Sports /Hobi /Otomotif

Cara Bermain Bulu Tangkis untuk Pemula

Jangan Lupa Share ya

Saat ini banyak sekali olahraga yang diminati masyarakat. Salah satu olahraga yang paling banyak diminati karena mudah dilakukan yaitu bulutangkis atau badminton. Olahraga bulu tangkis merupakan permainan yang menggunakan raket. Dalam permainan bulutangkis ini bisa dimainkan dengan dua orang atau 4 orang. Permainan bulutangkis ini dilakukan dengan cara memukul shuttlecock melewati net untuk mencetak skor atau poin sebanyak-banyaknya.

Banyak orang  yang yang bilang  bulutangkis  mirip dengan tenis. Padahal aturan dalam bulutangkis  jauh berbeda  dengan permainan tenis. Maka dari itu jika kamu baru mencoba bermain bulutangkis, kamu harus memahami tata cara bermainnya. Untuk lebih jelasnya simak ulasan berikut ini mengenai cara bermain bulutangkis untuk pemula.

Pahami Tujuan Badminton


Permainan badminton memang berbeda dengan olahraga tenis. Mulai dari raket serta bola yang digunakan juga berbeda. Selain itu cara bermainnya juga jauh berbeda. Namun kedua olahraga ini juga memiliki kesamaan dalam memperoleh poin yaitu 21 poin untuk permainan pertama. Kamu akan mendapatkan poin, jika kamu berhasil mendaratkan shuttlecock pada area lawan atau lawan melakukan pelanggaran.

Kenali Lapangan Badminton


Olahraga badminton memiliki lapangan dengan panjang 13,4 meter dan 6,1 meter untuk lebarnya. Sedangkan untuk net yang dipasang pada lapangan badminton ini membelah pas di tengah-tengah lapangan antara dua pemain. Untuk tinggi net ini 1,5 m dari permukaan tanah.

Setiap lapangan bulutangkis memiliki area service kanan dan servis kiri. Sehingga setiap pemain yang memberikan server harus melakukan serve ke arah area serve lawan. Dengan posisinya yang persilangan dengannya. Saat melakukan serve untuk nomor tunggal, pemain bisa melakukan serve hingga ke area paling belakang lapangan. Sedangkan untuk nomor ganda pemain tidak bisa melakukan hal tersebut. Namun pemain diperbolehkan untuk memukul ke arah samping lapangan.

Pahami Dasar dari Permainan Badminton


Olahraga badminton memiliki beberapa dasar yang harus diketahui oleh setiap pemain khususnya pemula. Adapun berikut ini beberapa yang harus kamu ketahui tentang dasar dari bulu tangkis:

  • Service pertama kali dimulai dari area kanan

Ketika servis yang kamu lakukan mendapatkan pelanggaran, maka lawan yang akan mendapatkan poin serta lawan yang berhak melakukan servis selanjutnya. Dengan kata lain dalam melakukan servis ini dilakukan oleh setiap pemain yang berhasil mencetak poin.

Masing-masing pemain atau tim ketika akhir pertandingan akan bertukar posisi lapangan. Untuk melakukan servis pertama ini dipegang oleh pemain tunggal atau tim yang menang di pertandingan sebelumnya.

  • Kuasai cara memegang raket

Setelah aturan permainan bulutangkis sudah kamu pahami, kamu juga perlu memahami teknik dalam bermain bulutangkis karena pukulan atau service tergantung dari cara kamu memegang raket. Untuk memegang raket ada dua teknik yang bisa dilakukan yaitu teknik forehand dan teknik backhand.

Jika kamu menggunakan teknik forehand, yang perlu dilakukan yautu memegang raket dengan tangan non dominan dalam posisi miring. Selain itu arahkan bagian pegangan ke arah badan untuk memegang raket. Dengan teknik ini sangat mudah karena sama halnya ketika kamu bersalaman dengan raket tersebut. Agar sesuai dengan bagaimana kamu ingin memukul shuttlecock, jangan memegang raket terlalu kuat dan sesuaikan posisi tangan di pegagan.

Sedangkan untuk teknik backhand  yaitu melakukan genggaman forehand dengan jempol diletakkan pada pegangan raket. Hal ini bertujuan untuk memberikan tenaga pada ayunan raket. Agar kemampuan yang kamu miliki dalam bermain bulutangkis semakin bertambah, pelajari setiap teknik dalam memukul shuttle cover.

  • Pastikan selalu kembali ke posisi awal setelah memukul

Setelah memukul pastikan kamu kembali pada posisi awal ketika sebelum kamu memukul. Karena lawan ini akan memaksamu untuk bergerak menjauh dari posisi awal. Sehingga secara otomatis akan ada area kosong yang menjadi incaran musuh untuk mendapatkan poin. Maka dari itu sebisa mungkin kembali ke posisi awal setelah memukul.

  • Selalu siap siaga

Siapkan tenaga yang extra agar kamu siap untuk bergerak ke berbagai arah seperti area net, ke samping, ke depan dan ke belakang. Hal ini bertujuan agar kamu bisa menjangkau pukulan shuttlechock dari musuh yang bisa datang kapan saja. Jangan biarkan musuhmu mendapatkan poin karena lambatnya gerakan. Karena musuh akan selalu mencari titik kelemahanmu ketika bertanding.

  • Paksa lawan untuk bergerak

Teknik yang terakhir dalam bermain bulutangkis agar bisa mencetak poin sebanyak-banyaknya yaitu biasakan memukul shuttlechock menjauh dari lawan. Dengan begitu lawan akan bergerak menjauh dari posisi awal, sehingga kamu bisa mendapatkan peluang untuk melakukan tembakan pada area kosong lawan.

Itulah ulasan mengenai cara bermain bulutangkis bagi pemula yang sangat mudah dilakukan. Dengan beberapa teknik tersebut kamu bisa mendapatkan poin atau memenangkan pertandingan. Yang terpenting selalu siap  ketika serangan dari musuh datang. Semoga ulasan ini bermanfaat.

BACA JUGA! DAFTAR 5 MERK RAKET BADMINTON YANG BAGUS

Jangan Lupa Share ya

Putri

SEO Content
"Wherever life plants you, bloom with grace."
Putri

Leave a Reply