Gadget & Photography

Cara Aman dan Mudah Bersihkan LCD Monitor

Sekarang zamannya LCD; hampir semua perangkat elektronik yang memiliki layar menggunakan model LCD. Misalnya saja TV yang tidak lagi menggunakan tabung namun layar LCD, LCD monitor untuk komputer, laptop, smartphone, hingga tablet.  Dibandingkan layar atau tipe screen yang lain, LCD terlihat lebih anggun dan tidak ketinggalan juga, sophisticated alias canggih dan masa kini. Bentuknya yang datar dan punya sensitifitas yang lebih tinggi ketimbang perangkat zaman dahulu membuat kita tidak boleh sembarangan memperlakukan LCD monitor. Salah perlakuan bisa-bisa cairan dalam monitor bocor atau layar retak dan LCD monitor Anda harus berakhir di dalam gudang barang rusak.

LCD

Kehati-hatian Anda memperlakukan LCD monitor bukan hanya ketika Anda menggunakannya saat nonton TV atau browsing internet lewat laptop, tapi juga saat membersihkannya. Rata-rata orang menganggap cara membersihkan layar LCD sebagai hal kecil yang tak perlu diambil pusing sehingga sekadarnya saja saat merawatnya. Padahal, membersihkan layar LCD juga memerlukan perhatian dan ketelatenan mengingat Anda sedang berhadapan dengan benda elektronik yang sensitif serta mudah lecet.

Apa bedanya sih membersihkan LCD monitor dengan layar-layar lainnya? Seperti yang sudah dikatakan sebelumnya, kecanggihan layar LCD diimbangi dengan sensitifitas tingkat tinggi dimana jika Anda salah mengusap maka screen akan tergores dan bahkan tidak dapat dipakai lagi. Tapi jangan khawatir karena ada cara aman dan mudah membersihkan layar LCD, sebagai berikut:

1.       Matikan layar LCD

Terutama LCD monitor untuk TV dan PC, sebaiknya Anda mematikannya terlebih dahulu dengan menekan tombol power. Hal ini untuk menghindari sengatan arus listrik yang mungkin terjadi saat Anda membersihkannya, plus debu akan lebih kelihatan saat layar dimatikan.

2.       Bersihkan dengan lap kering

Ambil kain lap yang kering dan bersih kemudian usap layar dengan gerakan melingkar. Jangan menekan layar LCD terlalu keras! Pastikan kain lap yang Anda gunakan tidak kasar atau berserabut yang malah akan mengotori LCD monitor. Dan pilihlah lap yang lebar untuk mengurangi bekas tekanan jari pada layar. Kain yang bisa Anda gunakan diantaranya: microfiber, T-shirt katun, sapu tangan katun, dan handuk katun. Jangan gunakan kertas tisu karena dapat menimbulkan goresan.

Jika Anda suka membersihkan LCD monitor dengan cairan semprot, jangan pernah mengaplikasikan cairan langsung pada LCD sebab cairan tersebut dapat menetes ke perangkat lain dan membuat layar LCD menjadi lembap; sedangkan segala jenis peralatan elektronik tidak dianjurkan berada dalam kondisi yang demikian. Semprotkan cairan pembersih pada kain lap, barulah usapkan ke layar dengan gerakan melingkar.

3.       Biarkan layar LCD kering dengan sendirinya selama beberapa menit. Anda juga boleh mengeringkannya dengan kain lap lain yang bersih dan kering. Setelah Anda benar-benar yakin layar kering 100%, nyalakan kembali.

Lihat kan, sekarang LCD monitor Anda kelihatan seperti baru lagi! Selamat mencoba :)

Share

Leave a Reply