Home /Food

Cara Bikin Keripik Bawang yang Renyah

Jangan Lupa Share ya

Siapa sih yang nggak suka ngemil? Apalagi ngemil makanan yang gurih. Salah satu cemilan yang bisa kamu jadikan teman laparmu adalah keripik. Selain gurih, keripik adalah salah satu makanan ringan yang harganya sangat murah. Ada banyak sekali jenis keripik yang ada di pasaran, salah satu yang akan kita bahas kali ini adalah keripik bawang.

Meskipun namanya keripik bawang, bukan berarti keripiknya berbahan dasar 100% bawang. Keripik bawang adalah salah satu cemilan yang dibuat dari tepung terigu, tepung sagu, dan bawang. Dinamakan keripik bawang karena memiliki rasa bawang yang lebih dominan. Kamu bisa membuatnya sendiri di rumah lho! Nah, berikut ini adalah panduan cara bikin keripik bawang enak dan renyah sendiri di rumah!

Kenalan Bareng Keripik Bawang


Sebelum membahas lebih dalamĀ  tentang cara bikin keripik bawang, ada baiknya jika kamu mengetahui apa sih keripik bawang itu. Cemilan bertekstur krispi dan memiliki rasa gurih yang satu ini adalah salah satu jajanan favorit orang Indonesia karena tidak hanya enak, tetapi juga memiliki beraneka kandungan gizi seperti karbohidrat tinggi.

Meskipun tergolong makanan berkalori, makanan ini juga bermanfaat bagi tubuh lho! Salah satunya adalah menurunkan berat badan! Selain memiliki rasa bawang yang gurih, makanan ini juga mudah dibuat sendiri karena hanya memerlukan bahan dari tepung dan sagu.

Kamu biasanya menemui jenis keripik ini pada taburan mie ayam. Kerupuk bawang biasanya dijadikan sebagai perenyah makanan tersebut. Tidak hanya itu, kamu juga bisa menjumpai jenis jajanan ini di warung makanan dalam bentuk olahan lain seperti sambal goreng keripik bawang.

Bahan yang Harus Disiapkan


Cara Bikin Keripik Bawang yang RenyahUntuk membuat keripik bawang tentunya kamu harus mempersiapkan bahan-bahan yang diperlukan. Apa saja sih bahan yang dibutuhkan untuk membuat satu porsi keripik bawang yang gurih dan lezat? Bahan-bahan yang harus kamu siapkan adalah tepung terigu, tepung sagu, baking powder, garam, bawang merah, bawang putih, telur, daun bawang, santan, dan minyak.

Untuk masing-masing takaran yang digunakan tergantung dengan jumlah porsi yang ingin dibuat. Sebagai referensi, kamu bisa menggunakan perbandingan tepung terigu dengan tepung sagu dengan perbandingan 4:1. Karena diaduk menjadi olahan, bawang merah dan bawang putih yang digunakan harus dihaluskan terlebih dahulu.

Karena akan membuat keripik bawang, tentunya semakin banyak jumlah bawang putih semakin terasa pula keripik bawangmu nanti.

Cara Pembuatan Keripik Bawang


Setelah bahan-bahan yang dibutuhkan sudah terkumpul, berikut ini adalah cara pembuatan keripik bawang yang gurih dan mudah.

  1. Campurkan tepung terigu dan tepung sagu ke dalam wadah kosong dengan perbandingan 4:1
  2. Tambahkan baking powder, garam, bawang merah halus, dan bawang putih halus ke dalam adonan
  3. Kocok telur dan masukkan ke dalam wadah berisi adonan
  4. Masukkan santan dan daun bawang ke dalam adonan yang sudah berisi telur
  5. Aduk semua adonan yang ada di dalam wadah hingga terasa kalis
  6. Letakkan adonan ke dalam cetakan atau tipiskan adonan di atas meja dan potong sesuai selera
  7. Panaskan minyak ke dalam wajan
  8. Masukkan adonan yang telah dipotong atau dicetak ke dalam minyak panas hingga berubah warna
  9. Tiriskan dan keripik bawang siap disajikan

Mendirikan Usaha Keripik Bawang


Meskipun cenderung mudah dimasak, banyak orang yang enggan membuatnya sendiri karena malas. Kamu bisa memanfaatkan hal tersebut sebagai peluang usaha. Mendirikan usaha produksi keripik bawang tidaklah sulit, kamu hanya perlu modal pemasaran yang baik agar bisa sukses.

Barang-barang yang diperlukan untuk memulai usaha juga tidak sulit. Bahan untuk memasak bisa kamu dapatkan dengan mudah di warung. Sedangkan peralatan masaknya sendiri bisa menggunakan alat masak yang sudah tersedia di rumah. Barang lain yang perlu kamu siapkan adalah plastik dan perekatnya untuk menyimpan keripik bawang agar tidak cepat lembek.

Untuk penjualannya sendiri, kamu bisa memanfaatkan sosial media yang semakin hari semakin berkembang. Selain itu kamu juga bisa menjualnya pada platform akun jual beli online untuk menjangkau konsumen yang lebih luas. Dengan begitu, kesempatanmu untuk mendapatkan pelanggan lebih banyak semakin besar daripada hanya promosi door to door.

Sedikit informasi mengenai cara bikin kerupuk bawang dan bagaimana mendirikan usaha keripik bawang untuk menambah penghasilan di atas semoga bermanfaat untuk kalian semua!

Jangan Lupa Share ya

Putri

SEO Content
"Wherever life plants you, bloom with grace."
Putri

Leave a Reply