevenia)

Leave a Reply